Kumpulan Bacaan Doa Tahlil Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

Sunday, June 26th 2016. | Doa
Advertisement

Kumpulan Bacaan Doa Tahlil Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya – Assalammu’alaikum akhi dan ukhti sesama saudara Muslimku, pertama sebelum membahas begitu banyak informasi Islami terlebih dahulu kita anjatkan puja dan puji syukur atas segala pemberian Allah SWT sehingga penulis tetap dapat menyampaikan sedikit ilmunya kepada pembaca sekalian. Tak lupa shalawat serta salam yang senantiasa kita lantunkan kepada suri tauladan kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah gigih memperjuangkan Islam serta menyiarkan kepenjuru negeri. Hari ini kami selaku team penulis tuntunansholat akan berbagi ilmu Islami melalu artikel yang berjudul Kumpulan Bacaan Doa Tahlil Lengkap dengan Bahasa Arab, latin dan juga terjemahan Bacaan Doa Tahlil. Bacaan Tahlil kita bacakan ketika seseorang meninggal dunia, Bacaan Doa Tahlil termasuk dalam adat Islam di Jawa sejak dahulu. Walaupun di zaman modern seperti saat ini, tetapi masih banyak kalangan yang tetap mempertahankan tradisi Jawa dengan membaca Bacaan Tahlil saat ada keluarga atau tetangga yang meninggal dunia. Bacaan Doa Tahlil ini biasa dilantunkan pada waktu seusai menjalankan ibadah sholat isya dan kemudian berkumpul di rumah duka untuk bersama-sama melantunkan Bacaan Tahlil. Bacaan Doa Tahlil ini diawali dengan Surat Yaasin dan dilanjutkan¬† Bacaan Tahlil yang lengkap.

Bacaan Doa Tahlil

Tradisi ini biasanya sering disebut dengan Tahlilan dalam istilah Jawa. Tradisi tahlilan ini selama tujuh hari tujuh malam dari hari kematian, ada juga yang rutin setiap malam jum’at mengadakan tahlilan di rumah duka tersebut. Namun kebanyakan hanya pada tujuh hari tujuh malam dari hari kematian tersebut, lalu dilanjut lagi pada saat 40 hari dari kematian, kemudian 100 hari dari hari kematian lalu yang terakhir 100 hari dari hari kematian Bacaan Doa Tahlil selalu dilantunkan dengan nyaring. Adapun yang memulai Bacaan Tahlil dengan diawali Surat Al-Fatihah berbeda dengan yang sudah kita bahas di atas tadi, untuk lebih lengkapnya akan kita bahas secara rinci nanti. Maka dari itu jangan kemana-mana tetap bersama kami dalam tuntunansholat edisi Bacaan Doa Tahlil.

Advertisement

Adapun susunan Bacaan Doa Tahlil sebagai berikut : Pertama surat Al-Fatihah, dilanjut surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, lalu surat An-Naas, surat Al-Baqarah ayat 1 sampai 5, kemudian kembali membaca surat Al-Baqarah ayat 163; 255; 284-286, kemudian membaca surat Al-Ahzab ayat 33 dan ayat 56, selanjutnya melafadzkan shalawat, kalimat istigfar, tahlil dan tasbih. Nah, berikut ini kami akan menyajikan Bacaan Tahlil lengkap dengan bahasa Arab, latin dan terjemahannya.

Bacaan Doa Tahlil di bawah ini

Bacaan Doa Tahlil

Bacaan Doa Tahlil

Bacaan Doa Tahlil

adversitemens

Bacaan Doa Tahlil

Bacaan Tahlil Lengkap Arab, Latin dan terjemahannya

Bacaan Doa Tahlil

Bacaan Doa Tahlil

Bacaan Doa Tahlil

Bacaan Doa Tahlil

Bacaan Doa Tahlil

Bacaan Doa Tahlil

Jadi tahlilan merupakan serangkaian acara yang melafadzkan Bacaan Tahlil dalam rangka mendoakan orang yang telah meninggal dunia baik itu keluarga maupun teman ataupun tetangga. Kami telah menyampaikan Bacaan Doa Tahlil mulai dari susunan hingga Bacaan Tahlil terlengkap yang pernah ada. Kalian dapat mengikutinya dan mempelajari Bacaan Tahlil tersebut. Tak ada salahnya kita melantunkan Bacaan Tahlil untuk seseorang yang sudah meninggal dunia guna mendoakan agar diberi tempat yang layak di akhirat sana.

Semoga Bacaan Doa Tahlil diatas bermanfaat dan dapat kalian gunakan dengan sebaik-baiknya. Bacaan Tahlil ini bukan hanya semata-mata karena ada seseorang yang meninggal dunia saja, akan tetapi Bacaan Doa Tahlil adalah serangkaian doa yang kita panjatkan dengan maksud dan sehingga ita semakin mendekatkan diri terhadap Sang Khaliq yaitu Allah SWT. Serta melafadzkan Bacaan Tahlil ini juga sebagai bukti bahwasanya kita umat Muslim yang beriman dan bertaqwa yang selalu mendoakan sanak saudara tak hanya yang masih hidup di dunia tetapi juga yang telah meninggal duniapun harus kita doakan. Terima kasih telah menyimak artikel Bacaan Doa Tahlil ini, dan jangan lupa simak juga artikel Islami dari kami lainnya yang telah kami tampilkan sebelumnya membahas mengenai Pengertian dan Makna Hari Raya Idul Fitri, semoga dapat membawa kalian menjadi insan yang kembali fitri. Jangan bosan menunggu artikel terbaru dari tuntunansholat dan semoga kami masih berkesempatan bertegur sapa dengan kalian serta berbagi ilmu sehingga ilmu yang kita miliki tak pernah berhenti. Jikalau kalian menemukan kesalahan ataupun kekeliruan kami mohon maaf karena penulis juga seorang manusia yang pastinya memiliki kesalahan, semoga para pembaca sekalian dapat memakluminya, Wassalamu’alaikum akhi dan ukhti sekalian.

Advertisement
tags: , , , ,