Doa Dan Niat Berqurban Serta Pengertiannya

Tuesday, August 9th 2016. | Doa, Qurban
Advertisement

Doa Dan Niat Berqurban – Assalammu’alaikum umat Muslim yang dirahmati oleh Allah SWT, dengan senantiasa mengucap syukur Alhamdulillah semoga apa yang telah kita terima hari ini dapat terus kita nikmati hingga esok hari, amiin. Shawalat dan juga salam yang selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, dengan harapan dapat mengikuti jejak Rasul. Di hari yang indah ini ijinkan kami berbagi informasi lewat artikel Islami yang membahas  Doa Dan Niat Berqurban serta pengertiannya sehingga kelak saat tiba Bulan Dzulhijjah kita dapat memperingati Bulan Berqurban itu dengan baik sesuai syariat Islam. Jika kita dapat melaksanakan serangkaian ibadah pada Bulan Dzulhijjah maka Insha Allah kita akan mendapatkan keberkahan dan juga ampunan atas segala dosa yang tela kita perbuat. Seusai melaksanakan Shalat Idul Adha sesuai tata cara mengerjakan Shalat Idul Adha dan juga Niat Shalat Idul Adha yang sudah kami terangkan secara lengkap pada artikel sebelumnya. Kita melanjutkan bentuk ibadah pada Bulan Dzulhijjah ini sering dikenal dengan Berqurban. Simak artikel ini hingga tuntas agar kalian mengetahui pengertian dari berqurban, Doa Dan Niat Berqurban di bawah ini.

Doa Dan Niat Berqurban

Berqurban adalah salah satu ibadah dalam agama Islam, dimana umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk membeli binatang qurban, menyembelih pada Hari Raya Idul Adha dan juga membagikan hasil sembelihan tadi dengan maksud untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta yakni Allah SWT. Dalam ajaran Islam perintah berqurban ini memang wajib, hanya saja wajib bagi umat Muslim yang mampu. Jika tidak atau belum mampu maka tidak diwajibkan untuk berqurban, perintah berqurban ini serupa dengan menunaikan ibadah Haji. Adapun binatang qurban yang dibolehkan untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha adalah Unta, Kerbau, Sapi, dan Kambing. Terdapat keutamaan dan juga hikmah dari berqurban pada Hari Raya Idul Adha ini akan tetapi akan kita bahas pada artikel berikutnya, tetapi akan kita singgung sedikit. Keutamaan dari berqurban ialah kita menjalankan ibadah yang lebih dicintai oleh Allah SWT dan binatang yang diqurban tadi akan hadir pada Hari Kiamat.

Advertisement

Berikut ini merupakan perintah berqurban, antara lain :

Surah Al-Kautsar ayat 1-3

Doa Dan Niat Berqurban

 

Surah Al-Hajj ayat 36

Doa Dan Niat Berqurban

 

adversitemens

Rasulullah SAW bersabda bahwasanya “Suatu amal ibadah diterima ataupun ditolak oleh Allah SWT itu tergantung dari niatnya”. Jadi segala macam bentuk ibadah dalam agama Islam haruslah dilandasi dengan niat, jika kita sudah berniat Insha Allah ibadah kita akan diterima baik disisi Allah SWT, amiin. Dari pembahasan tadi maka dapat disimpulkan sebelum melaksanakan qurban pada Hari Raya Idul Adha ini haruslah didahulukan dengan Doa Dan Niat Berqurban. Melafadzkan Doa Dan Niat Qurban ini haruslah dengan hati yang tulus, ikhlas mengharap ridho Allah Ta’aala. Walaupun masih ada sejumlah kalangan yang melaksankan ibadah berqurban tanpa diawali dengan Doa Dan Niat Berqurban. Sebaiknya kita ikuti mana yang menurut kita benar saja, tentu ajaran dari Nabi Muhammad SAW benar adanya jadi kita seharusnya mengawali kegiatan ibadah tersebut dengan membaca Doa Dan Niat Berqurban agar mendapatkan keberkahan.

Bacaan Doa Dan Niat Berqurban :

Doa Dan Niat Berqurban yang diamalkan ketika kalian menyembelih binatang qurban milik pribadi sendiri.

Doa Dan Niat Berqurban

 

Doa Dan Niat Berqurban jika kalian menyembelihkan binatang qurban milik orang lain.

Doa Dan Niat Berqurban

 

Pada dasarnya Doa Dan Niat Berqurban haruslah dibaca demi kelancaran prosesi penyembelihan qurban dan juga mengungkapkan maksud serta tujuan kita berqurban kepada Allah SWT. Kalian dapat menghafalkan Doa Dan Niat Berqurban tersebut agar kelak pada saat kalian akan menyembelih kalian sudah memahami dan menjiwai makna dari peringatan Hari Raya Idul Adha. Niat Dan Doa Qurban ini menunjukkan bahwa rezeki yang kita peroleh datang dari Allah SWT dan dipersembahkan untuk Allah SWT dengan cara berqurban lalu berbagi dengan sesama pada Hari raya Idul Adha. Sungguh dengan adanya melafadzkan Doa Dan Niat Berqurban ini kita tentu akan mendapatkan pahala yang lebih di Bulan Penuh Keberkahan.

Terima kasih telah berkenan membaca artikel Doa Dan Niat Berqurban ini hingga tuntas. Kami selaku team tuntunansholat berharap kalian menjadi mengetahui Doa Dan Niat Berqurban, bukan hanya sekedar menyaksikan prosesi Qurban saja serta menyantap hidangan lezat. Dari bacaan Doa Dan Niat Berqurban tadi kita diajarkan untuk melakukan hal yang terpuji. Semoga bacaan Doa Dan Niat Berqurban tersebut bermanfaat serta dapat kalian lafadzkan pada waktu berqurban di Hari Raya Idul Adha. Jikalau terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam artikel ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, akan kami usahakan untuk lebih berhati-hati dan lebih baik lagi dalam menulis artikel. Tunggu dan simak artikel kami berikutnya yang pastinya akan membahas lebih banyak informasi Islami yang kami rasa kalian perlu mengetahuinya. Bilahi taufik walhidayah Wassalammu’alaikum.

Advertisement
tags: , , , ,