Kumpulan Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Monday, April 4th 2016. | Doa
Advertisement

Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin dan Artinya – Salah satu doa yang diucapkan saat kita mengerjakan ibadah sholat, baik sholat wajib (fardhu) ataupun sholat sunnah. Doa iftitah ini dilafadzkan setelah kita takbiratul ihram pada rakaat pertama dengan posisi dalam keadaan bersedekap lalu kita mengucapkan doa iftitah dengan pelan dan tuma’ninah. Menurut bahasa kata iftitah memiliki arti pembukaan, jadi iftitah bisa memiliki makna doa kunci yang berfungsi sebagai pembukaan pada setiap sholat yang dikerjakan. Dalam membaca iftitah ini sebaiknya dengan tuma’ninah sebab Allah akan menerima semua doa kita apabila kita meminta dengan nada yang lembut, tidak tergesa-gesa atau tempo yang pelan. bacaan iftitah yang kami bahas disini ada dua versi, silahkan pilih dan kalian bisa ucapkan doa iftitah ini yang menurut kalian mudah diingat, baik lafadz maupun artinya dapat kalian pahami. Karena sebaik-baiknya doa yang kita panjatkan adalah doa yang kita mengerti akan makna atau arti dari doa tersebut, sama halnya dengan bacaan iftitah ini. Membaca lafaz iftitah ini hukumnya sunnah jadi apabila kalian tidak sengaja lupa membaca iftitah maka tidak berdosa tetapi akan lebih afdol jika kalian mengingatnya dan melantunkan bacaan iftitah sehingga ibadah yang kalian kerjakan akan mendapatkan pahala yang sempurna. Team tuntunansholat mengemas materi doa bacaan iftitah ini dengan lengkap, bukan hanya lafadznya saja tetapi kami menyertai dengan latinnya sehingga memudahkan kalian yang belum bisa membaca huruf hijaiyah sambung dan berharakat dan juga arti yang akan membuat kalian dapat memaknai dari iftitah ini dengan baik. Sehingga kita dapat dengan mantap mengucapkan doa iftitah sembari memohon kepada Allah SWT. Simak bacaan iftitah dibawah ini.

doa Iftitah

Bacaan doa iftitah :

doa iftitah

Advertisement

Latinnya :

doa iftitah

Artinya :

doa iftitah

adversitemens

Jadi, makna dari doa iftitah ini bahwa semua ibadah kita, hidup dan mati kita hanya untuk Allah SWT semata, ungkapan pujian atas kebesaran-Nya serta pengakuan kelemahan dan kesalahan sehingga sang hamba membutuhkan perlindungan dari Allah SWT. Melalui doa dai bacaan iftitah ini kita mengutarakan pengakuan kita dan rasa pasrah kita kepada-Nya maka dari itu iftitah selain disebut sebagai doa pembuka juga dikatakan sebagai pembuka pintu langit. Iftitah bisa dikatakan doa pembuka pintu langit karena doa ini membukakan pintu komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Rasulullah SAW berkata “Karena kalimat itu (iftitah) mampu membuka pintu-pintu langit”. Keutamaan dari doa iftitah menurut Hadits Riwayat Muslim yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW ketika mendengar sahabatnya membaca iftitah, kemudian mengatakan “Saya melihat ada 12 malaikat yang berrebut untuk mengantarkan doa ini kepada Allah SWT” (HR Muslim).

atau doa iftitah lainnya ,

doa iftitah

Latinnya :
doa iftitah

Artinya :

doa iftitah

Berbeda dari bacaan iftitah sebelumnya, doa iftitah yang satu ini bermakna ampunan atas kesalahan yang telah diperbuat. Kalau doa yang pertama bermakna pujian atas Keagungan-Nya dan kepasrahan diri, kalau yang satu ini memohon ampunan kesalahan yang sudah dilakukan baik di masa lampau maupun yang baru saja dia lakukan. Kalian dapat memilih untuk menggunakan doa iftitah yang mana, karena keduanya sama-sama memiliki makna yang luar biasa hebatnya.

Demikian doa iftitah yang dapat kami sajikan untuk kalian kaum muslim yang dirahmati oleh Allah SWT. Semoga dengan adanya bacaan yang baik ini mampu membawa kita kearah yang benar dengan rutin sholat 5 waktu dan kalian mampu mengamalkan bacaan doa iftitah ini dengan semestinya. Setelah membaca doa iftitah maka kalian bisa melanjutkan membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Doa Ziarah Kubur Lengkap Dengan Artinya. Tunggu doa-doa lainnya seperti doa keseharian dan doa sholat atau tata cara yang akan hadir hari ini ataupun besok, jangan ketinggalan artikel terbaru dari kami ya.

Advertisement
tags: , , ,