Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat Sesuai Ajaran Islam

Monday, July 4th 2016. | Sholat
Advertisement

Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat Sesuai Ajaran Islam – Tak pernah letih dan bosan team tuntunansholat berbagi ilmu Islami kepada pembaca sekalian. Setiap harinya tuntunansholat memberikan informasi-informasi seputar Ajaran Islam atau pengetahuan Islami, biasanya artikel Islam satu dengan yang lain saling terkait atau berhubungan, oleh karena itu simak terus artikel Islam terbaru dari kami setiap harinya. Jika tidak ada halangan pasti setiap hari kami hadir dihadapan pembaca untuk menyampaikan segudang ilmu, informasi atau pengetahuan Islami yang kami ketahui. Sebelum kita membahas materi sesuai ajaran Islam, yang bertemakan Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat terlebih dahulu kita panjatkan segala rasa syukur kita kepada Allah SWT yang sudah memberikan kita begitu banyak nikmat sehingga pada hari ini kita masih berkesempatan untuk beraktifitas seperti biasanya. Tak lupa shalawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah SAW, keluarga beserta para sahabat Rasul yang ikut serta dalam menyebarkan agama Islam. Semoga kita senantiasa tetap istiqomah di jalan-Nya, Allahumma amiin.

Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat

Dalam ajaran Islam, sebagai umat yang beriman kepada Allah SWT, kita sudah berkewajiban untuk menjalankan segala bentuk ibadah yang bersifat wajib seperti shalat fardhu lima waktu. Sholat yang sempurna sesuai dengan Ajaran Islam akan mampu menghasilkan ganjaran atau pahala yang lebih banyak dari biasanya, namun terkadang ada saja hal-hal yang membuat Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat. Oleh sebab itu, tuntunansholat hari ini membahas Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat agar kalian lebih mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat. Serta kami harap kalian lebih waspada ataupun berhati-hati lagi.

Advertisement

Sebelum membahas lebih dalam lagi materi Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat ini, sebaiknya kita jabarkan artinya satu persatu agar kalian dapat lebih mengerti maksud dari materi yang akan kita bahas ini. Makruh memiliki maksud tidak membatalkan tetapi mengurangi pahala, sedangkan Batal berarti ibadah yang kita kerjakan tidak sah atau tidak diterima Allah SWT dan sia sia. Jika kita mengerjakan sholat dan batal maka kita harus mengulangi ibadah sholat tersebut. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi ibadah sholat kita  agar tidak berkurang pahalanya ataupun batal kita wajib menyimak artikel Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat ini dengan baik.

Berikut Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat :

A. Hal-hal yang menyebabkan makruh sholat :

  1. Menutup mulut rapat-rapat.
  2. Terbuka kepala.
  3. Memejamkan mata.
  4. Menengadah ke arah langit.
  5. Menaruh telapak tangan di dalam lengan baju ketika melakukan takbiratul ihram, rukuk serta sujud.
  6. Bertolak pinggang.
  7. Memalingkan muka ke kiri dan ke kanan.
  8. Berludah
  9. Menahan hadast, baik hadast kecil maupun besar.
  10. Melakukan hal-hal yang menyebabkan kekhusyukan sholat kita berkurang.
  11. Mengerjakan sholat di atas kuburan.

B. Hal-hal yang membatalkan sholat :

  1. Berhadast.
  2. Terbuka auratnya.
  3. Terkena najis yang tidak termaafkan.
  4. Mengubah niat.
  5. Berkata-kata walaupun satu huruf dengan sengaja yang memiliki arti.
  6. Membelakangi kiblat.
  7. Bergerak sebanyak tiga kali berturut-turut, seperti : melangkah ataupun melakukan gerakan diluar gerakan sholat pada semestinya.
  8. Makan ataupun minum walaupun dalam jumlah sedikit.
  9. Tidak melaksanakan rukun sholat dengan sengaja atau bisa juga menambahkan rukun sholat yang tidak seharusnya dilakukan.
  10. Mandahului dua rukun sholat.
  11. Tertawa terbahak-bahak.
  12. Serta, murtad yang berarti keluar dari Islam. Jika sudah keluar dari islam dan kita mengerjakan sholat maka sholat tersebut dianggap tidak sah dimata Allah SWT.

Jadi terdapat 11 hal yang membuat makruh sholat serta ada 12 hal yang dapat membuat batalnya sholat kita. Setelah kalian baca dan kalian pelajari materi Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat seperti yang tertera di atas, harapan kami tentu ibadah sholat kalian semakin rajin dan lebih baik lagi. Menjaga ibadah sholat kita dari hal-hal yang membuat Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat merupakan sikap terpuji serta layak kita terapkan sebagai wujud umat yang selalu bertaqwa kepada-Nya.

adversitemens

Cukup sekian informasi Islami seputar Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat yang dapat kami informasikan kepada pembaca sekalian, semoga kalian tidak kapok serta berkenan membaca artikel kami lainnya yang membahas tentang Kumpulan Sunnah Dalam Melakukan Sholat. Mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang sholat tentu akan menyempurnakan sholat kita menjadi sholat yang lebih berkualitas lagi dihadapan Allah SWT, amiin. Tak kami pungkiri, pasti terdapat kesalahan pada artikel Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat ini, semoga kalian dapat memakluminya. Insya Allah kedepannya kami akan lebih teliti serta lebih kritis lagi dalam membawakan serangkaian informasi penting seputar dunia Islam. Simak artikel-artikel kami berikutnya yang tak kalah pentingnya dengan artikel Makruh Sholat Dan Yang Membatalkan Sholat ini.

Advertisement
tags: , ,