Lafadz Bacaan Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq

Sunday, May 1st 2016. | Sholat
Advertisement

Lafadz Bacaan Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq – Assalammu’alaikum wr. wb. pembaca tuntunansholat yang senantiasa setia menunggu artikel terbaru dari kami. Kali ini kami akan membahas tentang Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq lengkap dengan arti dan juga keutamaan dari Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq. Masing-masing memiliki kandungan yang bermakna sangat dahsyat dan dapat kita pelajari untuk kehidupan di dunia. Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq ini termasuk dalam surat pendek. Pada kesempatan ini kami membagi sedikit ilmu Islami dari Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq karena Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq merupakan surat pendek yang paling sering umat Muslim lafadzkan pada setiap sholat maupun lainnya, tetapi pada saat melantunkan Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq masih terdapat segelintir umat Muslim yang sama sekali tidak mengetahui makna yang terkandung atau lupa akan makna dari Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq. Dalam Islam, ketika kita melafadzkan baik itu doa ataupun surat dari ayat suci Al-Qur’an lebih baik kita mengetahui makna yang terkandung dari apa yang telah kita lantunkan tersebut, sehingga pahala, ridho serta rahmat-Nya pun kian mengiringi kita. Nah, di bawah ini kita akan mengulik tuntas Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq, jadi baca terus sampai artikel ini selesai ya maka kalian tidak melewatkan ilmu Islami yang kami sajikan melalui Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq.

Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq

Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq

Surat Al-Faatihah, diambil dari bahasa arab yang memiliki arti pembukaan karena merupakan surat pembuka dalam Al-Qur’an. Surat Al-Faatihah ini merupakan surat yang pertama Allah SWT turunkan dengan lengkap, tidak seperti surat-surat yang lainnya. Surat Al-Faatihah disebut juga Ummul Qur’an atau Ummul Kitab karena merupakan sebuah induk dari semua yang terkandung dalam Al-Qur’an. Surat ini tergolong surat Makkiyah yang berisikan tujuh ayat suci penuh makna. Surat Al-Faatihah ini juga disebut-sebut dengan nama As Sab’ul Matsaany, karena terdiri dari tujuh ayat dan dibaca berulang kali pada setiap umat Muslim menjalankan ibadah sholat, baik sholat fardhu maupun sunnah. Surat Al-Faatihah ini adalah surat yang penting dalam sholat, jadi jangan sampai kalian lupa melantunkan Surat Al-Faatihah. Surat Al-Faatihah ini merupakan pelengkap dalam unsur-unsur pokok syari’at Islam. Surat Al-Faatihah memiliki keutamaan diantaranya : Untuk menghilangkan sifat pelupa dalam diri manusia, dapat juga untuk menyembuhkan penyakit oleh karena itu Surat Al-Faatihah memiliki julukan asy-Syifa yang berarti obat, asy-Syafiyah yang memiliki makna menyembuhkan serta al-Ruqyah atau mantra. Berikut Surat Al-Faatihah dengan artinya :

Advertisement

 Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq

 Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq

Surat An-Naas dalam bahasa Indonesia memiliki arti manusia dari bahasa Arab An-Naas merupakan surat penutup dalam Al-Qur’an. Tergolong dalam surat Makkiyah karena diturunkan oleh Allah SWT tepat di kota Mekkah Tanah Suci. Kandungan yang terdapat dalam Surat An-Naas yakni anjuran umat manusia untuk senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT dari godaan atau hasutan syetan pada dalam diri umat manusia. Niscaya Allah SWT akan menolong hamba-Nya yang mau memohon dan mengingat-Nya setiap waktu karena Allah Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Surat An-Naas terdiri atas enam ayat suci yang masing-masing menggambarkan pelajaran penting untuk kita pahami seperti pada ayat pertama hingga ketiga berisi tentang memuji Allah SWT dan memohon perlindungan, pada ayat keempat sampai keenam tentang maksud atau apa yang tengah dirasa sehingga meminta perlindungan-Nya. Berhubung Surat An-Naas ini adalah surat terakhir dalam Al-Qur’an mengandung makna bahwa umat manusia merupakan tujuan akhir dari Kitab Suci Al-Qur’an. Berikut Surat An-Naas lengkap dengan arti Surat An-Naas :

 Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq

adversitemens

 Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq

Surat Al-Falaq merupakan surat yang diturunkan sebelum Surat An-Naas atau surat penutup. Surat Al-Falaq termasuk dalam surat ke 113 pada Kitab Suci Al-Qur’an. Surat ini memiliki arti waktu subuh dan tergolong dalam surat Makkiyah. Surat Al-Falaq memiliki lima ayat suci dengan maksud memohon perlindungan atas sesuatu yang tidak jelas atau tak bisa dilihat oleh mata manusia dan juga meminta lindungan dari kesesatan. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak bersama-sama bacaan Surat Al-Falaq dan artinya di bawah ini :

 Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq

 Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq

Ketiga surat makkiyah ini memiliki keterkaitan yang akan kami jelaskan sehingga kalian sanggup memahaminya dengan seksama. Surat Al-Faatihah surat pembuka, sedangkan Surat An-Naas merupakan surat penutup yang berisi memohon perlindungan dari segala kejahatan syetan, jin atau diri manusia, dan Surat Al-Falaq agak mirip dengan Surat An-Naas karena sama-sama memohon perlindungan, hanya saja Surat Al-Falaq memohon perlindungan dari sesuatu hal yang samar jika dipandang oleh kasat mata manusia. Demikianlah Surat Al-Faatihah An-Naas Dan Al-Falaq yang dapat kami sampaikan untuk kalian sekedar berbagi ilmu sehingga kita sama-sama mendapatkan khasanah kehidupan dari membaca bacaan yang berkualitas. Simak juga bacaan kami sebelumnya mengenai Sholat Jama’ah, sehingga kalian mengetahui ketentuan-ketentuan apa saja jika kita mengerjakan sholat secara berjama’ah. Tunggu artikel kami berikutnya yang diharapkan berkualitas, informatif dan akurat dari sumber yang shahih.

Advertisement
tags: , , , ,