Pengertian Dan Makna Hari Raya Idul Fitri

Friday, June 24th 2016. | Hari Raya Idul Fitri/Idul Adha
Advertisement

Pengertian Dan Makna Hari Raya Idul Fitri – Alhamdulilah Hirobil Alamin, kali ini kami dapat berjumpa kembali bersama anda semua di Tuntunan Sholat. Pada kesempatan kali ini kami akan membawakan sebuah informasi yang sangat menarik di hari yang sangat di tunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia yaitu Hari Raya Idul Fitri. Kamirasa diantara anda semua ada yang sudah tahu lebih dalam mengenai Makna atau Pengertian dari Hari Raya Idul Fitri ini. Namun ada juga yang mungkin belum tahu, karena itu kami akan coba memberikan sebuah informasi mengenai pengertian Hari Raya Idul Fitri. Jika melihat dari sudut pandang kita sebagai umat muslim yang berwarga negaraan Indonesia, Hari Raya Idul Fitri atau yang di sebut juga dengan Lebaran, tentunya sangat identik dengan tradisi mudik, Halal Bil Halal, THR, Berkumpul dengan keluarga, kue lebaran, dan masih banyak yang lainnya. Namun apa sih makna sebenarnya dari Hari Raya Idul Fitri?. Untuk mengetahuinya kalian harus simak dengan baik artikel kami kali ini.

Hari Raya Idul Fitri

Pengertian Dan Makna Hari Raya Idul Fitri

Kami akan awali dari pengertian Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah hari raya umat Islam yang jatuh tepat pada tanggal 1 syawal dalam penanggalan hijriyah, Satu syawal ini ditentukan berdasarkan peredaran bulan tersebut. Maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa dapat jatuh di tanggal yang berbeda-beda pada setiap tahunnya apabila kita lihat dari penanggalan masehi. Untuk dapat menentukan tanggal 1 syawal memiliki cara yang bervariasi, sehingga boleh dibilang kita sebagai umat Islam yang merayakan pada tanggal masehi bisa berbeda-beda dari tahun sebelumnya.

Advertisement

Hari Raya Idul Fitri memiliki makna yang berkaitan dengan tujuan yang dicapai setelah kita berpuasa selama sebulan penuh, yang menunjukan bahwa manusia yang bertakwa. Jika kita melihat dai kata Id yang berasal dari kata aada-yauudu yang memiliki arti kembali, sedangkan untuk kata fitri bisa memiliki arti berbuka puasa untuk makan dan bisa berarti suci. Adajuga kata fitri yang memiliki arti buka puasa berdasarkan kata ifthar atau sighat mashdar dari aftharo yufthiru. Dan sesuai hadis dari Rasululiah SAW yang memiliki arti Dari Anas bin Malik: Taksekalipun Nabi Muhammad SAW. Pergi untuk shalat pada hari raya idul Fitri tanpa makan beberapa kurma sebelumnya. Dalam riwayatnya yang lain: Nabi Solaloh Alaihi Wasalam. Makan kurma dalam jumlah ganjil. HR Bukhari.

Sesuai dengan uraian yang telah kami berikan diatas, makna Hari Raya Idul Fitri adalah hari raya dimana kita sebagai umat Islam untuk kembali berbuka atau makan. Oleh karena itulah salah satu sunah sebelum kita melaksanakan shalat Idul fitri hendaknya kita makan atau minum walaupun sedikit. Hal ini mencerminkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal adalah waktunya berbuka dan haram hukumnya untuk berpuasa. Jadi hendaknya kita makan sesuatu atau minum sebelum melaksanakan Hari Raya Idul Fitri.

Sedangkan kata Fitri yang memiliki arti Suci atau bersih dari segala dosa, kejelekan, kesalahan, keburukan berdasarkan dari kata fathoro yafthiru dan sesuai hadis Rasulullah SAW yang artinya adalah Barang siapa yang melakukan puasa di bulan Ramadhan dengan berlandasan Iman dan semata-mata karena mengharapkan rodho dari Allah SWT, maka akan diampuni segala dosa-dosanya. Muttafaq ‘alayh. Dan Barang siapa yang menjalankan shalat malam pada bulan Ramadhan yang didasari iman dan semata-mata karena mengharapkan ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Muttafaq ‘alayh. Kita dapat menyimpulkan dari penjelasan di atas bahwa Hari Raya Idul Fitri bisa berarti kembalinya kita dalam keadaan suci, atau kebebasan dari segala dosa-dosa sehingga berada dalam keadaan suci atau fitrah.

Jadi yang dimaksud dengan Idul Fitri dalam konteks kali ini memiliki arti kembali kepada asal kejadiannya yang suci dan mengikuti semua petunjuk Islam yang benar. Bagi umat Islam yang telah lulus dalam melaksanakan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan akan diampuni dari segala dosa-dosanya sehingga menjadi suci seperti keadaan kita sewaktu bayi yang baru dilahirkan. Sebagai sabda Nabi SAW yang artinya adalah Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan suci.

adversitemens

Jadi kita sebagai umat Muslim harus taat dalam menjalankan puasa dibulan ramadhan yang diisi dengan kegiatan-kegiatan yang baik, seperti sholat malam, baca Al-Quran, bersodakoh, berbagi dengan sesama dan masih banyak lagi yang lain sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Mungkin cukup sekian dari kami tentang Pengertian Dan Makna Hari Raya Idul Fitri kali ini. Marilah kita saling memaafkan di hari kemenangan ini Taqoballahu minna waminkum Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan batin. Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya.

Advertisement
tags: , , ,