Lafadz Bacaan Ketika Rukuk I’tidal Sujud dan Duduk Antara Dua Sujud

Thursday, March 31st 2016. | Uncategorized
Advertisement

Bacaan Ketika Rukuk I’tidal Sujud dan Duduk Antara Dua Sujud – kami bawakan Doa duduk antara dua sujud untuk Bacaan Ketika Rukuk I’tidal Sujud dan Duduk Antara Dua Sujud. Ruku Rukuk adalah salah satu gerakan sholat dimana posisi badan membungkuk, kemudian kedua tangan memegang lutut dengan kedua lutut harus lurus dan rapat, punggung menunduk lurus dan posisi kepala sejajar dengan punggung sedangkan posisi dagu diletakkan diatas tulang dada. Lakukan gerakan rukuk dengan sikap sempurna hingga kita merasakan ada tarikan otot di belakang lutut.  Kalau sujud ialah salah satu gerakan sholat dengan posisi badan tersungkur ke bumi, maksudnya yaitu meletakkan dahi ke bumi dan meletakkan tangan disebelah kanan kiri dahi. Sholat kita tidaklah sempurna jika salah pada gerakan rukuk dan sujud. Rasulullah SAW telah bersabda “Tidak sempurna sholat seseorang hingga diluruskannya belakangnya di waktu rukuk dan di waktu sujud” (Hadist Riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi). Seringkali kita keliru antara doa rukuk dengan doa sujud, maka dari itu kami hadir untuk memberikan solusi. Doa duduk antara dua sujud termasuk bacaan tasbih, bacaan tasbih yakni salah satu bacaan dzikir yang ditujukan kepada Allah SWT yang ringan atau singkat untuk dilafalkan tetapi berat saat ditimbang pahalanya. Jadi jangan salah ataupun kelir lagi ya dalam melafalkan doa duduk antara dua sujud, karena mengandung makna yang luas dan pahala yang besar. Ternyata gerakan rukuk dan sujud ini daat menyehatkan tubuh jika posisinya sempurna, apa saja manfaat gerakan rukuk dan sujud ini ya? Simak terus ulasan kami secara keseluruhan sehingga kalian bisa memahami doa duduk antara dua sujud serta manfaat dari gerakan rukuk dan sujud.

Duduk Antara Dua Sujud

Bacaan Ketika Rukuk I’tidal Sujud dan Duduk Antara Dua Sujud

– Doa Rukuk

Advertisement

Duduk Antara Dua Sujud

Latinnya :

Doa ruku

Artinya :
doa ruku

adversitemens

– I’tidal
Merupakan doa selanjutnya setelah selesai melafalkan doa rukuk, dengan posisi bangkit tegak lalu mengankat kedua tangan setara telinga kalian dengan melafalkan doa dibawah ini :

I'Tidal

Latinnya :

Latin Sami Allahu liman hamidah

Artinya :

Arti Sami Allahu liman hamidah

Pada waktu berdiri tegak membaca doa I’tidal

Doa I'tidal

Latin :

Latin Doa I'tidal

Artinya :

Arti Doa I'Tidal

– Doa Sujud
Setelah i’tidal kita sujud sambil melafalkan Allahu Akbar (Allah Maha Besar) lalu melafalkan bacaan tasbih berikut :

Duduk Antara Dua Sujud

Latinnya :

Duduk Antara Dua Sujud

Artinya :

Duduk Antara Dua Sujud

Disini kami bukan hanya membahas doa duduk antara dua sujud saja, tetapi kami akan mengulas tentang manfaat dari gerakan rukuk dan sujud yang sangat baik untuk kesehatan jasmani dan rohani. Gerakan rukuk memiliki manfaat untuk menjaga kesempurnaan fungsi dan posisi tulang belakang sebagai syaraf pusat yang berperan aktif serta penyangga tubuh kita ini, pada saat tangan kita bertumpu dilutut, posisi inilah yang mampu merelaksasi otot-otot bahu hingga ke bagian bawah bahu, memaksimalkan peredaran darah pada bagian tubuh tengah karena posisi jantung yang sejajar dengan otak, serta gerakan rukuk ini sebagai salah satu gerakan latihan untuk mencegah gangguan prostat. Tadi adalah manfaat rukuk bagi jasmani kita, beda lagi dengan manfaat rohani. Manfaat gerakan rukuk bagi rohani kita yaitu memberi ketenangan. Nah, sekarang kita bahas manfaat jasmani dari gerakan sujud. Apabila kalian ingin mendapatkan manfaat jasmani dari gerakan sujud maka kalian harus melakukan sujud dengan tuma’ninah yang artinya tidak tergesa-gesa sehingga memperlancar peredaran darah maksimal mengalir menuju otak serta memberi efek positif untuk daya fikir kita, mampu memperbaiki aliran getah bening, gerakan sujud juga bisa menghindari dari penyakit wasir. Kalau manfaat rohani dari sujud sendiri yaitu dari daya fikir yang positif akan mempengaruhi kehidupan kita. Dari sekian banyak manfaat yang kita peroleh saat kita melakukan gerakan sholat rukuk dan sujud ini ada satu kesamaan manfaat jasmani, yakni kesehatan dan kesuburan kewanitaan. Jadi, sebagai wanita yang sholeha kita harus rajin sholat, karena selain mendapat pahala kita juga mendapat manfaat jasmani dan rohani.

Berikut ini adalah dalil tentang rukuk dan sujud :

Al-Hajj

dalil tentang rukuk dan sujud

Demikian ulasan dari kami seputar doa duduk antara dua sujud lengkap dengan manfaat jasmani rohani dari gereakan sholat rukuk dan sujud. Subhanallah sungguh nikmat semua yang telah Allah SWT beri kepada kita, Allah SWT menyuruh kita menjalankan perintahnya dan kita bukan hanya akan mendapatkan nikmat di akhirat kelak namun nikmat di dunia juga berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat beribadah dengan baik dan benar. Semoga bacaan yang bermanfaat ini dapat memperluas wawasan kita dan juga semoga kita bisa mengamalkannya, karena setiap kita mendapat sedikit ilmu maka kita harus membaginya ke sesama muslim agar mendapatkan barokah. Sebelumnya kami telah mem-posting Cara Berwudhu Dengan Benar dhuha serta tata caranya, semoga kalian bisa melaksanakan ibadah sholat sunnah yang beriringan dengan sholat fardlu. Tunggu doa lainnya yang akan kami update setiap hari hanya di tuntunansholat.

Advertisement
tags: , ,