Keutamaan Dan Amalan Bulan Dzulqa’idah

Saturday, July 23rd 2016. | DzulQa'idah
Advertisement

Keutamaan Dan Amalan Bulan Dzulqa’idah – Bissmillahir-rohmanir-rohiim, Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Alhamdulillahi robbil’alamiin washolatu wasalamu ‘ala asrofil ambiyai wal mursalin wa’ala alihi wasohbihi ajma’in ama ba’du. Puji syukur atas segala nikmat yang sudah kita peroleh hari ini sehingga pada kesempatan yang epik seperti saat ini kita masih dapat berjumpa kembali untuk berbagi informasi dan pembaca sekalian masih bisa untuk menyimak artikel-artikel Islam dari kami secara langsung dengan membuka website kami. Shalawat nan salam semoga selalu tercurahkan kepada suri tauladan kita yaitu Nabi Muhammad SAW, yang telah mengantar kita dari jaman jahiliyah menuju jaman yang serba modern seperti saat ini. Hari ini tuntunansholat akan membahas tentang Amalan Dan Keutamaan Bulan Dzulqa’idah, dimana terdapat keutamaan dari Bulan Dzulqa’idah dengan berbagai amalan-amalan pada Bulan Dzulqa’idah ini. Semua tentang Bulan Dzul qa’idah ini akan kita bahas secara mendalam, jadi jangan pindah ketempat lain karena kami telah menyajikan materi Bulan Dzulqa’idah ini secara lengkap dan sudah kita kemas sedemikian rupa agar kalian tidak bosan ketika membacanya.

Dzulqa'idah

Bulan Dzulqa’idah adalah sebuah bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, dimana Bulan Dzulqa’idah ini menempati posisi bulan pertama yang dimuliakan dan tertera dalam kitab suci Al-Qur’an. Bulan Dzulqa’idah juga disebut sebagai bulan dimana dapat diijabahnya doa bagi orang yang mengalami kesulitan khususnya, pernyataan ini diriwayatkan oleh Sayyid Ibnu Thawus. Ketika Bulan Dzul qa’idah ini hadir, maka kebaikan dilipat gandakan namun begitu juga dengan keburukan. Jadi kita harus waspada dan tetap istiqomah di jalan-Nya.

Advertisement

Keutamaan dari Bulan Dzulqa’idah, yakni sebagai berikut :

  1. Ketika seorang muslim mengerjakan shalat selama Bulan Dzulqa’idah, maka shalatnyapun diterima.
  2. Jika seorang muslim bertaubat pada Bulan Dzulqa’idah ini maka taubatnya diterima oleh Allah SWT.
  3. Segala dosa pun diampuni.
  4. Jika seorang muslim meninggal dunia pada Bulan Dzulqa’idah maka meninggalnya pun dalam keadaan beriman kepada Allah SWT, kuburannyapun diluaskan serta dalam keadaan yang terang meski di alam kubur.
  5. Ketika sedang sakaratul maut, maka sakaratulnya akan dikasihi oleh Malaikat dan ruh akan dicabut dari jasad dengan begitu mudah tanpa rasa sakit.
  6. Pintu rezeki dibuka dan rezekipun akan diperluas.
  7. Allah SWT meridhoi kedua orang tuanya dan mengampuni segala dosa kedua orang tuanya.
  8. Musuh-musuhnya ridho akan hari kiamat.
  9. Agamanya tidak dicabut darinya.

Sedangkan bentuk amalam yang bisa kita lakukan pada Bulan Dzulqa’idah ini seperti yang tertera di bawah ini :
Amalan yang dilakukan pada hari pertama di Bulan Dzulqa’idah adalah mandi sunnah, kemudian dilanjut dengan menyucikan diri atau berwudhu.

Setelah itu, kerjakanlah shalat sunnah empat rakaat dengan dua kali salam. Lakukan shalat sunnah ini seperti shalat lainnya, hanya saja setiap rakaat seusai kita melafadzkan surat Al-Fatihah, kita lanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas bacalah sebanyak tiga kali, kemudian surat An-Naas sejumlah tiga kali dan  sekali saja mengucapkan surat Al-Falaq. Seusai melaksanakan shalat sunnah tersebut, maka kita lanjut dengan berdzikir mengucap lafadz istigfar sebanyak tujuh puluh kali.

Berikutnya setelah selesai melafadzkan kalimat istigfar tadi kita membaca bacaan dibawah ini :

adversitemens

 

Dzulqa'idah

 

Dzulqa'idah

Amalan pada Bulan Dzul Qa’idah lainnya ialah berpuasa selama tiga hari berturut-turut pada hari Kamis, Jum’at dan Sabtu. Karena diriwayatkan pada ketiga hari tersebut Allah SWT telah mencatat ibadah tersebut selayaknya umat tersebut beribadah selama 900 tahun lamanya. Maha Suci Allah, hanya dengan tiga hari saja kita bisa memperoleh pahala senilai ibadah yang lama sekali.

Selanjutnya, bentuk amal ibadah yang dapat kita kerjakan ketika Bulan Dzulqa’idah ini yakni perbanyak berdoa dan memohon kepada-Nya, karena sesungguhnya Allah SWT akan memberi hajat yang kita mohonkan kepada-Nya.

Ketika malam tanggal 15 Dzulqa’idah Allah SWT dengan rahmat-Nya memandang hamba yang mukmin dan memberi seratus pahala bagi hamba yang beramal sholeh dalam rasa taat kepada-Nya.

Sedangkan pada tanggal 23 Dzulqa’idah, amalan yang kita lakukan yakni berziarah kepada Imam Ali Ar-Ridha s.a. dari dekat maupun dari kejauhan.

Amalan pada Bulan Dzul qa’idah berikutnya seperti bangun pada malam hari untuk melakukan ibadah seperti shalat malam, berdoa, berdzikir serta membaca beberapa ayat suci Al-Qur’an. Apabila kalian mengerjakan ibadah pada malam Bulan Dzul qa’idah ini maka akan memperoleh pahala yang tak terhingga, tepatnya malam tanggal 25 Dzulqa’idah yaitu malam yang mulia karena malam Bumi dibentangkan oleh Allah SWT dari bawah Ka’bah di atas air.

Selain shalat malam, berpuasa, mandi sunnah dan berdzikir ternyata masih ada amalan yang dapat kita lakukan pada Bulan Dzul Qa’idah, yakni mengerjakan shalat dua rakaat pada waktu Dhuha. Lakukan seperti shalat sunnah pada umumnya , hanya saja ketika usai membaca surat Al-Fatihah maka kita lanjutkan membaca surat Asy-Syams sebanyak lima kali lalu setelah shalat selesai kita lanjut dengan membaca lafadz La haula wala quwwata illa billahil ‘aliyil ‘azhim. kemudian membaca doa berikut :

Dzulqa'idah

Nah, itulah tadi amalan-amalan yang dapat kita lakukan ketika Bulan Dzul qa’idah tiba. Persiapkan diri menyambut Bulan penuh berkah dan ampunan tersebut. Semoga setelah Bulan Dzulqa’idah kitapun tetap taat bertaqwa kepada Allah SWT, Allahumma amiin. Demikianlah artikel seputar Bulan Dzulqa’idah yang dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian, apabila terdapat kekurangan kami mohon maaf karena kami hanya manusia biasa dimana letak kesalahan bermuasal. Namun jika dalam artikel Bulan Dzulqa’idah ini terdapat beberapa kelebihan makan itu datangnya atas Kuasa Allah SWT. Simak artikel kami sebelumnya yang membahas Syarat Syah Dan Hukum Khutbah Shalat Jum’at, semoga kalian kaum adam membacanya agar lebih mengetahui shalat yang kalian kerjakan dan untuk kaum hawa juga perlu mempelajarinya untuk bekal mengajari anak-anak cerdas nan sholeh berasal dari ibu yang baik tentunya. Terima kasih telah menyimak tuntas artikel Islami dari tuntunansholat ini, Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Advertisement
tags: , , , ,