Berbagai Macam Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Sunday, May 22nd 2016. | Puasa
Advertisement

Berbagai Macam Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan – Segala puji bagi Allah SWT, karena-Nya kami selaku team tuntunansholat masih bisa menghadirkan ilmu Islami menarik yang akan menambah dan memperluas wawasan Islami kalian tentunya, kali ini kita akan memfokuskan pada Hal Yang Membatalkan Puasa. Puasa sendiri memiliki maksud menahan diri dari rasa lapar dan hawa nafsu Hal Yang Membatalkan Puasa seperti kita ketahui pada umumnya belum tentu semua orang tahu bukan? Maka dari itulah kami akan memberitahukan Hal Yang Membatalkan Puasa kepada para pembaca sekalian agar mengetahui dengan baik serta menjadikan pedoman ketika puasa nanti. Ada berbagai macam Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan, nanti kami akan menginformasikannya secara rinci kepada kalian semua, jadi jangan kemana-mana tetap bersama tuntunansholat. Hal Yang Membatalkan Puasa ini mampu mengantisipasi agar kita terhindar dari hal tersebut. Tuntunansholat akan membahas Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa satu per satu sehingga kalian dapat memahami Hal Yang Membatalkan Puasa dengan seksama.

Hal Yang Membatalkan Puasa

Di bawah ini merupakan Hal Yang Membatalkan Puasa, antara lain :

Makan ataupun minum secara sengaja – Jika terjadi atas dasar kesengajaan maka puasa pun batal, sedangkan jika atas dasar lalai atau lupa atau pula tidak disengaja maka dimaafkan dan tetap dapat melanjutkan puasa sesuai anjuran Rasul SAW.

Advertisement

Muntah – Jika muntah itu karena faktor kesengajaan maka kalian wajib membayar qadha, tetapi jika tidak disengaja karena faktor kondisi tubuh yang sedang tidak prima ataupun sakit maka kalian tidak dikenakan sanksi untuk membayar qadha. Pernyataan tersebut team tuntunansholat petik dari sabda Rasulullah SAW.

Haidh – Kalau pada saat berpuasa tiba-tiba keluar darah atau menstruasi ataupun haidh maka puasa kalian batal, karena seorang wanita yang haidh tidak boleh mengerjakan sholat dan tidak berkenan puasa menurut Hadits Riwayat Bukhari.

Nifas – Pada saat setelah melahirkan bayi tentu seorang ibu mengeluarkan banyak darah. Itulah yang dinamakan nifas, maka dari itu menurut HR Bukhari menyampaikan bahwa Rasul kita bersabda “Bukanlah seorang wanita jika mereka haidh atau nifas tidak sholat dan tidak menjalankan puasa”.

Melakukan hubungan suami isteri – Secara sengaja berhubungan padahal sama-sama tengah menjalankan ibadah puasa, maka puasa mereka pun batal. Mengapa batal? karena puasa bukan hanya menahan diri dari rasa lapar tetapi juga hawa nafsu.

adversitemens

Dengan kata lain ada lima Hal Yang Membatalkan Puasa, lantas timbul pertanyaan baru seperti seputar pingsan, Apakah pingsan masuk Hal Yang Membatalkan Puasa? Menurut sumber yang shahih menyebutkan bahwasanya seseorang yang pingsan hingga pertengahan hari dapat melanjutkan puasanya dan hal itu tidak membatalkan puasanya karena pingsan itu tidak disengaja, tetapi jika ia ping selama sehari maka iapun tidak berdosa karena pingsan berarti tidak sadarkan diri. Lalu bagaimana jika ada orang tidur seharian? Apakah tidur terlalu lama termasuk kedalam Hal Yang Membatalkan Puasa? menurut narasumber, ketika seseorang ketiduran tentu tidak membatalkan puasa karena ada yang berkata bahwa tidur juga ibadah ketika berpuasa Ramadhan, tetapi sangat disayangkan kita melewatkan banyak waktu hanya untuk tidur padahal kita bisa gunakan waktu untuk beribadah seperti sholat, membaca ayat suci Al-Qur’an serta melafadzkan shalawat nabi. Jadi dengan tidur terlalu lama bukan termasuk kedalam Hal Yang Membatalkan Puasa hanya saja menyia-nyiakan waktu yang bisa digunakan untuk ibadah. Semoga artikel Hal Yang Membatalkan Puasa ini bermanfaat bagi pembaca di rumah. Terus tingkatkan ibadah kita agar kita mendapatkan ridho Allah SWT. Simak artikel kami sebelumnya yang Insya Allah bermanfaat dan mampu memperluas wawasan kalian seputar Puasa Ramadhan yakni tentang Hukum Puasa Ramadhan. Dengan demikian akhir dari perjumpaan kita hari ini, simak dan ikuti terus artikel terbaru dari tuntunansholat kumpulan artikel Islami menarik nan shahih.

Advertisement
tags: , , , ,