Cara Cara Mengerjakan Shalat Terlengkap

Friday, July 1st 2016. | Sholat
Advertisement

Cara Cara Mengerjakan Shalat Terlengkap – Segala puji bagi Allah SWT atas segala nikmat dan berkah yang telah kita dapati sehingga segala suatu urusan kita diberi kemudahan serta kelancaran. Shalawat nan salam senantiasa kita lantunkan dari hati dan lidah kita yang tertuju kepada Nabi kita yaitu Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan kita yang memiliki kemuliaan luar biasa yang patut kita contoh. Tuntunansholat hari ini hadir untuk menyampaikan sejumlah informasi seputar dunia Islam kepada kaum Muslim, agar lebih memahami dan mencintai Islam. Tuntunansholat berisikan kumpulan tuntunan shalat, doa keseharian dan juga artikel-artikel menarik Islami yang kami rekomendasikan untuk kalian simak satu persatu guna memperluas wawasan mengenai Islam. Karena Islam merupakan agama yang mudah dan indah. Informasi Islami kali ini yaitu Cara Mengerjakan Shalat. Shalat merupakan tiang dari agama Islam, ketaqwaan umat dapat diukur dari seberapa rajin dia menjalankan shalat sebagaimana shalat wajib dikerjakan oleh umat Muslim. Namun masih saja ada beberapa umat Muslim yang keliru pada saat mengerjakan shalat, oleh karenanya kami hadir untuk memberikan solusi tepat dengan membaca artikel Kumpulan Cara Mengerjakan Shalat ini. Cara Mengerjakan Shalat yang akan kami bahas dibawah ini sangatlah lengkap dan juga mudah untuk dipahami, jadi jangan pindah ke tempat lain karena ilmu-ilmu di bawah nanti sangatlah penting yang sayang jika kalian lewatkan.

Cara Mengerjakan Shalat

Shalat salah satu bentuk ibadah yang rutin wajib kita kerjakan, terutama shalat fardhu yang jelas-jelas tertera lima shalat waktu terdiri atas shalat subuh, shalat dhuhur, shalat ashar, shalat mahgrib dan penutup shalat isya. Dari shalat kita bisa mengumpulkan banyak pahala guna bekal kita pada saat di Akhirat kelak. Kita mengerjakan shalat lima waktu di masjid dan mengerjakan shalat sunnah lainnya serta infaq di kotak amal masjid tentu mendatangkan banyak pahala dalam buku catatan amal baik kita. Terlebih lagi jikalau kita mengerjakan shalat dengan cara yang benar sesuai syariat Islam, maka pahala yang kita perolehpun berlipat ganda. Cara Mengerjakan Shalat akan kita kupas tuntas, agar kalian dapat memperbaiki lagi ibadah shalat kalian yang siapa tahu terdapat kesalahan kecil maupun besar. Mempelajari Cara Mengerjakan Shalat tentu cara yang amat sangat baik dan disarankan kepada seluruh umat Muslim demi kebaikan.

Advertisement

Berikut Cara Mengerjakan Shalat :

Pertama-tama kita haruslah suci diri dengan cara berwudhu, berwudhu jika terdapat banyak air, namun jika tidak kalian dapat berwudhu dengan menggunakan tanah atau debu ataupun pasir yang sering kita kenal dengan istilah tayammum.

Cara Mengerjakan Shalat selanjutnya adalah menutupi aurat lalu menghadap kiblat.

Kemudian, membaca niat shalat, cukup baca niat tersebut di dalam hati dengan tulus dan perlahan. Setelah itu, angkat kedua tangan sembari melafadzkan kalimat takbir Allahu Akbar yang artinya adalah Allah Maha Besar. Gerakan tadi disebut dengan takbiratul ihram. Lalu, kedua tangan kita di sedakepkan pada dada.

Dilanjut melantunkan doa iftitah.

adversitemens

Cara Mengerjakan Shalat

Lalu setelah selesai membaca doa iftitah maka kita wajib membaca surat Al-Fatihah yang kemudian diteruskan dengan suratan pendek yang kalian hafal dengan baik.

Takbiratul ihram dan lakukan gerakan ruku’ sembari melafadzkan bacaan ruku’. Berikutnya i’tidal sembari mengucapkan bacaan i’tidal dan mengucapkan kalimat takbir serta bersiap untuk melakukan gerakan sujud.

Membaca bacaan ketika sujud lalu mengucapkan kalimat takbir kembali dan kalian memasuki duduk diantara dua sujud. Jangan lupa untuk melantunkan bacaannya dan mengucap kalimat takbir kembali lalu sujud lagi. Seusai sujud, melafadzkan kalimat takbir dan berdiri, posisikan tangan menjadi bersedakep lagi lalu kembali ke surat Al-Fatihah.

Jika sudah masuk rakaat kedua setelah sujud akhir kalian melakukan duduk iftirasy dengan menghampar telapak kaki kirinya dan menegakkan telapak kaki kanan sembari melantunkan bacaan tasyahud awal. Namun ketika dipenghujung rakaat kalian melakukan duduk tawaruk dengan menegakkan telapak kaki kanan dan melipat telapak kaki kirinya tetapi posisi tubuh condong kearah kanan sebari mengucapkan bacaan tasyahud akhir. Cara Mengerjakan Shalat ialah salam.

Seusai salam, kalian bisa berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT.

Itulah Cara Mengerjakan Shalat yang bisa kami sampaikan kepada pembaca setia tuntunansholat. Semoga kalian menikmati membaca Cara Mengerjakan Shalat ini dan memperhatikan pokok-pokok pembahasan seputar Cara Mengerjakan Shalat agar kalian tidak keliru ataupun salah saat mengerjakan shalat. Jadi ketika Cara Mengerjakan Shalat kalian benar, Insya Allah pahala yang kalian dapatkan akan setimpal dengan yang sudah kalian kerjakan tadi.

Akhirnya kita tiba di akhir artikel Cara Mengerjakan Shalat, semoga dengan adanya artikel Cara Mengerjakan Shalat ini mampu mengarahkan kalian ke arah yang lebih baik lagi, amiin ya Rabb. Serta Cara Mengerjakan Shalat ini mampu mengarahkan kalian pada gerakan ataupun bacaan yang sesuai syariat. Simak artikel sebelumnya Kumpulan Hal Yang Mungkin Di Lupakan Dalam Sholat yang juga bermanfaat bagi kehidupan kalian guna mengantisipasi kesalahan kalian dalam mengerjakan shalat agar selamat Dunia Akhirat dan tentunya menambah pengetahuan Islami kalian. Terima kasih telah bersedia menyimak dan tak pernah bosan menanti artikel-artikel Islam terbaru dari tuntunansholat. Jika terdapat kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan apabila kami masih berkesempatan dilain waktu maka kami akan memperbaikinya dengan semaksimal mungkin. Artikel terbaru akan hadir besok, jadi jangan sampai kalian lewatkan ya.

Advertisement
tags: , , , ,