Hikmah Qurban Dan Hukumnya di Hari Raya Idul Adha

Friday, August 12th 2016. | Qurban
Advertisement

Hikmah Qurban Dan Hukumnya – Alhamdulillah puji syukur tak ada hentinya kita haturkan kepada Allah SWT, karena atas kuasa dan kehendak-Nya sehingga kami team tuntunansholat masih berkesempatan menyelesaikan artikel Hikmah Qurban. Shalawat dan salam yang tak pernah letih kita untuk selalu mencurahkannya kepada Nabi Muhammad SAW, semoga kita dapat meneladani semua hal baik yang ada pada Rasul. Barang siapa yang selalu bershalawat untuknya maka niscaya akan mendapatkan syafa’at pada Hari Kiamat. Di hari yang indah nan cerah ini kami selaku team tuntunansholat akan membawakan serangkaian informasi yang terkait dengan Hikmah Qurban, semoga kalian menyimak materi Hikmah Qurban berikut ini dengan baik agar dapat memaknai peristiwa Qurban. Silahkan scroll ke bawah terus untuk mengetahui Hikmah Qurban secara utuh yang tuntunansholat sajikan.

Hikmah Qurban

Sebelumnya kita ulas sedikit mengenai pengertian dari peristiwa Qurban Hari Raya Idul Adha. Dalam Bahasa Arab, Udhhiyah memiliki maksud hewan yang disembelih. Sementara itu, sebuah ritual dilakukannya penyembelihan binatang ternak seperti kerbau, sapi, kambing ataupun unta yang dipersembahkan untuk Allah SWT disebut dengan Berqurban. Dalam Islam kegiatan ibadah berqurban ini dilaksanakan pada Bulan Dzulhijjah yakni tepat pada Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha juga sering disebut sebagai Hari Raya Qurban di Indonesia.

Advertisement

Kemudian kami akan menyinggung tentang hukum dari Qurban adalah sunnah muakkad menurut ulama dari kalangan sahabat namun melaksanakan qurban sangatlah dianjurkan bagi mereka yang mampu. Mampu disini perlu digaris bawahi yang maksudnya mampu atau lebih dalam hal perekonomian. Berikut dalil Rasul mengenai berqurban yang perlu kita ketahui :

Hikmah Qurban

Nah, seusai membaca dalil tersebut tentu kita jadi lebih memahami kebaikan-kebaikan serta pahala yang terkandung dalam peristiwa penyembelihan binatang qurban. berqurban juga memiliki begitu banyak manfaat antara lain membantu sesama umat Muslim yang perekonomiannya di bawah kita agar dapat makan makanan enak seperti kita yang biasanya tidak dapat mereka beli. Oleh karenanya berqurban sangat dianjurkan bagi kaum Muslim yang mampu secara materi. Karena berbagi itu menyenangkan dan akan mendatangkan keberkahan yang diluar pemikiran kita serta rezeki yang datang tidak bisa kita duga-duga akan datang dari jalan mana.

Itulah tadi ulasan singkat mulai dari pengertian qurban, hukum qurban dan dalilnya, hingga sedikit ulasan mengenai manfaat dari berqurban. Sekarang kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai Hikmah Qurban. Hikmah Qurban memiliki arti manfaat, keutamaan serta kelebihan yang ita dapatkan jika kita sebagai umat Muslim melaksanakan qurban dengan baik dan benar sesuai syariat Islam yang berlaku. Jadi dengan membaca beberapa Hukum Qurban Dan Hikmahnya ini diharapkan mampu membuka mata kita untuk lebih menjiwai dan juga agar kita tergugah hatinya untuk ikut serta dalam kegiatan berqurban ini.

adversitemens

Sudah kita kemas dalam bacaan menarik agar kalian lebih mudah lagi dalam menangkap Hikmah Qurban. Berikut beberapa Hikmah Qurban :

  1. Pertama dalam Hikmah Qurban adalah sebagai pengingat akan nikmat karunia yang sudah Allah SWT beri kepada Nabi Ibrahim as dengan dibatalkannya penyembelihan putranya yakni Nabi Ismail as yang digantikan dengan seekor kambing yang datang dari surga atas seizin Allah SWT.
  2. Untuk berbagi rezeki yang sudah Allah SWT kasih kepada kita sebagai umat manusia ketika Hari Raya Idul Adha tiba merupakan Hikmah Qurban yang kedua. Hal ini tentu membuat warga yang kurang mampu dapat merasakan kebahagiaan dengan rezeki yang diperoleh pada Hari Raya Idul Adha berupa daging qurban. Rasulullah SAW bersabda Hari Raya Qurban merupakan hari untuk minum, makan dan juga berdzikir kepada Allah SWT diriwayatkan oleh HR Muslim.
  3. Hikmah Qurban yang terakhir ialah mampu mendatangkan rezeki yang lebih banyak untuk yang berqurban, karena setiap umat Muslim yang dengan ikhlas menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT maka akan mendapatkan balasan atau pahala yang berlipat ganda.

Demikian tadi Hikmah Qurban yang dapat kami sampaikan kepada pembaca setia tuntunan sholat. Semoga dengan membaca Hukum Qurban Dan Hikmahnya tadi, kalian bisa mengerti kebaikan yang terkandung dalam kegiatan ibadah Qurban. Mempelajari Hikmah Qurban juga dianjurkan bagi setiap umat Muslim. Jadi kalian termasuk dalam golongan umat Muslim yang baik jika sudah bersedia mempelajari Hikmah Qurban ini. Setelah selesai menyimah Hikmah Qurban, yuk simak kembali materi sebelumnya tentang Cara Niat Berqurban yang amat sangat dianjurkan bagi umat Muslim untuk mengetahuinya juga mempelajarinya agar pada saat menyembeli kita tau akan lafadz Niat Berqurban. Terima kasih telah berkenan menyimak artikel Hukum Qurban Dan Hikmahnya dari tuntunansholat hingga tuntas. Jika dalam artikel Hikmah Qurban ini terdapat kekurangan, kami selaku team tuntunansholat mohon maaf yang sebesar-besarnya, kami harap pembaca sekalian dapat memakluminya. Jumpa pada artikel-artikel Islami selanjutnya, jangan bosen menunggu kehadiran tuntunansholat.

Advertisement
tags: , , , ,