Cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW

Wednesday, May 25th 2016. | Puasa
Advertisement

Cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW – Assalammu’alaikum ya akhi ya ukhti sekalian. Bagaimana kabar kalian ? Semoga para pembaca sekalian sehat wal’afiat dan selalu ingin menambah wawasan Islami demi kebaikan dunia dan di akhirat kelak, amiin ya robbal’alamiin. Pada kesempatan yang sebelumnya kita sudah membahas masalah Tips Berbuka Puasa Yang Sehat, tips ini direkomendasikan oleh para ahli kesehatan dan juga ulama Indonesia. Nah kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW. Semakin kalian membaca materi mengenai Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW maka semakin paham dan semakin terasah pula pola pikir kalian terhadap hal-hal yang benar dengan mengubah kebiasaan buruk ketika berbuka puasa dan sahur. Disini tuntunansholat hadir dengan membawakan ilmu Islami yang menarik dan tentunya amat sangat membawa pengaruh yang baik dalam kehidupan. Tak hanya itu, cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW ini juga baik bagi kesehatan jasmani dan rohani sehingga sangat dianjurkan oleh para ulama¬† untuk mengikuti sunah yang diajarkan oleh Rasul SAW. Oleh sebab itu, simak dan ubah mindset kalian setelah membaca artikel Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW ini dengan tuntas.

Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah, sebagai berikut ini :

Advertisement
  1. Jangan lewatkan sahur – karena terkandung banyak hikmah diantaranya sahur ini suatu hal yang membedakan puasa kaum Musli dengan orang Nasrani dan Yahudi, sahur merupakan bekal untuk berpuasa hingga waktunya berbuka nanti dan sahur itu terdapat berkah sesuai Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim.
  2. Melafadzkan doa terlebih dahulu –¬† usahakan sebelum hendak sahur kita dianjurkan membaca QS Al-Qadr dan membaca doa dengan latin Allahumma Robban-nuril’azhiim yang artinya Ya Allah Sang pemilik Cahaya Agung.
  3. Setelah usai sahur, sebaiknya membaca Al-Qur’an – tadarusan sesuai anjuran Rasul, karena terdapat renggang waktu antara waktu sahur dengan adzan sholat subuh jadi ada baiknya kita isi waktu luang dengan tadarusan sehingga mendapat keberkahan dari Allah SWT. Menurut Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim mengatakan bahwa jarak antara adzan subuh dengan sahur kira-kira seperti 50 ayat bacaan Al-Qur’an.

Jika tadi kita telah membahas seputar hal yang perlu diperhatikan ketika Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah, di bawah ini akan diperjelas lagi mengenai Tata Cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW. Cara kita Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah sangat dianjurkan karena dengan begitu kita tidak salah langkah dan Insya Allah lebih lancar serta dimudahkan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini. Jadi, kali ini kalian jangan asal membaca saja tetapi juga memahami serta menerapkan pada saat menjalankan puasa, sehingga tubuh tetap fit dan pahalapun bertambah dengan adanya kita mengikuti tata cara atau adab Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW. Pastikan kalian mengikuti step-by-step atau langkah demi langkah yang terdapat dalam cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW di bawah ini ya. Tata cara di bawah nanti sesuai dengan yang dahulu Rasul lakukan, jadi alangkah baiknya jika kita sebagai umat Muslim yang menjungjung dan mencintai Nabi Muhammad SAW maka sudah semestinya kita melaksanakan Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW.

Tata Cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW, sebagai berikut :

Pertama, bila waktu berbuka tiba maka sebaiknya segerakanlah kalian berbuka puasa atau membatalkan puasa, karena orang yang menyegerakan berbuka puasa maka terdapat kebaikan yang luar biasa.

Tata cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW yang kedua yakni, berbuka dengan memakan sesuatu yang lunak, manis serta mudah dicerna oleh lambung seperti kurma basah, kurma kering atau air putih saja. Mengapa Rasul memakan kurma bukan buah lain? alasannya bukan hanya karna di Tanah Suci hanya terdapat buah kurma saja, tetapi buah kurma ini mengandung zat hebat yang mampu mengoptimalkan tubuh menjadi sehat bugar segar setelah seharian kita berpuasa dan merasa letih lemas dan lelah, atau dengan kata lain kurma mampu memulihkan stamina serta energi yang ada dalam tubuh hanya dengan memakan beberapa butir saja. Cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW yang kedua ini tentu layak dicoba, tetapi kalian harus jeli dan hati-hati dalam memilih buah kurma yang terdapat di supermarket ataupun pasar, pilihlah jangan dilihat dari harganya tetapi dari warna, tekstur serta rasa. Karena semakin berkembangnya kemajuan teknologi maka semakin banyak kecurangan termasuk dalam hal makanan.

Namun sebelum menyantap kurma tadi kalian haruslah melafadzkan doa berbuka puasa yang diawali dengan basmallah sehingga apa yang telah kita makan mendapat berkah dan menjadikannya suatu kebaikan bukan mendatangkan rasa sakit. Nah melantunkan basmallah dan doa berbuka puasa ini merupakan adab ataupun tata cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW yang ketiga, jangan sampai terlewatkan. Jika terlewat maka makanan atau hidangan yang kita makan tidak di ridhoi oleh Allah SWT. Setelah berdoa dan menyantap hidangan berbuka maka kita melafadzkan doa sesudah makan. Doa sesudah makan ini mengandung makna sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan sehingga bisa menyantap hidangan lezat dan berdoa untuk selalu menjadi umat Muslim yang baik.

adversitemens

Cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW adalah menyantap hidangan berbuka puasa yang sewajarnya alias secukupnya saja, karena Allah SWT tidak menyukai suatu hal yang berlebihan.

Tata cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW yang berikutnya merupakan sebagai Umat Muslim yang sholeh dan sholehah ada baiknya kita saling berbagi makanan untuk orang yang berpuasa seperti keluarga, teman, kerabat jauh dan juga para musafir atau pengelana yang tengah berpuasa. Karena apabila kita saling berbagi maka Allah SWT tak segan untuk memberikan berjuta-juta nikmat dan kebaikan dalam kehidupan kita asalkan dalam berbagi terhadap sesama kita dapat melaksanakannya dengan hati yang tulus ikhlas lahir dan bathin.

Jangan lupa mendoakan orang yang telah memberikan kita hidangan berbuka, jadi intinya selain berbagi santapan berbuka puasa kita juga harus saling mendoakan wujud rasa syukur terimakasih telah diberi kesempatan untuk menikmati hidangan lezat bersama dengan orang terdekat sungguh nikmat yang tak terkira. Dan ini merupakan tata cara Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW yang terakhir.

Demikian Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW semoga kalian dappat meneladai sunah Rasul ini dengan baik agar Bulan Ramadhan yang kita jalani penuh keberkahan dan kemenangan. Terimakasih telah berkenan membaca, menyimak dan memahami artikel Berbuka Dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW, jangan lupa ikuti kelanjutan informasi Islami lainnya hanya di tuntunansholat yang berisi kumpulan tuntunan sholat dan artikel Islami yang menarik dan Insya Allah mampu membawa keberkahan hidup pembaca menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Advertisement
tags: , , ,