Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh Puasa Sunnah 3 Hari

Tuesday, June 28th 2016. | Puasa Sunnah
Advertisement

Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh Puasa Sunnah 3 Hari – Asalamu’alaikum Wr.Wb, alhamdulillah hirobil alamin, kali ini kita dapat berjumpa kembali lagi dalam Tuntunan Sholat. Untuk perjumpaan kali ini kami akan membawakan sebuah informasi menarik tentang Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh. Dan bagi kalian yang belum mengetahui apa itu Ayyamul Bidh, Kalin bisa baca pada artikel kami sebelumnya tentang Penjelasan Puasa Ayyamul Bidh, supaya kalian yang belum tahu menjadi tahu tentang Puasa sunnah ini. Ok sekarang untuk kalian yang ingin mengerjakan puasa sunnah ini langsng saja ikuti Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh yang akan kami jelaskan berikut ini.

Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh

Sebelum kita membahas tentang Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh, mungkin alangkah baiknya kami mengulas sedikit penjelasan tentang Ayyamul Bidh. Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebemunya. Puasa Sunnah Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan pada tanggal atau hari keĀ  13, 14, 15 pada tanggalan Hijriyah yang biasanya pada tanggal-tanggal tersebut terjadi fenomena bulan puranama. menurut sebuah penelitian Arnold Lieber. Pada pertengahan bulan Qomaryah biasanya diterangi oleh sinar bulan purnama. Puncak fenomena terjadinya pasang surut air laut pada tanggal-tanggal tersebut, seiring surutnya sisi kejiwaan manusia. untuk lebih jelasnya kalian bisa baca Pengertian Ayyamul Bidh pada artikel kami sebelumnya.

Advertisement

Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh

Dalam melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, ada beberapa ketentuan yang harus kalian lakukan dalam melaksanakan atau Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh, dan cara tersebut akan kami jelaskan berikut ini.

Untuk yang pertama kita dapat melakukan niat puasa setelah terbit fajar jika kalian belum makan, minum, atau selama tidak melakukan hal-ha yang dapat membatalkan puasa. Puasa Sunnah Ayyamul Bidh atau puasa sunnah itu sangat berbeda dengan puasa wajib yang niatnya harus dilakukan sebelum fajar. adapun dari Aisyah radhiyallahu’anha yang berkata :

Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh

 

adversitemens

Kemudian yang kedua, kalian boleh menyempurnakan atau membatalkan puasa sunnah. adapun dalil dari puasa sunnah adalah hadist aisyah yang sudah kami berikan diatas. Puasa sunah merupakan sebuah puasa pilihan dari seseorang ketika ia ingin melakukannya, begitu juga ketika ia ingin meneruskan puasanya. Ini merupakan sebuah pendapat dari sekelompok sahabat, pendapat dari Ishaq, Imam Ahmad, dan ada yang lainnya lagi. Namun mereka semua, yang termasuk juga Imam Asy Syafi’i bersepakat bahwa disunnahkan untuk tetap menyempurnakan puasa tersebut.

Yang ketiga, seorang istri tidak boleh melaksanakan berpuasa sunnah sedangkan suaminya bersamanya, keculai dengan seizin suaminya. Yang disampaikan oleh Abu hurairah yang mengungkapkan, Rasulullah SAW bersabda:

Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh

 

Itulah tadi yang dapat kami berikan tentang Cara Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh sesuai ketentuan dari ajaran Islam yang telah kami berikan di tuntunan sholat pada perjumpaan kali ini. Semoga saja dnegan adanya informasi kami tentang Cara Melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh ini dapat memudahkan atau membantu anda semua dalam menjalankan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh yang bisa anda lakukan pada tanggal atau hari ke 13, 14, dan 15 sesuai tanggalan Hijriyah. Kami mohon maaf jika ada kekurangan dalam memberikan informasi, dan apabila anda tahu lebih banyak dari apa yang telah kami berikan pada kesempatan kali ini, kami mohon untuk memberikan informasi cara mengerjakan Puasa Ayyamul Bish pada kolom komen yang telah kami berikan dibawah ini. mungkin cukup sekian semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali pada tuntunan sholat berikutnya.

Advertisement
tags: , , ,