Pengertian Tentang Terjadinya Malam Lailatul Qodar

Tuesday, June 21st 2016. | Lailatul Qadar
Advertisement

Pengertian Tentang Terjadinya Malam Lailatul Qodar – Bulan ramadlan bulan penuh ampunan dan mafiroh bulan turunnya lailatul qodar, sebuah malam yang di tunggu-tunggu oleh jutaan umat muslim di dunia. Bagi anda yang belum mengetahi tentang penjelasan lailatul qadar, disini kami akan coba menjelaskannya untuk anda semua. Malam lailatul qadar merupakan sebuah malam yang terdapat beberapa peristiwa penting diantaranya sebagian ayat Al-qur’an  turun di Baitul izzah itu pada malam lailatul qodar, ampunan dosa manusia setahun yang lalu dan dosa setahun yang akan datang dilakukan pada malam lailatul qodar, buku catatan nasib manusia untuk setahun yang akan datang diserahkan kepada malaikat pada malam lailatul qadar hal ini termaktub dalam kitab TAFSIRRUSHAWI jus IV  halaman 320 bahwa prmulaan takdir (ditentukan) pada malam nisfu sa’ban sedang diserahkanya buku catatan itu kepada Malaikat adalah pada malam lailatul qodar

Lailatul Qodar

Sedangkan untuk turunnya malam lailatul qodar pada sepuluh hari terakhir di bulan ramadlan, hal ini dibuktikan dengan sebuah penjelasan oleh Rosulullah SAW bahwa supaya mendapatkan malam lailatul qadar pada hari-hari kesepuluh  beliau lebih rajin dalam melaksanakan ibadah dibanding dengan malam-malam lainya karena pada malam-malam tersebut  Alloh SWT menurunkan lailatul kodar, hal ini diperkuat dengan perkataan Aisyah r.a  bahwa Nabi SAW jika memasuki  malam-malam kesepuluh ahir bulan ramadlan mempererat ikat kainya dan bangun semalam suntuk dan membangunkan keluarganya. Maksudnya pada malam-malam itu lebih rajin melaksanakan ibadah.

Advertisement

Pengertian Tentang Terjadinya Malam Lailatul Qodar

Hubungannya dengan lailatul qadar Nabi SAW bersabda carilah lailatul qodar pada malam ke sepuluh di bulan terakhir saat ramadhan atau yang ganjil yaitu malam 21, malam 23, malam 25, malam 27, malam ke29 atau pada malam terakhir di bulan ramadhan maka siapa yang bertepatan bangun sembahyang malam karena iman dan mengharapkan sebuah pahala maka akan diampuni setiap dosa-dosanya yang telah lalu dan dosa-dosa yang akan datang.Setelah adanya perintah dan petunjuk dari Nabi SAW tentang waktu turunya lailatul qadar maka banyak umat islam yang berpuasa rajin mengamalkan ibadah dimalam hari bulan ramadhan agar mendapatkan lailatul qodar, hal ini sering terjadi lailatul qadar jatuh pada malam kedua puluh tujuh . Nabi bersabda siapa yang mencari lailatul qodar carilah pada malam kedua puluh tujuh.

Sedangkan tanda-tanda dari malam lailatul qadar antara lain malam lailatul qodar itu malam yang cerah (terang) tiada dingin tiada panas hawanya, tiada awan tiada hujan, tiada  angin tiada bintang-bintang tidak terlemparkan sedang pagi harinya terbitnya matahari tanpa sinar (hanya tampak terang  putih tapi tidak panas).

Suatu hari Aisyah r.a bertanya tentang doa lailatul kodar kepada Nabi SAW ya Rosululloh bagaimana jika aku menemukan malam lailatul qadar lalu apa yang akan kubaca? Nabi SAW bersabda bacalah ALLOHUMMA  INNAKA NGAFUWWUN TUCHIBBUL NGAFWU NGANNI yang artinya adalah : ya Allah engkau pemaaf dan suka memaafkan maka maafkanlah aku.

Yang menjadi pertanyaan mengapa Alloh menurunkan lailatul qodar ? pertama karena Allah mencintai setiap umat Nabi Muhammad SAW dan hal yang kedua Nabi Muhammad SAW bersabda sesungguhnya ALLAH telah memberikan kepada umatNya lailatul qadar dan tidak diberikan kepada umat yang lain sebelum mereka. Kedua dengan turunya lailatul qodar walaupun umur umat Nabi Muhammad SAW  PENDEK-PENDEK  tapi memperoleh pahala yang sangat banyak jika dibandingkan dengan umat Nabi sebelumnya. Alloh berfirman bahwa sesungguhnya kami telah menurunkan Al-qur’an pada malam lailatul qadar (malam kemuliaan). Tahukah kamu apa malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan artinya suat amalan atau ibadah apabila dikerjakan kebetulan bersamaan dengan turunya lailatul qadar  maka pahalanya lebih baik, lebih besar dari pada amalan yang dikerjakan seribu bulan yang tiada lailatul qadar. Alloh berfirman wahai Muhammad aku telah memberimu dan umatmu lailatul qodar beribadahlah didalamnya lebih afdol dari pada seribu bulan.

adversitemens

Demikian uraian singkat tentang lailatul qodar kita diijinkan oleh Alloh untuk mengerjakan ibadah pada malam lailatul qodar dan mudah-mudahan atas ijin Alloh semua umat Nabi Muhammad SAW bisa melaksanakanya dengan baik. Amin. Bagi anda yang ingin mengetahui Pengertian Dari Doa dan Cara Berdoa Yang Baik, bisa ikuti informasi yang sudah kami berikan pada artikel sebelumnya di Tuntunan Sholat. Semoga informasi yang kami berikan kali ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa lagi pada artikel tuntunan sholat berikutnya. Sampai Jumpa.

Advertisement
tags: , , , ,