Niat Dan Cara Mengerjakan Shalat Hajat

Monday, June 13th 2016. | Sholat Sunnah
Advertisement

Niat Dan Cara Mengerjakan Shalat Hajat – Merupakan salah satu shalat sunnah dua rakaat namun shalat ini wabilkhusus memohon kepada Allah SWT tempat umat Muslim mengadu dan meminta agar dikabulkan hajat ataupun keinginan. Apakah kalian tertarik untuk melaksanakan Shalat Hajat? Jika kalian ingin mengerjakan Shalat Hajat ini maka kalian harus memperhatikan dengan seksama dan simak hingga tuntas artikel Cara Mengerjakan Dan Niat Shalat Hajat ini. Assalammu’alaikum hai mukminin dan mukminat yang dirahmati oleh Allah SWT, jumpa lagi dengan kami dalam artikel Islam terbaru dari tuntunansholat. Setelah diawali dengan informasi pengantar, kali ini kita wajib mengucap syukur atas segala nikmat, berkah dan lainnya yang sudah Allah SWT kasih kepada kita sehingga kita harus semakin giat lagi dalam beribadah. Tentu shalawat nan salam senantiasa terucapkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang sudah berusaha menyiarkan Islam dengan keluarga beserta para sahabat Rasul dan semoga kita dapat memetik hikmah dari kisah-kisah Rasul, amiin.

Shalat Hajat

Sholat Hajat berisikan sekurang-kurangnya dua rakaat dan selebih-lebihnya yakni dua belas rakaat dengan masing-masing dua rakaat yang berisi satu salam. Batas waktu Shalat Hajat ini yaitu seusai kita menjalankan ibadah Shalat Isya hingga sebelum masuk waktu Shalat Subuh. Tetapi waktu yang terbaik untuk mengerjakan Shalat Hajat ini adalah pada saat masuk pertengahan malam, karena ketika pertengahan malam keadaan sunyi sehingga diharapkan kita dapat lebih khusyuk lagi dalam beribadah Shalat Hajat. Sholat Hajat ini dilaksanakan dalam satu malam, tiga malam atau tujuh malam berturut-turut bergantung dengan kebutuhan serta seberapa penting hajat ini. Jangan lupa untuk berdoa dan berdzikir seusai melaksanakan Sholat Hajat.

Advertisement

Niat Dan Cara Mengerjakan Shalat Hajat

Baiklah, kali ini kami akan membahas cara mengerjakan Shalat Hajat yang diawali dengan membaca niat Sholat Hajat. Berikut adalah tata cara mengerjakan Shalat Hajat :

Pertama, membaca niat Sholat Hajat dalam hati. Berikut lafadz niat Shalat Hajat dan artinya :

Shalat Hajat

Kedua dilanjutkan dengan melantunkan Surah Al-Fatihah.

adversitemens

Setelah ini membaca suratan pendek, namun dianjurkan untuk mengucapkan surah Al-Falaq karena surat tersebut memiliki maksud memohon kepada Allah untuk selalu dilindungi dari berbagai godaan setan disekeliling kita. Jadi surah Al-Falaq sangat cocok dibaca ketika kita mengerjakan Shalat Hajat pada rakaat pertama. Berikut bacaan Surah Al-Falaq :

Shalat Hajat

Kemudian lakukan gerakan dan bacaan doa seperti shalat lainnya. Pada saat masuk rakaat kedua, seusai melafadzkan Surah Al-Fatihah maka kita dapat melantunkan surat pendek berikut :

Shalat Hajat

Ya, surat pendek di atas adalah Surah Al-Ikhlas yang memiliki maksud memurnikan keesaan Allah SWT dan menolak akan segala bentuk penyekutuan terhadap Allah SWT. Oleh karenanya, surah ini sangat cocok dibaca pada rakaat kedua Sholat Hajat. Setelah salam, kita atur posisi duduk agar lebih khusyuk lagi kemudian berdzikir dengan melafadzkan kalimat istigfar sebanyak seratus kali, dilanjut Shalawat Nabi, berikutnya disambung dengan bacaan tahlil dan tasbih yang masing-masing dilantunkan sebanyak tiga puluh dua kali. Setelah selesai berdzikir, marilah kita melafadzkan Doa Setelah Shalat Hajat seperti yang tertulis di bawah ini :

Shalat Hajat

Seusai menuntaskan tata cara mengerjakan Sholat Hajat di atas tadi, kalian dapat menambahkan doa sesuai keinginan kalian, agar hajat kalian dapat segera terwujudkan. Kami hampir lupa untuk menginformasikan bahwa Shalat Hajat ini memiliki fadhilah atau keutamaan. Fadhilah dari Shalat Hajat yakni yang kami ambil dari hadits riwayat Ahmad menyebutkan Rasulullah SAW berkata “Sipa yang berwudhu dan sempurna wudhunya kemudian shalat dua rakaat atau Sholat Hajat dan sempurna rakaatnya maka Allah SWT akan memberikan apa yang dia harap cepat ataupun lambat”. Setelah mengetahui fadhilah tersebut pasti kita semakin gencar lagi dalam beribadah. Tentunya fadhilah ini hanya berlaku bagi hamba Allah SWT yang mukmin.

Cukup sekian artikel Shalat Hajat yang dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian, kami selaku penulis artikel ini mengharapkan kalian dapat memahami maksud dan inti pembahasan kita hari ini yang dapat mencerahkan kehidupan kita, amiin. Simak kembali artikel kami dengan topik pembahasan Kumpulan Doa Dan Niat Sholat Istikharah yang saling berkaitan dengan Sholat Hajat dan hampir mirip, baca lebih lanjut untuk mengetahuinya. Terimakasih sudah menjadi pembaca setia di tuntunansholat.info, mohon maaf apabila ada salah kata karena kami hanyalah seorang penulis biasa yang belum begitu mahir. Nantikan artikel Islami terbaru dari tuntunansholat esok hari, buat harimu lebih bermanfaat dengan membaca artikel Islami.

Advertisement
tags: , , , ,