Kumpulan Hukum Hukum Islam Dan Penjelasannya

Sunday, April 24th 2016. | Sholat
Advertisement

Kumpulan Hukum Hukum Islam Dan Penjelasannya – Hukum Islam berpedoman dari Al-Qur’an atau lembaran-lembaran Suci yang telah Allah turunkan untuk petunjuk hidup hambanya. Hukum Islam bisa dijelaskan sebagai cara kita memandang suatu hal dengan keyakinan yang kita miliki dan berpedoman dari Kitab Suci Al-Qur’an. Pada kesempatan yang epik ini kami team tuntunansholat akan menyajikan informasi lengkap seputar kumpulan Hukum Islam. Hukum Islam juga dapat dimaksudkan sebagai patokan kita dalam melaksanakan ibadah ataupun ibadah dari sudut pandang agama Islam, yang kita percayai dengan benar dan yakini sepenuh hati agar kita tidak ragu dan segan untuk beribadah dan melakukan aktifitas lainnya. Serta mengandung penjelasan apa yang boleh dan tidak kita lakukan, apa yang baik dan buruk bagi kita, karena Islam sangat memperhatikan hal itu. Adapun ulama yang mengatakan bahwa Hukum Islam yakni tata cara hidup kita sesuai dengan syariat Islam. Begitu banyak pendapat seputar Hukum di dalam Islam, namun pada intinya Hukum Islam mengarahkan kita agar lebih jelas dan yakin pada saat akan beribadah ataupun menjalankan kegiatan sesuai syari’at Islam. Fungsi Hukum Islam yaitu : fungsi sosial atau aturan bertujuan untuk kemajuan umat manusia, agar terdapat perubahan dari yang buruk mengarah ke yang lebih baik lagi dengan adanya Hukum ajaran Islam ini. Tentunya Hukum Ajaran Islam sangat membantu kita sebagai umat manusia untuk bertindak seperti tujuan dari Hukum ajaran Islam berikut menurut Abu Zahroh : mampu membuat manusia menjadi bijaksana dan berbuat kebajikan, bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, mengarahkan kepada kebenaran, mampu menegakan keadilan, meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, menjauhi hawa nafsu yang bersifat merugikan, serta dapat mewujudkan kemaslahatan yang baik. Simak lebih dalam lagi seputar Hukum ajaran Islam di bawah ini yang pasti dapat membuka cakrawala kalian dan makin mencintai Islam karena sesungguhnya Allah telah mengatur semua dengan detail. Berikut adalah Hukum Islam yang kami kemas dengan sebegitu singkat nan padat materi.

Hukum Islam

Hukum Hukum Islam

  1. Pertama yakni Hukum Islam Wajib, dikatakan wajib karena jika kita mengerjakannya maka akan mendapatkan ridho dan pahala lalu jikalau kita meninggalkan maka kita akan berdosa. Hukum Islam Wajib dibagi menjadi dua, yakni :
    – Wajib ‘ain, sebab suatu perkara tersebut  harus dilakukan oleh setiap muslim, contoh : sholat fardhu lima waktu dan puasa pada bulan Ramadhan.
    – Wajib kifayah, suatu kewajiban yang cukup jika dikerjakan oleh sebagian dari muslim, tetapi berdosa jika tidak ada satupun yang menjalankannya, contoh : sholat mayit dan menguburkan mayit.
  2. Kedua adalah Hukum Islam Sunnah, suatu perkara yang ketika kita mengerjakannya maka mendapat pahala jika tidak mengerjakannya maka kita tidak berdosa.  Sunnah pun dibagi menjadi dua, yaitu :
    – Sunnah Mu’akad, sangat dianjurkan untuk umat muslim kerjakan seperti sholat tarawih, sholat hari raya idul fitri dan sholat hari raya idul adha.
    – Sunnah Ghairu Mu’akkad, sunnah yang tidak dikuatkan. Rasulullah SAW pun terkadang mengerjakan dan terkadang meninggalkan. Contohnya sholat sunnah rawatib dan sholat dhuha.
  3. Ketiga yaitu Hukum Islam Haram, dikatakan haram apabila suatu perkara ketika kita tinggalkan kita akan mendapatkan pahala dan jika kita mengerjakannya maka kita berdosa, contohnya : berdusta, durhaka kepada kedua orangtua, minum-minuman keras dan lain-lainnya.
  4. Keempat ialah Hukum Islam Makruh, dikatakan makruh jika kita kerjakan akan dapat pahala namun jika tidak maka tidak mendapatkan apa-apa.
  5. Terakhir yakni Hukum Islam Mubah, mubah itu merupakan suatu perkara yang jika kita kerjakan ataupun tidak kita kerjakan kita tidak mendapat apa-apa.

Demikian tadi Hukum Ajaran Islam yang dapat kami jelaskan secara singkat namun semoga kalian mudah untuk memahami kumpulan Hukum-Hukum yang ada di ajaran Islam. Kami harap bacaan tadi bermanfaat bagi pembaca yang kurang memahami dengan betul seputar Hukum ajaran Islam, nah tadi sudah kami jelaskan dengan baik. Silahkan amalkan ilmu yang telah kalian serap dari Kumpulan Hukum-Hukum Ajaran Islam dan Penjelasannya tadi agar ilmu ini tidak berhenti dan terus mengalir. Simak artikel kami lainnya seperti Bacaan Surat Al-Aadiyat Az-Zalzalah Al-Bayyinah. Tunggu artikel-artikel kami lainnya yang Insya Allah diambil dari sumber yang shahih, informatif serta akurat.

Advertisement

Advertisement
tags: , , , , ,