Lafadzh Bacaan Surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah Beserta Artinya

Thursday, April 21st 2016. | Doa, Sholat
Advertisement

Lafadzh Bacaan Surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah – Puji syukur atas rahmat dan karunia Allah SWT kami selaku team tuntunansholat dapat hadir dihadapan para pembaca setia tuntunansholat dengan bacaan surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah. Pada kesempatan ini kami akan membahas ketiga surat ini secara mendalam dengan menyajikan lafadzh bacaan surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah, penjelasan surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah dan juga terjemahan dari lafadzh surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah. Bacaan surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah ini termasuk surat-surat pendek, kalian dapat melafadzkannya pada saat kalian melakukan ibadah sholat baik itu sholat sunnah ataupun sholat fardhu. Bacaan surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah memiliki arti tersendiri dan makna dalam sejarah asal mula munculnya surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah. Tentu kalian pernah mendapatkan materi seputar surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah pada saat kalian sekolah baik itu Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama. Nah, bagi kalian yang lupa akan penjelasan dan arti terjemahan dari surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah ini kalian dapat menyimak dengan sungguh-sungguh artikel dari tuntunansholat. Kalian akan sangat menyesal jika tertinggal informasi penting seputar surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah.

Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah

Surat Quraisy berasal dari dua suku kata yakni “Bani Quraisy”, surat ke 106 pada Al-Qur’an¬† yang terdiri dari 4 ayat suci serta tergolong surat makkiyah karena surat Quraisy ini diturunkan di kota Mekkah, semua surat yang dikehendaki untuk turun ke dunia ini oleh Allah SWT di kota Mekkah disebut atau digolongkan sebagai surat makkiyah dan salah satunya surat Quraisy ini. Surat Quraisy ini menggambarkan tentang kaum quraisy yang mendapat amanah menjaga ka’bah dan kewajiban yang harus kaum quraisy penuhi. Yuk simak lebih lanjut lagi dengan membaca lafadzh surat Quraisy dan artinya di bawah ini.

Advertisement

Lafadzh Surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah

Surat Quraisy :

Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah

Artinya :

Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah

Kalau surat Quraisy menceritakan tentang suku Quraisy dan kewajibannya, maka lain cerita dengan surat Al-Fiil. Berawal dari pasukan gajah yang akan menyerang serta meratakan rumah Allah yakni Ka’bah. Warga kota Mekkahpun ketakutan, saat itulah Allah SWT menurunkan burung-burung sebagai wujud pertahanan terhadap serangan pasukan gajah tersebut. Ketika terjadinya penyerangan pasukan gajah di bawah pimpinan Raja Abrahah ke kota Mekkah ini lahirlah Nabi Muhammad SAW karena itulah tanda awal kenabian beliau. Surat AL-Fiil ini berisi 5 ayat suci yang merupakan surat ke 105 terdapat dalam Kitab Suci umat Islam yakni Al-Qur’an. Surat yang satu ini juga tergolong ke dalam surat makkiyah. Jadi kesimpulannya gagalnya misi penghancuran rumah Allah atas perintah Abrahah Raja Yaman yang mengirimkan 60.000 tentara dengan pasukan gajah sebanyak 13, kegagalan ini atas kehendak Allah SWT. Allahu Akbar hanya Allah yang bisa menghentikan kejahatan itu. Silahkan pahami dengan seksama arti dari ayat demi ayat surat Al-Fiil di bawah ini yang telah kami siapkam untuk pembaca setia tuntunansholat.

adversitemens

Surat Al-Fiil :

Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah

Artinya :

Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah

Berbeda dengan Surat Quraisy dan Al-Fiil, surat Al-Humazah membahas tentang ancaman dari Allah SWT yang tertuju kepada orang yang suka mencela, mengumpulkan harta tetapi enggan untuk berbagi serta suka mengumpat. Kata Al-Humazahpun memiliki makna pengumpat yang diampil dari potongan ayat pertama dalam surat Al-Humazah ini. Surat Al-Humazah ini berisi 9 ayat suci yang merupakan surat ke 104 dalam Kitab Suci Al-Qur’an. Surat Al-Humazah ini tergolong sebagai surat makkiyah. Nah, mari kita baca dan simak kepingan ayat demi ayat suci di bawah ini disertai arti terjemahnya sehingga kita dapat memahami dan memaknai dengan seksama.

Surat Al-Humazah :

Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah

Artinya :

Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah

Demikian bacaan singkat nan padat seputar lafadzh bacaan Surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah yang dapat kami sajikan atas seizin dan kehendak Allah SWT. Semoga kalian dapat memetik hikmah dan menyaring suatu hal baik dari lafadzh bacaan Surat Quraisy Al-Fiil dan Al-Humazah telah kami berikan tadi. Jangan lupa untuk mengamalkannya dan mengaplikasikannya pada kehidupan ini ya maka Insya Allah kalian akan mendapatkan kemudahan dalam hidup dunia dan akhirat kelak jika bertaqwa kepada Allah SWT. Simak bacaan kami yang terdahulu dengan tema Arti Makna Hasbunallah Nikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir. Sekian banyak bacaan dzikir ini salah satunya yang kaya akan kekuatan perlindungan kita dari segala cobaan dan jika kita membacanya niscaya Allah SWT akan memudahkan segala jalan serta urusan kita. Tunggu dan simak selalu bacaan dari tuntunansholat yang Insya Allah bacaan kami berasal dari sumber terpercaya dan shahih.

Advertisement
tags: , , ,