Kumpulan Fardhu Dan Sunah Mandi Wajib Beserta Doanya

Thursday, April 7th 2016. | Mandi
Advertisement

Fardhu Dan Sunah Mandi Wajib Beserta Doanya – tata cara yang wajib kita lakukan dan yang sunnah kita kerjakan saat mensucikan diri atau mandi wajib setelah selesai hadats besar (haidh bagi perempuan, mimpi basah bagi laki-laki,nifas ataupun melakukan hubungan suami-isteri). Lain jika kalian terkena hadats kecil, cara mensucikannya cukup dengan berwudhu saja. Tetapi berwudhu dengan cara yang benar, kami sudah mem-posting bacaan tentang tata cara berwudhu yang benar disertai dengan gambarnya tentu akan mempermudah kalian dalam memahami tata cara berwudhu yang benar. Kembali lagi ke fardhu dan sunnah menghilangkan hadats besar, fardhu mandi wajib merupakan tata cara yang wajib kalian lakukan, namun sunnah menghilangkan hadats besar apabila kalian kerjakan maka tak hanya menyucikan diri tetapi memiliki nilai plus atau nilai tambah dalam hal pahala, jika sunnah mandi wajib kita tinggalkan atau terlewatkan maka kalian tidak akan berdosa. Alangkah lebih baik jika fardhu dan sunnah mandi wajib yang kalian kerjakan imbang. Sehingga afdol tata cara mensucikan diri dari hadats besar. Secara garis besar menghilangkan hadats besar yakni mmbasuh seluruh tubuh mulai dari atas kepala hingga ujung kaki. Mandi wajib berasal dari bahasa arab yaitu al-ghusl yang artinya mandi untuk menghilangkan hadats besar. Yang membedakan junub dengan mandi biasa ialah terletak pada niatnya dan menghilangkan hadats besar biasanya dua kali lebih bersih ketimbang mandi biasa. Apabila kalian salah cara dalam menjalankan junub maka kalian harus mengulanginya dengan tata cara yang benar sesuai dengan fardhu dan sunnah junub yang kami posting ini sehingga junub kalian sah dan diterima, lalu suci kembali agar dapat menjalankan ibadah dengan semestinya. Seringkali orang mengatakan hadats besar itu mandi besar, menghilangkan hadats besar dengan mandi besar itu sama saja, sama sama bertujuan mensucikan diri setelah hadats besar dan niatnya pun sama. Adapun yang beranggapan bahwa mandi besar itu junub, memang sama hanya saja junub ialah mandi yang dilakukan setelah berhubungan suami-isteri. Namun banyak yang masih menggunakan doa kejawen, disini kami akan menjelaskan niat doa mandi wajib dengan versi Bahasa Arab. Berikut fardhu dan sunnah mandi wajib yang kami kemas dengan begitu epiknya

Mandi Wajib

Fardhu Mandi Wajib :

Yang pertama-tama kita lakukan adalah niat, niat mandi wajib dibaca didalam hati sambil membasuh badan.

Advertisement

Lafadz Niat Mandi Wajib  untuk menghilangkan hadats besar (haidh atau keluar mani) :

mandi wajib

Latin :

mandi wajib

Artinya :

adversitemens

mandi wajib

atau

mandi wajib

Latin :

mandi wajib

Artinya :

mandi wajib

Lafadz Niat Mandi Wajib disebabkan melakukan hubungan suami-isteri :

mandi wajib

Latin :

mandi wajib

Artinya :

mandi wajib

Lafadz Niat Mandi Wajib karena telah mengeluarkan darah setelah melahirkan / nifas :

mandi wajib

Latin :

mandi wajib

Artinya :

mandi wajib

Setelah membaca lafadz niat mandi wajib maka selanjutnya kita menyiram atau membasuk seluruh tubuh kalian dengan air bersih. Dengan cara meratakan air mulai dari seluruh rambut (kulit kepala) dan kulit badan kita tanpa terlewatkan satu anggota tubuh kita.

Terakhir kita diharuskan menghilangkan najis yang ada pada badan kita.

Sunnah Mandi Wajib :

Langkah pertama yakni menyiram semua kotoran dan najis yang ada di badan.

Berikutnya kita membaca lafadz “Bismillaahir-rahmaanir-rahiim”. Kemudian menghadap ke arah kiblat lalu membasuh atau membersihkan badan dengan mendahulukan badan bagian kanan hingga tiga kali, selanjutnya membersihkan badan bagian kiri sebanyak tiga kali juga. Tujuannya agar kotoran dan hadats yang ada di tubuh kita benar-benar hilang sehingga tubuh kita bersih seutuhnya.

Setelah itu kita dianjurkan untuk mengambil air wudhu, membaca niat wudhu dan doa sesudah wudhu. Wudhu disini sebagai sarana menyucikan diri yang terakhir sehingga kalian dapat langsung beribadah setelah selesai mandi wajib ini.

Demikian tadi ulasan singkat seputar fardhu dan sunnah mandi wajib yang sering terlupakan atau bahkan masih banyak kaum muslim yang belum mengetahui fardhu dan sunnah menghilangkan hadats besar karena terbiasa dengan bertanya kepada keluarga maupun kerabat bagaimana tata cara menghilangkan hadats besar walaupun belum tahu kebenarannya. Disini kami team tuntunansholat memberi informasi bermanfaat mengenai fardhu dan sunnah menghilangkan hadats besar agar kalian tidak salah lagi dalam menghilangkan hadats besar sehingga junub yang kalian kerjakan itu sah. Dan juga setelah junub kalian dapat menjalankan ibadah lainnya dengan tenang karena ibadah tersebut sah. Semoga bacaan dari kami mampu menuntun kalian para muslimin dan muslimat ke arah yang benar yang sesuai dari Al-Qur’an dan Hadist. Kemarin kami telah mem-posting Kumpulan Surat-surat Pendek yang lengkap jadi jangan kalian lewatkan informasi-informasi bermanfaat dan menarik lainnya dari kami ya.

Advertisement
tags: , , , , ,