Inilah Keunikan Masjid Eropa yang Memiliki Kubah Terbelah

Saturday, June 18th 2016. | Uncategorized
Advertisement

Inilah Keunikan Masjid Eropa yang Memiliki Kubah Terbelah – Apakabar anda semua, kali ini tuntunan sholat mau berbagi informasi sedikit tentang keunikan di dunia ini. Untuk kesempatan kali ini kami tidak akan memberikan sebuah informasi atau ilmu islam seperti biasanya, melainkan sebuah hal unik yang ada kaitannya dengan Agama Islam. yaah kami akan bawkan Sebuah Keunikan Masjid Eropa yang memiliki Kubah Terbelah. Tentunya kalian juga penasaran dengan Keunikan Masjid Eropa ini bukan?, yaa memang sudah banyak yang membicarakan tentang Keunikan Masjid Eropa ini. Keunikan Masjid Eropa ini terletak di Kroasia, di daerah tersebut terdapat Masjid yang dinamai Masjid Zagreb. Keunikan Masjid Eropa atau Kroasia ini nampak karena memiliki bentuk kubah yang seolah-olah terbelah menjadi dua. Jika dibilang masjid ini merupakan dampak dari perkembangan arsitektur dunia?, itu tidak termasuk, karena masjid ini sudah berdiri cukup lama.

Keunikan Masjid Eropa

Masjid Zagreb berlokasi di wilayah Gavellian ul 40, 10000. Sesuai dengan namanya yaitu Masjid Zagreb, membuat masjid ini tidak jauh di sekitar kota Zagreb, atau lebih tepatnya adalah Ibukota dari negara Kroasia. Walaupun letaknya berada di daerah pinggiran Kroasia, namun Masjid Zagreb ini sangat mudah untu ditemukan, karena Keunikan Masjid Eropa ini yang membuatnya banyak diketahu oleh orang-orang.

Advertisement

Keunikan Masjid Eropa yang Memiliki Kubah Terbelah

Jika kita melihat dari situs pariwisata kota Zagreb, Keunikan Masjid Eropa ini menjadi salah satu tempat yang harus dituju bagi para wisatawan Muslim. Sebenarnya dulu kota Zagreb sudah pernah memiliki masjid, namun telah dihancurkan oleh Uni Soviet pada jaman Perang Dunia II. Menurut dari sejarahnya Masjid Zagreb sudah di bangun sejak 7 tahun yang lalu. Yaitu tepatnya telah diresmikan pada tahun 1987.

Masjid Zageb ini memiliki letak yang berada di dalam sebuah komplek Islamic Center di Kota Zagreb, yang memiliki luas wilayahnya mencapai 10.000 meter persegi. Masjid Zagreb ini sengaja di bangun atas keinginan para umat Muslim yang bertempat tinggal di Kroasia, kemudian saat membangun Masjid Zagreb, masyarakat Kroasia mendapat bantuan dana dari umat Muslim di dunia. Dan menurut beberapa berita bahwa Sheikh Sultan bin III Muhammad Al Qasimi yang merupakan seorang pemimpin Uni Emirat Arab atau UEA telah menymbangakan sebesar $ 2,5 juta supaya masyarakat muslim di Kroasia dapat membangun Islamic Center di area Masjidnya.

Keunikan Masjid Eropa

Sedikit membicarakan soal Islam di wilayah Kroasia, para umat Muslim di wilayah Kroasia awalnya adalah sekumpulan orang para pendatang dari Bosinia yang tepatnya pada abad ke 18. Di negara yang merupakan pecahan dari Yugoslavia ini memiliki 6 juta dari penduduknya hanya 1,5 persen saja penduduknya yang memeluk Agama Islam.

adversitemens

Sekarang kita kembali ke Masjid Zagreb yang memiliki Keunikan Masjid Eropa. Bisa dibilang masjid ini merupakan sebuah Masjid terbesar di Kroasia. Dengan memiliki dua lantai, untuk lantai satu dikususkan untuk para jamaah pria, dan lantai keduanya atau sisanya di atas untuk jamaah wanita. Jadi ketika kalian berkunjung di masjid tersebut tidak salah dalam melaksanakan ibadah sholat kalian.

Keunikan Masjid Eropa

Untuk Arsitektur Masjid Zagreb ini telah dirancang oleh seseorang arsitek yang bernama Mirza Golos, yang merupakan seorang arsitek yang berasal dari Bosnia. Ketika itu Marza memiliki ide yang unik, supaya masjid yang berada di Kroasia ini memiliki ciri khas dan mudah untuk dikenali orang-orang.

Masjid Zagreb ini memiliki menara menjulang tinggi yang memiliki ukuran tinggi hingga 42 meter. tetapi bukan itu yang menjadi ciri khasnya, melainkan Keunikan Masjid Eropa ini terletak pada bagian kubahnya. Kubah ini bukanlah kubah biasa, coba perhatikan pada bagian kubah yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau tersebut memiliki bentuk yang seakan-akan terbelah, namun di bagian tengahnya pada salah satu sisinya memiliki ukuran yang lebih tinggi. Siapa saja yang melihat bentuk kubah dari bentuk Masjid Zagreb Yang Unik ini pasti memiliki kekaguman karena betuk kubah dari masjid ini yang menjadi ciri khasinya.

Keunikan Masjid Eropa

Jika kita melihat pada bagian dalam Masjid ini, kalian akan merasakan keindahan ukiran kaligrafi yang menghiasi steiap dinding-dindingnya. pada bagian imam telah terdapat ukiran Ayat Kursi yang memiliki bentuk melingkar dan terlihat indah.

Dari masa ke masa Masjid Zagreb ini selalu ramai di setiap harinya. terutama pada hari Jum’at. Terlebih lagi pada saat Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, ada banyak kegiatan yang berupa pembelajaran Islam hingga sampai bazar di Islamic center. Naah itulah tadi penjelasan mengenai Keunikan Masjid Eropa yang telah kami berikan untuk kalian semua. Dan bagi anda yang berpergian ke Kroasia, jangan lupa mampir untuk mengunjungi Masjid Zagreb ini yang memiliki kubah unik. Dan ketika kalian memasuki Masjid Zagreb ini jangan lupa untuk Membaca bacaan Doa Masuk Masjid dan ketika keluar kalian juga Membaca Bacaan Doa Ketika Keluar Dari Masjid. apabila kalian belum mengetahuinya bisa simak artikel kami sebelumnya tantang bacaan doa keluar dari Masjid. Mungkin cukup sekian untuk Tuntunan Sholat Kali ini dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Advertisement
tags: , , ,