Cara Puasa Yang Baik Dan Sehat Menurut Rasulullah SAW

Friday, May 20th 2016. | Puasa
Advertisement

Cara Puasa Yang Baik Dan Sehat Menurut Rasulullah SAW – Puasa ialah suatu ibadah yang dijalankan umat Muslim dengan menahan rasa lapar dan hawa nafsu serta meningkatkan ibadah lainnya dari waktu yang sudah ditentukan, puasa dibagi menjadi dua, yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib adalah puasa di Bulan Suci Ramadhan, jadi sebagai umat Muslim yang taat kepada Allah SWT kita harus menjalankan ibadah puasa ini dengan ikhlas dan sebaik-baiknya. Jika puasa sunnah yakni puasa yang akan menghasilkan pahala jika kita mengerjakan dan apabila kita meninggalkan puasa sunnah ini maka kitapun tidak berdosa. Menurut Rasul SAW, beliau mengerjakan puasa sunnah pada hari senin dan hari kamis karena pada kedua hari tersebut amalan kita akan dilaporkan malaikat kepada Allah SWT. Jadi puasa sunnah pada hari senin dan kamis adalah salah satu ibadah yang dikerjakan pada waktu yang tepat. Pada kesempatan kali ini kami team tuntunansholat akan menyajikan informasi menarik yakni seputar Cara Puasa Yang Baik, semoga dengan adanya informasi Islami dari kami kalian dapat membuka mata kalian agar menjalankan puasa dengan Cara Puasa Yang Baik. Ada beberapa orang beranggapan bahwa puasa adalah salah satu cara yang membuat badan menjadi sehat dan kuat dari sebelumnya. Tentu hal itu benar asalkan kita melaksanakan ibadah puasa dengan cara yang baik dan sehat. Banyak yang beralasan untuk membatalkan puasa karena alasan klasik yakni karena memiliki penyakit maag. Para penderita maag tentu dapat menjalankan ibadah puasa wajib pada Bulan Ramadhan asalkan mengikuti anjuran Cara Puasa Yang Baik dari Rasul kita yakni Nabi Muhammad SAW sehingga penyakit maag-pun tidak menjadi kendala kita ketika menjalankan ibadah puasa. Di bawah nanti kami akan memberikan Tata Cara Puasa Yang Baik sehingga kalian tidak salah langkah dalam menjalankan ibadah puasa. Jadi kalian jangan kemana-mana tetap bersama tuntunansholat untuk menyimak informasi Cara Puasa Yang Baik yang telah kami sajikan khusus untuk umat Muslim yang ingin mengetahui pola berpuasa yang benar sesuai dengan anjuran Cara Puasa Yang Baik dari Rasul SAW.

Cara Puasa Yang Baik

Berikut Cara Puasa Yang Baik :

Jangan lupa untuk sahur – Rasulullah SAW mengakatan bahwa terdaat keberkahan dari sahur meski hanya minum air putih saja. Manfaat dari sahur yakni mampu menurunkan asam lambung serta menyiapkan energi untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Advertisement

Seusai sahur jangan tidur – karena jika kita tidur itu kurang baik bagi lambung sehingga lambung mengalami peradangan, peningkatan gerakan saluran cerna dan pengosongan lambung akan lebih cepat terjadi.

Usahakan lakukan aktifitas – Ketika kita mencoba untuk tidak tidur setelah selesai sahur maka hal demikianlah yang merangsang hormon katekolamin yang akan mengurangi asam lambung, mengurangi gerakan usus, mengurangi enzim pencernaan dan juga mampu menghancurkan lemak serta gula yang ada pada tubuh kita.

Atur pola pikir – Usahakan jangan terlalu berpikir yang berlebihan agar tidak menimbulkan stress karena jika kita merasa stress akan ada efek pada lambung yakni asam lambung berlebihan yang akan merusak dinding lambung dalam waktu cepat serta membuat lapisan lendir pelindung dinding lambungpun menipis. oleh karena itu dekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan ketenangan jiwa dan bathin agar mampu menyelesaikan permasalahan dengan pikiran yang tenang tanpa ada rasa stress.

Menyegerakan saat berbuka – Berbuka pertama kali santaplah makanan yang mengandung glukosa atau rasa manis sehingga mampu mengembalikan stamina tubuh kita seperti sediakala.

adversitemens

Makan secukupnya saat berbuka – mampu membuat dinding lambung tidak teregang kuat jadi akan mengurangi efek nyeri ketika berbuka setelah sekian jam lamanya kita berpuasa.

Usahakan jangan mengonsumsi obat dan makanan yang merusak lambung – Asam salisilat, makanan dengan adanya bahan pengawet di dalamnya, serta obat kalangan steroid mampu menghadirkan resiko rusaknya dinding lambung maka dari itu usahakan makan makanan yang aman. Apabila setelah berbuka puasa terasa mual maka kalian bisa minum minyak zaitun sebagai ganti antasida.

Demikianlah informasi Cara Puasa Yang Baik yang dapat kami uraikan untuk pembaca sekalian. Informasi Cara Puasa Yang Baik kami ambil dari sumber terpercaya dan Insya Allah shahih. Cara Puasa Yang Baik dari tuntunansholat ini amat sangat kami rekomendasikan untuk kalian terutama bagi penderita penyakit maag, serta Cara Puasa Yang Baik juga baik bagi orang yang sehat lainnya. Dengan mengikuti Cara Puasa Yang Baik Insya Allah puasa kitapun lancar hingga waktu buka tiba. Kami sebagai team tuntunansholat juga mengikuti anjuran Cara Puasa Yang Baik dari Rasulullah SAW agar puasa kami optimal dan afdol. Semoga kutipan Cara Puasa Yang Baik ini mampu membawa pengaruh positif pada hidup pembaca sekalian dan artikel tentang Cara Puasa Yang Baik diterima oleh pembaca sebagai pedoman ketika menjalankan puasa nanti. Simak artikel kami sebelumnya yang membahas Doa Menjenguk Orang Sakit. Jangan bosen dan enggan untuk tetap menunggu ilmu Islami terbaru dari tuntunansholat.

Advertisement
tags: , , ,