Cara Berbuka Puasa Yang Baik Sesuai Sunnah Rasul

Monday, May 23rd 2016. | Puasa
Advertisement

Cara Berbuka Puasa Yang Baik Sesuai Sunnah Rasul – Segala Puji Bagi Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan sehingga kami selaku team tuntunansholat masih bisa berjumpa dengan pembaca setia tuntunansholat. Semoga shalawat senantiasa tercurahkan kepada Rasul kita Nabi Muhammad SAW. Atas seijin Allah SWT kami akan membahas materi Berbuka Puasa Yang Baik dengan cara yang sesuai sunnah Rasulullah SAW sehingga puasa kita afdol Insya Allah tanpa halangan apapun. Kami membahas Berbuka Puasa Yang Baik karena kebanyakan umat Muslim khususnya di Indonesia berbuka dengan nafsu dan tidak sesuai adab ataupun sunah Rasul, oleh karena itu mari kita tengahi serta kita luruskan cara Berbuka Puasa Yang Baik sesuai anjuran Rasul SAW. Di bawah ini kami akan mengupas tentang Cara Berbuka Puasa Yang Baik jadi jangan sampai kalian melewatkan bacaan bermanfaat yang satu ini. Nabi Muhammad SAW memberi anjuran dalam hal Berbuka Puasa Yang Baik agar kita sebagai umat Muslim yang sholeh dan sholeha untuk mengikuti anjuran tersebut.

Berbuka Puasa Yang Baik

Berikut ini adalah cara Berbuka Puasa Yang Baik :

Persiapan berbuka puasa – memasak ataupun membeli beberapa hidangan untuk berbuka nanti, bisa juga membantu ibu menyiapkan hidangan berbuka puasa di meja makan.

Advertisement

Mendengarkan adzan Mahgrib sampai selesai – kebanyakan orang saat adzan berkumandang langsung menyantap hidangan buka puasa yang telah disiapkan tadi, tetapi pada umumnya adzan Mahgrib saat bulan Ramadhan temponya mirip dengan iqomah tetapi tidak terlalu cepat sehingga ini mempermudah supaya kita mengikuti sunnah seperti apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang mendengarkan adzan dan menjawab adzan hingga tuntas, barulah menyantap hidangan. Ada baiknya kita mengikuti karena sesungguhnya Islam telah memudahkan kita untuk mendapatkan pahala dan ridho Allah SWT.

Begitu mendengar adzan Mahgrib, segerakan untuk berbuka puasa – menurut Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Rasul telah bersabda Manusia senantiasa akan dalam kebaikan sembari mereka menyegerakan buka puasa. Sebab dengan adanya kita menyegerakan berbuka puasa itu akan membuat sholat Mahgrib kita menjadi khusyuk.

Melafadzkan doa berbuka puasa dan basmallah – jangan lupa untuk melantunkan doa agar puasa kita dan apa yang akan kita santap menjadi barokah. Rasul telah bersabda Sesungguhnya apabila orang yang berpuasa ketika berbuka melafadzkan doa yang tidak akan ditolak. Selain itu doa orang yang sedang berpuasa termasuk kedalam kategori doa yang mustajab atau doa yang akan dikabulkan oleh Allah SWT. Tak lupa untuk melantunan basmallah, jika ada seseorang hendak makan maka seharusnya menyebut nama Allah Ta’aala yakni basmallah menurut HR. Tirmidzi.

Berbuka puasa diawali dengan air, rutab, takjil ataupun tamar – Hadits Riwayat Tirmidzi dan Imam Ahmad menyampaikan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda berbuka puasalah dengan beberapa biji rutab sebelum melaksanakan sholat, jika tidak ada rutab maka dengan biji tamar dan jika tidak ada tamar maka minum beberapa teguk air. Rutab atau bisa juga disebut kurma yang telah dimasak dan kondisi basah, sedangkan tamar ialah kurma kering. Mengapa Rasul berbuka dengan kurma? karena kurma mengandung zat yang mampu diserap dengan cepat oleh tubuh dan dapat me-recovery stamina setelah berpuasa seharian. Atau bisa juga disegerakan berbuka puasa dengan takjil bukan makanan yang berat.

adversitemens

Melaksanakan sholat Mahgrib dan berdoa – seusai mendengankan alunan adzan Mahgrib dan telah membatalkan puasa, hendaklah kita mengambil air wudhu dan melaksanakan sholat fardhu kemudian berdoa dengan khusyuk.

Makan lagi bila perlu tetapi secukupnya – QS Al-A’raf ayat 31 dengan terjemahan Makan dan minumlah kamu, dan jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah SWT tidak suka orang yang berlebih-lebihan. Rasul telah memberi kita anjuran tentang porsi makanan yang tidak berlebihan yakni sepertiga berisi makanan, sepertiga berisi udara dan sepertiga lagi berisi air.

Memberi makan orang yang berpuasa – hal ini diajarkan oleh Rasul SAW karena betapa besar kemuliaan dan pahala yang didapat setara dengan orang yang sedang melaksanakan puasa tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya.

Turut mendoakan orang yang telah menjamu menu buka puasa –  sebagai ungkapan rasa syukur telah diberi makanan dan para malaikatpun telah bershalawat.

Demikianlah Berbuka Puasa Yang Baik sesuai sunah Rasulullah SAW dan sangat direkomendasikan oleh Ulama dan pakar kesehatan. Semoga bacaan ini mampu mengajarkan kalian tata cara atau adab Berbuka Puasa Yang Baik sehingga tak hanya memuaskan nafsu lapar kalian tetapi banyak nikmat dan berkah jika kita Berbuka Puasa Yang Baik sesuai sunah Rasul SAW. Apabila kita meneladani Nabi Muhammad SAW, Insya Allah kita akan diberi kemudahan dunia akhirat, amiin. Simak juga bacaan kami seputar Kumpulan Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan, semoga mampu memperluas cakrawala kalian dalam hal ilmu Islami tentunya. Terus ikuti perkembangan terbaru dari tuntunansholat.info, Terimakasih.

Advertisement
tags: , , , ,