Tata Cara Sahur Yang Baik Agar Tidak Lemas Saat Puasa

Thursday, May 26th 2016. | Puasa
Advertisement

Tata Cara Sahur Yang Baik Agar Tidak Lemas Saat Puasa – Assalammu’alaikum pembaca setia tuntunansholat, bagaimana kabar kalian? semoga dalam keadaan sehat wal’afiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, allahumma ‘amiin. Masih membahas seputar puasa namun pada kesempatan yang apik ini kami akan lebih membahas mengenai Tata Cara Sahur Yang Baik. Cara Sahur Yang Baik akan membuat kita tetap segar sepanjang hari dan agar tubuh kita tidak terasa lemas saat menjalankan ibadah puasa. Tentunya dengan adanya Cara Sahur Yang Baik ini Insya Allah bisa memperlancar atau mempermudah jalannya puasa kita selama sebulan penuh. Tata Cara Sahur Yang Baik dari tuntunansholat ini cara jitu agar puasa kita afdol dan full. Cara Sahur Yang Baik sebelum melaksanakan puasa mampu mengoptimalkan puasa kita dengan kondisi tubuh yang fit serta tidak lemas karena dengan menggunakan tata Cara Sahur Yang Baik.

Cara Sahur Yang Baik

Tata Cara Sahur Yang Baik Agar Tidak Lemas Saat Puasa

Cara Sahur Yang Baik selain membuat tubuh tidak lemas mampu menjaga tubuh kita tetap sehat dan Insya Allah jauh dari penyakit saat Bulan Suci Ramadhan berlangsung. Berikut ini merupakan Tata Cara Sahur Yang Baik :

Advertisement

Cara Sahur Yang Baik pertama-tama yakni makanlah sesuai porsi normal kalian, jika makan terlalu banyak maka perut terasa kenyang dan justru membuat kalian merasa tidak nyaman. Selain itu akan menyebabkan kita mengalami dehidrasi dengan mudahnya jika kita terlalu kenyang. Dan jangan sekali-kali mengurangi porsi makan sahur kalian dari biasanya karena dapat membuat kalian mudah lemas dan kurang tenaga.

Berikutnya adalah konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Makanan karbohidrat kompleks ini memiliki kandungan yang mampu membantu badan kita untuk menyerap air lebih baik serta efisien, mampu membuat sistem pencernaan kita bekerja dengan pelan sehingga membuat kita kenyang untuk waktu yang cukup lama, menghasilkan cadangan tenaga yang mampu bertahan lama dan juga karbohidrat koompleks ini begitu mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Cara Sahur Yang Baik yang selanjutnya saat mengonsumsi hidangan tersebut usahakan mengunyah secara normal atau tidak terlalu cepat, sebab mampu membuat kadar gula pada darah terganggu jika mengunyah terlalu cepat. Tak hanya itu saja, tetapi mampu membuat kita merasa lapar lagi. Kalau saja kalian mengunyah makanan dengan ukuran normal maka tubuh akan menyerap nutrisi pada makanan dengan kurun waktu yang relatif normal serta proses penyerapan tadi berlangsung sempurna.

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh, dengan cara meminum air putih sebanyak-banyaknya saat sahur. Walaupun minuman yang terdapat kandungan gula lebih menghasilkan energi untuk tubuh tetapi energi tersebut akan segera menghilang dan badan kitapun akan mudah lemas serta merasa haus kembali. Maka dari itulah perbanyak minum air putih. Air putih sangatlah bagus untuk tubuh kita, karena sangat baik bagi kesehatan kulit, rambut dan seluruh anggota tubuh. Jika bosan dan ingin meminum minuman yang ada rasanya maka kalian dapat meminum jus buah atau jus sayur yang menyehatkan tubuh kita, seperti jus timun ataupun jus semangka. Karena buah tersebut memiliki kandungan air yang banyak, jadi kami sarankan untuk memilih buah yang kaya akan air.

adversitemens

Ringkasan dari artikel Tata Cara Sahur Yang Baik ini yakni ada empat cara yaitu perbanyak mengonsumsi air putih, makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, makan dengan porsi yang pas dan mengunyah dengan santai. Iktilah tata Cara Sahur Yang Baik ini agar kalian merasakan tubuh yang sehat dan nyaman saat akan menjalankan ibadah wajib puasa ramadhan.

Demikianlah akhir dari artikel Cara Sahur Yang Baik yang dapat tuntunansholat sajikan untuk pembaca sekalian, apabila ada salah kata kami selaku team redaktur mohon maaf dan jika ada kebenaran maka itu datangnya atas seizin Allah Yang Maha Pengasih. Semoga Tata Cara Sahur Yang Baik ini mampu mengarahkan kalian kearah yang lebih baik agar dapat menjalankan aktivitas keseharian serta ibadah dengan semestinya. Simak artikel kami yang lalu yaitu seputar Bacaan Niat Sahur Puasa. Dan jangan lewatkan kumpulan artikel Islami dari tuntunansholat yang hadir setiap harinya untuk menemani hari kalian dengan ilmu bermanfaat. Akhir kata Wassalammu’alaikum wr wb, jumpa esok hari dengan artikel lainnya ya.

Advertisement
tags: , , ,