Cara Memilih Hewan Qurban Idul Adha Yang Baik

Wednesday, August 24th 2016. | Qurban
Advertisement

Cara Memilih Hewan Qurban – Setiap umat Muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT pastilah mengerjakan segala bentuk ibadah untuk mengharapkan ridho-Nya serta menjauh dari semua larangan-larangan yang ada. Berqurban adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan umat Islam guna menggunakan sebagian rezeki yang telah Allah SWT berikan dengan cara membeli hewan qurban, menyembelih hewan qurban dan membaginya kepada umat Muslim yang kurang mampu. Intinya dari ibadah qurban ialah berbagi terhadap sesama merupakan salah satu hal yang dianjurkan agar memperoleh berkah dari Allah SWT. Kegiatan ibadah berqurban ini jatuh pada Hari Raya Idul Adha, dimana seusai melaksanakan ibadah sholat Idul Adha maka mulailah prosesi penyembelihan lalu pembagian hasil penyembelihan hewan qurban tadi. Terdapat beberapa nama hewan yang termasuk dalam daftar hewan qurban, namun yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana Cara Memilih Hewan Qurban yang baik sesuai dengan syariat Islam ? karena timbul pertanyaan tersebut, tuntunansholat hadir hari ini dengan membawakan informasi penting yang akan menjawab pertanyaan kalian tadi yakni Cara Memilih Hewan Qurban Yang Baik. Simak selengkapnya mengenai Cara Memilih Hewan Qurban hanya di tuntunansholat. Baca dan pahami Cara Memilih Hewan Qurban berikut ini hingga tuntas agar pembaca sekalian dapat mengerti cara-cara tepat untuk memilih hewan qurban yang baik.

Cara Memilih Hewan Qurban

Qurban dikerjakan oleh umat Muslim yang mampu untuk membeli hewan qurban sesuai kemampuan dan menyembelih hewan qurban tersebut. Jika tidak bisa atau tidak tega untuk menyembelih hewan maka solusinya dapat diwakilkan tetapi kita sebagai pemilik hewan qurban tersebut tetap melafadzkan doa. Adapun doa-doa berqurban sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya yang dapat kalian simak juga. Walaupun sebaiknya prosesi membeli dan menyembelih hewan qurban tersebut dilaksanakan sendiri agar kita lebih khusyuk dalam beribadah serta menjiwai makna dari peristiwa qurban yang dirasakan oleh Nabi Ibrahim as yang diperintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya sendiri yakni Nabi Ismail as, karena ketaqwaan Nabi Ibrahim as maka dengan ikhlas akan menyembelih Nabi Ismail as namun atas Kuasa-Nya yang disembelih berubah menjadi Domba dari Surga untuk menggantikan Nabi Ismail as. Kegiatan ibadah berqurban ini menghasilkan daging yang berasal dari hewan qurban seperti : Sapi atau Kerbau, Kambing atau Domba, dan Unta. Kalian dapat membeli hewan qurban sesuai dengan budget atau anggaran yang tersedia maupun sesuai kemampuan kalian saja serta tanpa adanya paksaan dari orang lain. Menjalankan ibadah qurban ini harus dilandasi dari hati niat akan berqurban.

Advertisement

Adapun Cara Memilih Hewan Qurban, sebagai berikut ini :

Pertama-tama pilihlah hewan qurban dilihat dari umur hewan tersebut. Jika kalian memilih Sapi atau Kerbau maka carilah yang umurnya minimal 2 tahun, sedangkan Kambing atau Domba pilih yang umurnya minimal 1 tahun.

Cara Memilih Hewan Qurban yang kedua ialah lihat kondisi hewan qurban secara fisik, seperti mengecek mata hewan qurban tersebut. Apakah jernih atau sayu? sebaiknya pilih yang bermata jernih. Karena mata hewan qurban yang jernih menandakan hewan tersebut sehat.

Ketiga, Cara Memilih Hewan Qurban dengan mengecek bagian tubuh secara keseluruhan. Jangan pilih hewan qurban yang berlubang, maksudnya terdapat luka dan mengeluarkan darah walaupun sedikit.

Cara Memilih Hewan Qurban selanjutnya dilihat dari kulit serta bulu yang halus tanpa cacat sedikitpun.

adversitemens

Berikutnya Cara Memilih Hewan Qurban  adalah perhatian kuku hewan qurban yang hendak dipilih, pilihlah kuku hewan qurban yang tampak cerah karena kuku yang cerah tanda hewan tersebut sehat jasmani.

Cara Memilih Hewan Qurban yang terakhir yakni pilih dan belilah hewan qurban di peternakan yang bersih, bukan yang diternak di pembuangan sampah karena akan berbahaya jika dikonsumsi.

Demikianlah keenam Cara Memilih Hewan Qurban yang baik sesuai syariat, kita haruslah jeli dalam memilih hewan qurban. Jika kita memberikan yang buruk untuk diqurbankan maka Allah SWT tidak akan memberi keberkahan dalam hidup kita, sebaliknya jika kita memilih dan memberikan hewan qurban yang terbaik maka Allah SWT akan memberikan segala yang terbaik untuk hidup kita baik di dunia maupun di akhirat, Allahumma amiin. Cara Memilih Hewan Qurban sudah kami jelaskan dengan rinci, semoga dengan membaca artikel Cara Memilih Hewan Qurban ini mampu menjawab pertanyaan kalian tadi.

Cara Memilih Hewan Qurban yang baik telah kami sampaikan, semoga bermanfaat dikala kalian akan membeli hewan qurban kelak. Menjalankan ibadah qurban mampu memberi kebahagiaan terhadap sesama yang kurang mampu. Terima kasih telah menyimak artikel Cara Memilih Hewan Qurban yang baik, apabila terdaat kesalahan kami mohon maaf dan Insya Allah akan kami perbaiki secepatnya, namun kami mengharap rasa kemakluman dari pembaca sekalian karena epatah mengatakan tak ada gading yang tak retak tak ada manusia yang sempurna. Sebab kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Sekian artikel Cara Memilih Hewan Qurban ini tuntunansholat ulas, simak artikel terbaru dari kami selanjutnya.

Advertisement
tags: , , , ,