Kumpulan Cara Mengerjakan Sholat Hari Raya Dan Niatnya

Sunday, May 15th 2016. | Hari Raya Idul Fitri/Idul Adha, Sholat
Advertisement

Cara Mengerjakan Sholat Hari Raya Dan Niatnya – Assalammu’alaikum wr. wb. kaum muslimin dan muslimat, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT, amiin. Pada kesempatan yang baik ini perkenankan kami team tuntunansholat untuk memberi sedikit ilmu Islami yang telah kami kemas menjadi bacaan yang singkat, padat dan jelas. Baiklah, kali ini kami akan membahas mengenai Sholat Hari Raya. Seperti yang kalian ketahui umat Muslim memiliki dua Hari Raya, yaitu Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal dan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah. Kedua Sholat Hari Raya hukumnya dalam Islam yakni sunnah mu’akkad atau sunnah yang dianjurkan karena dinilai kedua Sholat Hari Raya sangatlah penting sehingga sayang sekali jika kita lewatkan. Kedua Sholat Hari Raya ini jika kita kerjakan dengan niat tulus mengharap ridho Allah SWT pasti akan menghasilkan manfaat dan pahala yang berlimpah, terlebih lagi kedua Sholat Idul Fitri diwajibkan untuk dikerjakan secara berjama’ah, Masya Allah sungguh besar nikmat dan pahala yang kita dapatkan. Kedua Sholat Hari Raya ini berjumlah 2 rakaat, setelah selesai Sholat Idul Fitri terdapat khutbah selayaknya Sholat Jum’at. Khutbah ketika Hari Raya Idul Fitri biasanya membahas tentang zakat fitrah, jiwa yang fitri dan makna dari Hari Raya Idul Fitri bagi umat Muslim, sedangkan pada saat Hari Raya Idul Adha biasanya khutbah bertema tentang Qurban, baik penjelasan qurban maupun hukum-hukum qurban. Tempat pelaksanaan atau Cara Sholat Hari Raya Idul Fitri ialah di masjid, namun karena jumlah jamaah yang membludak atau banyak jadi biasanya hingga pelataran masjid, jika tidak muat juga maka ada yang menggunakan tanah lapang atau lapangan sebagai tempat melaksanakan Sholat Hari Raya.

Sholat Hari Raya

Nah di bawah ini berikutnya team tuntunansholat akan membahas cara mengerjakan Sholat Hari Raya yang dimulai dari niat tulus Sholat Hari Raya. Tuntunansholat akan menyajikan cara mengerjakan Sholat Idul Fitri secara ringkas namun kompleks dan padat akan materi Sholat Di Hari Raya Idul Fitri. Jadi, jangan kemana-mana tetap bersama tuntunansholat karena sebentar lagi kami menyampaikan berita serta pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi kaum Muslim sekalian.

Advertisement

Berikut Cara Mengerjakan Sholat Hari Raya :

  • Pertama, kerjakan sholat subuh terlebih dahulu karena merupakan sholat wajib yang tidak boleh terlupakan dan ditinggalkan oleh umat Muslim.
  • Selanjutnya, ketika matahari mulai muncul kita dapat menuju masjid atau tanah lapang dengan mengenakan pakaian yang bagus dan rapih.
  • Bersiap untuk melaksanakan Sholat Hari Raya, berdiri dengan sikap sempurna kemudian membaca niat dalam hati.

Lafadz Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri :

 

Sholat Hari Raya

Sholat Hari Raya

Lafadz Niat Sholat Hari Raya Idul Adha :

Sholat Hari Raya

adversitemens

Sholat Hari Raya

  • Pada Rakaat pertama kita mulai dengan melantunkan takbiratul ihram dilanjutkan dengan doa iftitah, lalu melakukan takbir sebanyak tujuh kali sembari mengucapkan kalimat takbir dengan lirih penuh ketulusan “Allahu Akbar”. Kemudian melafadzkan Surat Al-Faatihah dan suratan pendek, selanjutnya lakukan gerakan dan doa seperti sholat lainnya.
  • Nah, pada rakaat kedua setelah berdiri kita harus mengucap dan melakukan takbir sebanyak lima kali sembari mengucap kalimat tasbih yakni “Allahu Akbar”. Dilanjutkan Surat Al-Faatihah dan usahakan membaca Surat Al-Gasiyah karena lebih diutamakan pada rakaat kedua Sholat Hari Raya membaca Surat Al-Gasiyah dibanding surat pendek. Kemudian lakukan gerakan dan doa seperti sholat sunnah lainnya.
  • Setelah salam, kita mendengarkan dua khutbah. Khutbah pertama dibuka dengan sembilan kali takbir dan khutbah kedua dimulai dengan tujuh takbir. Dengarkan dengan seksama karena mendengarkan kajian yang baik dan Insya Allah bagi kaum Muslim yang mendengarkan dengan seksama maka akan mendapatkan pahala yang setimpal.

Sholat Hari Raya pada dasarnya sama dengan sholat sunnah lainnya karena terdiri ata dua rakaat tetapi yang membedakan ialah takbir sebanyak dua belas kali dan juga dua khutbah seusai Sholat Idul Fitri dijalankan serta momen Sholat pada Hari Raya Idul Fitri yang lebih terasa karena bukan hanya karena sanak-saudara yang berkumpul tetapi terdapat makna yang terkandung dari Hari Raya itu sendiri. Demikianlah cara mengerjakan Sholat Idul Fitri yang dapat kami berikan kepada pembaca yang senantiasa selalu mengharapkan ilmu Islami dari tuntunansholat. Jangan lupa untuk menyimak dan membaca artikel kami sebelumnya yakni Hal Yang Dilakukan Sebelum Sholat Idul Fitri. Terimakasih untuk pembaca yang sudah berkenan berkunjung mencari ilmu Islami di tuntunansholat, semoga artikel yang telah kami sajikan untuk kalian bermanfaat dunia dan semoga kalian mendapat khasanah serta pahala, amiin ya Rabbal’alamin.

Advertisement
tags: , , , ,