Rahasia Keajaiban 10 Malam Terakhir Ramadhan

Thursday, June 9th 2016. | Hari Raya Idul Fitri/Idul Adha, Lailatul Qadar
Advertisement

Rahasia Keajaiban 10 Malam Terakhir Ramadhan – Assalammu’alaikum ya akhi ya ukthi, berjumpa lagi dengan tuntunansholat. Semoga hari ini pembaca setia tuntunansholat diberi kelancaran dalam segala urusan, diberikan kesehatan baik sehat jasmani maupun rohani serta diberikan kebahagiaan dunia dan akhirat, Allahumma amiin. Puji syukur atas semua yang telah kita dapati hari ini pemberian dari Allah SWT Yang Maha Pengasih. Shalawat nan salam selalu kami utarakan kepada Rasulullah SAW, keluarga Rasul dan juga sahabat-sahabat Rasul yang kami teladani. Pada hari yang penuh keberkahan ini izinkan kami untuk berbagi sedikit ilmu Islami mengenai 10 malam terakhir ramadhan. Berhubung kita telah memasuki Bulan Suci Ramadhan, diharapkan kita luruskan  lagi jalan kita menuju kemuliaan dan meningkatkan atau memperbaiki ibadah kita. Di Bulan Ramadhan ini, sebaiknya kita benar-benar menjalani hari demi hari dengan penuh semangat untuk beribadah. Karena jika kita mengerjakan ibadah dengan semangat dan hati yang tulus maka Allah SWT akan memberikan hadiah kepada kita berupa pahala yang berlipat serta dosa yang diampuni. Bulan Ramadhan berbeda dengan bulan-bulan lainnya sehingga mendapatkan julukan yakni sayyidus-syuhur atau dalam Bahasa Indonesia artinya penghulunya bulan karena pada Bulan Suci Ramadhan terkandung makna sosial maupun spiritual.

10 malam terakhir ramadhan

Tak hanya menjalankan ibadah dengan semestinya, tapi kita juga harus menjiwai makna Bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Apakah kalian pernah mendengar tentang keajaiban? Apakah kalian mengetahui bahwa 10 malam terakhir ramadhan terdapat keajaiban? Jika tidak mengetahui maka kami akan menerangkan 10 malam terakhir ramadhan dengan jelas sehingga kalian dapat menjiwai Bulan Penuh Keberkahan ini. Biasanya ketika 10 malam terakhir ramadhan kita tengah asik berbelanja menyambut hari raya, padahal tak disangka terdapat rahasia keajaiban 10 malam terakhir ramadhan. Oleh karena itu, artikel tentang 10 malam terakhir ramadhan ini kami rekomendasikan untuk umat Muslim agar menyimak dengan seksama informasi berikut ini.

Advertisement

Keajaiban dari 10 malam terakhir ramadhan

Nabi Muhammad SAW senantiasa meningkatkan kuantitas serta kualitas ibadah ketika Bulan Suci Ramadhan karena Bulan Ramadhan dianggap sebagai momen yang sesuai untuk menggali pahala sebanyak-banyaknya. Apalagi ketika 10 malam terakhir ramadhan tiba, Rasul-pun mulai mengingatkan umatnya untuk beribadah, seperti yang telah disampaikan oleh Aisyah ra di bawah ini :

« كَانَ رسولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – يَجْتَهِدُ في رَمَضَانَ مَا لاَ يَجْتَهِدُ في غَيْرِهِ ، وَفِي العَشْرِ الأوَاخِرِ مِنْهُ مَا لا يَجْتَهِدُ في غَيْرِهِ ».

 

Rahasia Keajaiban 10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan ini telah tertulis dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Nabi Muhammad SAW telah memberitahukan kepada umatnya agar lebih memperhatikan 10 malam terakhir ramadhan, seperti sabda beliau yang tertera di bawah ini :

« تَحَرَّوْا لَيْلَةَ القَدْرِ في الوَتْرِ مِنَ العَشْرِ الأوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ ».

 

adversitemens

Jadi, ketika 10 malam terakhir ramadhan tiba, lailatul qadr terdapat pada tanggal yang ganjil merupakan keajaiban karena pada saat tersebut Al-Qur’an diturunkan, tak hanya itu saat 10 malam terakhir ramadhan ialah waktu dimana dicatatnya pada Lauhul Mahfudz seluruh kejadian yang terjadi di muka bumi pada tahun tersebut. Usahakan ketika 10 malam terakhir ramadhan kalian mengerjakan shalat malam karena pada salah satu dari 10 malam terakhir ramadhan itu terdapat Malam Lailatul Qadr. Saat 10 malam terakhir ramadhan sebaiknya kita melakukan hal ataupun kegiatan yang mengarah kebajikan dan kebaikan, karena sesungguhnya kita akan memperoleh reward berupa pahala yang telah dilipat gandakan. Apalagi 10 malam terakhir ramadhan terdapat suatu malam Lailatul Qadr yang apabila kita melakukan satu kebajikan saja makan pahalanya lebih baik daripada amalan yang sudah dilakukan selama seribu bulan atau selama 83 tahun lamanya. Maka Allah SWT pun berfirman :

 

Pada 10 malam terakhir ramadhan ini saat malam Lailatul Qadr diturunkan Kitab Suci Al-Qur’an yang mampu menjadi pedoman umatnya ke arah yang lurus, memberikan cahaya pada kehidupan manusia yang sebelumnya terasa amat gelap, malaikat yang mengucapkan selamat kepada umat manusia yang beriman kepada Allah SWT dan segala bentuk ibadah pada malam Lailatul Qadr adalah seutama-tamanya ibadah serta masih banyak lagi keajaiban-keajaiban yang terjadi pada 10 malam terakhir ramadhan. Allahu Akbar, inilah salah satu bukti bahwa Allah memiliki nama baik Ar-rahman karena Allah SWT telah berbaik hati memberi kesempatan kepada umatnya selama Bulan Ramadhan untuk semakin giat dalam hal beribadah, serta Allah SWT telah menghadirkan keajaiban yang luar biasa di dalam 10 malam terakhir bulan ramadhan, yang merupakan sebuah kebesaran Allah SWT.

Berikut ini adalah bentuk ibadah yang dapat kita lakukan pada 10 malam terakhir ramadhan sesuai apa yang pernah rasul dan para sahabat Rasul lakukan, sebagai berikut :

  1. I’tikaf – dengan niat yang tulus menjalankan ibadah yang sangat khusyuk di dalam masjid, atau banyak yang menyebutnya dengan berdiam diri di masjid. Dahulu Rasul melakukan i’tikaf ketika 10 malam terakhir ramadhan, seperti yang Ibnu Umar katakan di bawah ini :

    « كَانَ رسولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – يَعْتَكِفُ   العَشْرَ الأوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ »

  2. Rutin membaca ayat suci Al-Qur’an.
  3. Sering-seringlah bersedekah, Ibnu Abbas ra yang menceritakan sedikit mengenai sifat Rasul seperti yang tercantum di bawah ini :

    كَانَ رَسُوْلُ اللهِ، صَلىَّ الله عليه وسلم، أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا َيكوُنْ ُفِيْ رَمَضَانَ حِيْنَ يَلْقَاهُ جِبْرِيْلُ.

  4. Lakukan Shalat Sunnah sebanyak mungkin.
  5. Berdoa dengan rutin sebagaimana kita mengingat Allah SWT. Aisyah ra bertanya kepada Rasul Ya Rasulullah SAW, bagaimanakah apa bila pada suatu malam saya mengetahui bahwa malam tersebut malam lailatul qadr dan apa yang harus saya baca? Nabi Muhammad SAW pun menjawab dengan menyuruh umatnya untuk Bacalah lafadz berikut :

    « اَللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنّي »

  6. Ibadah Umrah, karena jikalau kita melaksanakan ibadah umrah pada Bulan Ramadhan maka akan sebanding seperti kita melaksanakan ibadah haji, begitu sabda dari Nabi Muhammad SAW menurut Hadits Riwayat An-Nasai.

Demikian artikel 10 malam terakhir ramadhan yang dapat kami sampaikan kepada umat Muslim yang ingin memperbaiki serta mengingkatkan lagi ibadahnya. Semoga bermanfaat dan bacalah juga artikel Doa Bangun Tidur Terlengkap yang sebelumnya telah kami posting pada tuntunansholat. Jika terdapat kesalahan kami mohon maaf karena kami hanyalah seorang manusia biasa dan seorang penulis dimana tak ada penulis yang sempurna, karena penulis sempurna hanyalah Allah SWT. Terus tunggu artikel terbaru dari kami mengenai kumpulan tuntunan sholat dan artikel-artikel Islami yang Insya Allah berguna bagi kebaikan dunia akhirat, amiin.

Advertisement
tags: , , , ,