Pengertian Bacaan Doa Dan Cara berdoa Yang Baik

Sunday, June 19th 2016. | Doa
Advertisement

Pengertian Bacaan Doa Dan Cara berdoa Yang Baik – Manusia diberi hidup dan kehidupan oleh Alloh SWT agar selalu berusaha secara lahiriah dan batiniah . Yang dimaksud usaha secara batiniah adalah usaha yang disempurnakan dengan doa sebab segala usaha yang diimbangi dengan doa insya Alloh hasilnya lebih berkah dan bermanfaat. Maka marilah kita memperbanyak do’a sebab fungsi doa adalah untuk mengkabulkan usaha bagi manusia. Nabi SAW bersabda doa adalah senjata orang islam. Berdasarkan sabda nabi tersebut kemudian timbul pertanyaan apakah do’a semua orang islam dikabulkan oleh Alloh SWT? Berdasarkan sabda Nabi orang yang tidak melaksanakan sholat lima waktu do’anya tidak dinaikan kelangit dan tidak memperoleh bagian doa dari orang-orang sholeh. Jadi menurut sabda nabi tidak semua orang islam do’anya dikabulkan melainkan hanya doanya orang islam yang sholat lima waktulah yang do’anya dikabulkan.

Doa

Bagaimana agar doa kita dikabulkan oleh Alloh SWT? Antara lain:

1 .Kita berdoa harus yakin bahwa do’anya akan dikabulkan dan do’anya dilakukan dengan kusyu. Nabi  Bersabda berdoala kepada Alloh dengan penuh keyakinan bahwa do’amu pasti dikabulkan oleh Alloh Dan ketahuilah bahwa Alloh tidak berkenan menerima doa orang yang medo’a yang dilakukan dengan Hati lupa

Advertisement

2 .Kita yakin bahwa Alloh selalu dekat dengan hambanya sehingga do’anya akan dikabulkan Nabi bersab da apabila hambaku bertanya kepadamu (hai muhammad) tentang aku maka katakanlah kepada mere ka bahwa aku adalah dekat kepadanya dan aku akan memperkenankan doa orang-orang yang mendo’a ke padaku.

3 .Doanya dilaksanakan bersamaan waktunya pada sholat tahajud Nabi bersabda bahwasanya diwaktu Malam ada waktu yang apabila kebetulan ada seorang muslim yang memohon kepada Allah tentang sebuah kebajikan dunia dan ahiratnya pasti Alloh akan mengkabulkanya kepadanya.

4 .Sebelum berdoa memperbanyaklah sholat malam disertai do’a yang bermanfaat sepeti membaca Al-Qur’an, membaca solawat, istighfar, bertasbih dan lain-lain dengan harapan pada waktu berdoa bisa Bertepatan dengan waktu mustajab disebutkan dalam hadis sedekat-dekat waktu mustajab dengan hamba Alloh ialah pada tengah malam yang terahir.

5 .Sebelum berdo’a didahului dengan sholat hajat dan wirid hal ini juga dilakukan oleh orang soleh. Syeih Al imam abdulah bin ahmad bin mahmud An nasafy berkata didahulukannya ibadah sebelum berdoa  Sebagai perantara dahulu sebelum mengajukan permohonan (do’a) itu akan lebih dekat dikabulkan.

adversitemens

6 .Jangan mudah putus asa. Alloh berfirman janganlah kamu berputus asa dari rahmat Alloh kecuali  orang-orang kafir.

Berdasarkan petunjuk tata cara berdo’a diatas maka bersabarlah dalam menunggu dikabulkanya do’a dan janganlah berputus asa dalam berdo’a ulangi dan ulangi dalam berdoa bahwasanya Alloh akan mengabulkan do’a hambanya. Bila doanya belum dikabulkan sekarang bisa jadi doa itu dikabulkan waktu yang akan datang bisa jadi bagi Alloh pengkabulan do’a itu lebih aik diajukan atau diundur sesuai pertimbangan terbaik menurut Alloh. Ada kalanya do’a itu dikabulkan lantaran ditukar dengan terhindarnya bahaya atau bencana atau dengan diampuni dosa-dosanya. Dengan dikabulkanya doa lantaran hal-hal yang demikian manusia kadang pemikirannya tidak sampai pada ketingkat itu sehinga berprasangka do’anya tidak dikabulkan oleh Alloh. Nabi bersabda tiada orang berdoa melainkan pasti diterima do’anya oleh Alloh atau dihindarkan ia dari bahaya atau diampunkan ia swebagian dosanya selama iia tidak memohon untuk sesuatu yang mengandung dosa atau untuk memutus hubungan famili.

Demikian uraian do’a mudah-mudahan Alloh senantiasa mengkabulkan doa kita dan senantiasa mengampuni dosa-dasa kita.Amin. Sebagai tambahan, kami mempunyai informasi menarik mengenai Masjid Eropa Yang Memiliki Kubah Terbelah. Jika kalian tertarik untuk melihatnya bisa langsung lihat pada artikel sebelumnya di Tuntunan sholat. Cukup sekian dari kami dan sampai berjumpa kembali pada selanjutnya.

Advertisement
tags: , , , , ,