Syarat Sah Dua Kalimat Syahadat Dan Keterangannya

Monday, April 4th 2016. | Uncategorized
Advertisement

Syarat Sah Dua Kalimat Syahadat Dan Keterangannya – Selamat datang di Tuntunansholat.info, kembali bersama kami yang pada kali ini akan membawakan sebuah informasi yang penting seputar Islam. Kalin tenu sudah pasti tahu Dua kalimat syahadat?, yaa kalimat yang disebut dengan syahadat merupakan sebuah kalimat yang menandakan sebuah keislaman. Syahadat atau dua kalimat syahadat merupakan sebuah rukun Islam yang pertama. Dua kalimat syahadat merupakan sebuah tanda dari keislaman seseorang, orang tersebut belum dikatakan masuk Islam apa bila tidak mengetahui atau belum membaca Dua kalimat syahadat. Landasan utama dari islam merupakan Syahadat, dan juga merupakan ruh dari agama Islam.

Dua Kalimat Syahadat

Syahadat merupakan sebuah kata yang diambil dari bahasa arab yaitu syahadat yang memilii arti sebagai menyaksikan. Syahadat merupakan sebuah kalimat yang terdapat di dalam syari’at islam yang memiliki pengertian tentang sebuah pernyataan akan keesaan Tuhan pencipta semesta alam yaitu Allah SWT dan Muhammad yang merupakan utusan-Nya atau Rosul-Nya. Dua Kalimat Syahadat seringkali disebut juga dengan Syahadatin, karena di dalam kalimat syahadat terdapat dua kalimat yaitu :

Advertisement

Pengertian Dua Kalimat Syahadat :

Dua Kalimat Syahadat

Latin Dua Kalimat Syahadat :

Dua Kalimat Syahadat

Arti Dua Kalimat Syahadat :

Dua Kalimat Syahadat

Dua Kalimat Syahadat merupakan sebuah Dua kaliamat atau sebuah pengakuan yang di ucapkan dengan lisan dan kemudian di benarkan oleh hati kalian untuk menjadi diri orang Islam. Berikut ini akan kami jelaskan tentang makna dari Kalimat Syahadat :

adversitemens
  • Pengakuan Ketauhidan/ Syahadat Tauhid :
    Seorang muslim atau seorang pemeluk agama Islam hanya percaya kepada Allah sebagai satu-satunya Tuhan Dan tidak ada tuhan lainnya yang patut di sembah kecuali Allah SWT. Allah merupakan Tuhan dalam sebuah arti keagamaan yang menjadikan motivasi dan tempat tujuan hidup dari seseorang mulsim, hanya kepada Allah kita meminta dan mengharapkan pertolongan. Dengan mengucapkan dari kalimat syahadat yang pertaman, dapat diartikan bahwa anda telah memantapkan diri sebagai wujud untuk menjadikan Allah SWT sebagai tujuan dari hidup kalian, motivasi dan jalan hidup kalian.
  • Pengakuan Kerasulan/ Syahadat Rasul :
    Dengan mengikkrarkan Dua Kalimat Syahadat yang kedua maka anda telah menetapkan keyakinan di dalam hati anda dan yang ada di dalam jiwa kalian bahwa seluruh ajaran Allah dan  juga Agama Islam disampaikan melalui Nabi Muhammad SAW. Dengan meyakini pada semua yang telah di sampaikan melalui Al-Qur’an dan hadits-haditsnya makan sudah cukup sebagai ungkapan bahwa kalian telah yakin kepada Allah dan Rasulnya.Makna Lain Dari Syahadat.

Ikrar atau sebuah pernyataan yang kalian ucapkan bahwa telah menjadi seorang muslim atas apa yang sudah kalian yakini. Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat maka anda sudah memiliki kewajiban untuk menegakkan kalimat Allah dan memperjuangkan setiap kebenaran yang ada. Tingkatkanlah dalam memperbanyak amal kebaikan dan menjauhi semua hal yang buruk.

  1. Sumpah, yaitu bersumpah dalam setiap menerima resiko apapun itu dalam mengamalkan agama Islam. Bersiap untuk bertanggung jawab akan agamanya jika anda yang ingin menghancurkan agama Islam.
  2. Janji, Yaitu sebuah amanah untuk selalau mengamalkan ajaran-ajaran Islam dan selalu taat kepada perintah Allah SWT, seperti yang telah terkandung pada Ayat Al-Qur’an dan Hadis Rasul.

Makna Laa Ilaaha Illallah :

Dari sebuah kalimat tauhid yang bunyinya Laa Ilaaha Illallah ini mengandung dua makna yaitu penolakan dari segala bentuk sesembahan selain Allah dan juga ari yang menetapkan bahwa satu-satunya tuhan yang boleh disembah hanyalah Allah SWT.

Syarat Dua Kalimat Syahadat :

Dalam mengucapkan Dua Kalimat Syahadat ada sesuatu yang tanpa keberadaannya maka apa yang telah ia ikrarkan menjadi batal. Tanpa kalian memenuhi syarat-syarat tersebut makan Bacaan Dua Kalimat Syahadat pun menjadi tidak syah, dan berikut ini adlaah syarat-syarat Dua kalimat syahadat:

  • Keyakinan : Bila kaliamn masih memiliki rasa keraguan tentang agama Islam atau ketika sedang bersyahadat maka ikrar yang kalian jalankan tidak sah. Karena nantinya akan menjadi sia-sia, jika masih ada sedikit keraguan dalam keyakinan seseorang dalam meyakinkan sesuatu.
  • Keikhlasan : Kalian harus rela dan bersih dari apa yang betentangan dengan makna dua kalimat syahadat. Jika anda membaca dua kalimat syahadat dengan bercampur sifat ria atau sesuatu hal yang lainnya, maka syahadat yang kalian ucapkan tidak di terima oleh Allah SWT.
  • Pengetahuan : Ilmu yang ada di dalam syahadat meurupakan sebuah ilmu tentang keislaman diri. Jika anda tidak tahu arti yang terkandung dalam dua kalimat syahadat, maka sama saja anda tidak mengetahui tujuan hidup anda atau pilihan kaloian di dalam agama islam.
  • Kecintaan : Rasa yang muncul karena anda merasa cinta kepada Allah dan Agama Islam yang muncul dari dalam hati. Mencintai Allah maka ia juga mencintai rosul-rosulnya , dan Nabi Muhammad SAW.

Itulah tadi yang dapat kami berikan dari Dua Kalimat Syahadat entah itu dari syarat syahnya,dan pengertiannya yang telah kami berikan pada artikel diatas. Kami harap dengan anda membaca artikel kami kali ini kalian bisa lebih memaknai agama Islam dalam diri anda, dan tentunya lebih mencintai Allah SWT. Kami juga telah memberikan Bacaan Doa Iftitah yang telah kami berikan pada artikel berikutnya. Cukup sekian dari kami pada update kali ini, semoga bermanfaat, dan mohon maar jika anda hal yang kurang pas. Sampai jumpa lagi di Tuntunansholat.info

Advertisement
tags: , , ,