Kumpulan Adab Wukuf Di Padang Arafah Dan Persiapannya

Tuesday, August 2nd 2016. | Ibadah Haji
Advertisement

Adab Wukuf Di Padang Arafah – Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, puji syukur atas rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga pada kesempatan ini kami selaku team tuntunansholat masih diberikan amanah untuk membagi informasi Islami yang kami miliki. Dan juga senang rasanya dapat menyapa pembaca sekalian yang sudah menanti-nantikan artikel Islami terbaru dari tuntunansholat. Shalawat dan salam tak pernah lupa untuk selalu kita curahkan kepada Rasulullah SAW, dimana beliau telah berjuang sekuat tenaga agar Islam dipahami oleh banyak kalangan. Sehingga pengorbanan, nasihat dan sunnah Rasul perlu kita ikuti agar kita tetap berada di Jalan Kebenaran. Sebelumnya tuntunansholat hadir membawakan informasi mengenai Hikmah dan Makna Wukuf. Sekarang kita masih membahas seputar Wukuf, hanya saja lebih dispesifikkan lagi untuk mengangkat materi Kumpulan Adab Wukuf di Padang Arafah dan persiapannya.

Adab Wukuf

Adapun persiapan-persiapan Wukuf  yang kita mulai pada tanggal 9 Dzulhijjah yang sering disebut sebagai Hari Arafah. Apabila jamaah haji telah sampai di Mina maka disunnahkan untuk berdoa. Bacaan doa di Mina pun sebagai berikut ini :

Advertisement

Adab Wukuf

Sebagaimana doa tersebut termasuk doa yang masyhur dibaca oleh jamaah haji. Jamaah haji hendaknya tidak menyibukkan diri mengerjakan Tawaf Qudum di Mekkah pada Hari Arafah tersebut, karena Tawaf  Qudum masih bisa dikerjakan dilain hari. Seusai mengikuti persiapan Wukuf ini, maka tiba saatnya untuk membahas Kumpulan Adab Wukuf.

Kumpulan Adab Wukuf yang perlu kita ketahui dan ikut, seperti yang tertera di bawah ini :

1. Pada hari Arafah, jmaah haji bergerak dari Mina menuju Namirah melewati jalan Dhab.

2. Seusai matahari tergelincir waktu siang di Namirah, disunnahkan untuk mandi. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Padang Arafah untuk melaksanakan Wukuf.

adversitemens

3. Melaksanakan Wukuf untuk seluruh jamaah haji, bagi kaum hawa yang tengah haidh juga harus tetap melakukan ibadah Wukuf. Bahkan jika jamaah haji tersebut sedang sakit serta masih memungkinkan untuk berdiri maka ia haruslah datang ke Padang Arafah walaupun sebentar saja. Karena jika jamaah haji tersebut tidak melaksanakan kegiatan ibadah Wukuf ini maka hajinya tidak sah.

4. Adab Wukuf yang selanjutnya ialah disunnahkan untuk melaksanakan ibadah Wukuf di Mauqif Rasul yakni tepat di sebelah Shakharat pada Kaki Jabal Rahmah.

5. Berikutnya dalam Adab Wukuf  bahwa jamaah haji disunnahkan untuk menghadap Kiblat hingga matahari terbenam untuk berdoa, berdzikir serta memperbanyak taubat memohon ampunan kepada Allah SWT.

6. Melalui jalan Ma’zamain dari Padang Arafah kita ber-ifadhah.

7. Adab Wukuf yang ketujuh ini berjalan secara tenang yang artinya tidak tergesa-gesa dan jangan sampai mendorong ataupun menyakiti sesama jamaah haji.

8. Dalam perjalanan menuju Mina, Arafah bahkan Muzdalifah hingga melempari Jumrah Aqabah para jamaah haji haruslah memperbanyak melafadzkan talbiyah.

9. Sebelum matahari terbit berangkat dari Muzdalifah lalu melempari Jumrah Aqabah antara fajr terbit hingga fajr tergelincir sembari melafadzkan bacaan takbir Allahu Akbar pada setiap lemparan Jumrah.

10. Minimal menyaksikan penyembelihan binatang hadyu atau jikalau memungkinkan hendaklah sembelih sendiri.

11. Merupakan Adab Wukuf yang terakhir yaitu memakan sebagian daging yang telah disembelih tadi, kemudian berjalan kaki untuk melempar Jumrah yang tiga pada Hari Tasyriq.

Usai sudah pembahasan Kumpulan Adab Wukuf dan persiapan wukuf yang wajib kita ketahui. Semoga pengetahuan ini dapat diterima dengan baik oleh pembaca sekalian. Jika ada kesalahan kami team tuntunansholat mengucapkan banyak kata maaf dan akan berusaha untuk memperbaikinya jika diberi kesempatan. Terimakasih telah berkenan menyimak artikel Adab Wukuf ini, tunggu artikel Islam selanjutnya hanya di tuntunansholat.

Advertisement
tags: , , ,