Bacaan Niat Puasa Idul Adha Dan Cara Mengerjakannya

Saturday, July 30th 2016. | Hari Raya Idul Fitri/Idul Adha, Puasa
Advertisement

Bacaan Niat Puasa Idul Adha Dan Cara Mengerjakannya – Assalammu’alaikum pembaca yang selalu setia menunggu dan terus menunggu artikel terbaru dari tuntunansholat. Hari ini kita masih bertemakan Bulan Dzulhijjah dimana begitu banyak amalan yang dapat kita lakukan guna memperoleh ridho Allah SWT, namun pada kesempatan kali ini kami fokuskan diri untuk membahas Niat Puasa Idul Adha. Sebelumnya kita telah membahas Puasa Idul Adha dan Niat Puasa Dzulhijjah 10 Hari Pertama, nanti kita akan ulas kembali sedikit mengenai Puasa Idul Adha sebelum membahas Niat Puasa Idul Adha dan cara mengerjakannya. Tetapi sebelum kita lanjutkan pembahasan Niat Puasa Idul Adha dan cara mengerjakannya, tak lupa kami ingatkan kepada seluruh umat Muslim untuk senantiasa mengucap shalawat dan salam yang tercurahkan untuk Nabi Muhammad SAW, keluarga beserta para sahabat Rasul yang turut berjuang dan patut untuk kita teladani. Alhamdulillah kami selaku team redaktur tuntunasholat masih berkesempatan untuk bisa mulai membahas lebih dalam lagi mengenai Puasa Idul Adha.

Niat Puasa Idul Adha

Kita flashback materi sebelumnya dulu ya, sebelum lanjut ke materi berikutnya. Puasa Idul Adha ini merupakan salah satu puasa sunnah yang dikerjakan pada 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah wujud amalan baik yang dapat kita jalankan sebelum memperingati Hari Raya Idul Adha. Terdapat 10 hari waktu kita untuk berpuasa, akan tetapi yang utama hanyalah puasa yang dijalankan pada tanggal 8 Dzulhijjah yang disebut dengan Puasa Tarwiyah, sedangkan Puasa Arafah jatuh pada tanggal berikutnya yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. Karena kedua puasa sunnah tersebut adalah puasa yang paling utama dalam Bulan Dzulhijjah ini, maka kita akan mengupas tuntas mulai dari Niat Puasa Idul Adha hingga cara mengerjakan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah itu sendiri. Jadi jangan sampai kalian pindah ke channel lain sebelum mendapatkan inti ilmu yang terdapat pada artikel Niat Puasa Idul Adha dan Cara Mengerjakannya ini.

Advertisement

Niat Puasa Idul Adha Dan Cara Mengerjakan

Disini kita akan membahas dua puasa yang sering dikerjakan di bi bulan Indul Adha yang pertama adalah puasa Tarwiyah dan yang kedua adalah Puasa Arafah.

Puasa Tarwiyah

Pertama kita akan membahas Puasa Tarwiyah terlebih dahulu. Dan berikut cara mengerjakan Puasa sunnah Idul Adha yang sering kita kenal dengan Puasa Tarwiyah ini :

  1. Lafadzkan Niat Puasa Idul Adha atau Puasa Tarwiyah, seperti bacaan Niat Puasa Idul Adha di bawah ini :

    Niat Puasa Idul Adha

  2. Lakukan kegiatan sahur untuk bekal berpuasa tarwiyah, kemudian berpuasa sejak adzan Shalat Shubuh berkumandang hingga adzan Shalat Mahgrib terdengar, kita baru bisa berbuka puasa.

Puasa Arafah

Dan, yang kedua ialah Puasa Arafah. Adapun cara mengerjakannya sebagai berikut ini :

  1. Mengucap bacaan Niat Puasa Idul Adha atau Niat Puasa Arafah, berikut bacaan niatnya :
    Niat Puasa Idul Adha
  2. Seusai melantunkan Niat Puasa Idul Adha tadi, kita menjalankan puasa seperti puasa lainnya.

Puasa Tarwiyah tadi merupakan ibadah yang mampu menghapuskan dosa yang telah kita perbuat selama satu tahun, luar biasa bukan keutamaan dari Puasa Idul Adha ini walaupun hanya dikerjakan selama satu hari saja saat Bulan Dzulhijjah ini. Sedangkan keutamaan dari Puasa Arafah ialah mampu meleburkan dosa yang telah kita perbuat selama dua tahun yang lalu dan yang akan datang, sungguh Allah SWT Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang yang selalu memberikan kesempatan kepada hambanya untuk bertaubat dan beribadah. Maka dari itu kami menginformasikan kepada pembaca agar kalian mengetahui keutamaan dari Puasa Idul Adha ini dan juga Niat Puasa Idul Adha serta cara mengerjakannya. Puasa Idul Adha ini sangat dianjurkan agar kita turut merasakan nikmat yang tengah dirasakan oleh jamaat haji di Tanah Suci Mekkah. Karena Puasa Idul Adha ini dikerjakan pada hari-hari yang sungguh istimewa dimana amal baik akan dilipatgandakan pahalanya. Menurut Hadist Riwayat Bukhari bahwa Rasululllah SAW telah bersabda Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari dijalan Allah SWT melainkan Allah SWT pasti menjauhkan dirinya dengan puasa yang telah dikerjakannya itu dari api neraka selama 70 tahun lamanya Subhanallah Maha Suci Allah.

adversitemens

Kami rasa hanya itu saja materi Niat Puasa Idul Adha dan cara mengerjakannya yang bisa kami sampaikan kepada pembaca setia tuntunansholat. Semoga kalian dibukakan mata hatinya untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta karena telah membaca artikel Niat Puasa Idul Adha ini. Kelebihan yang ada dalam artikel Niat Puasa Idul Adha ini adalah atas kehendak Allah SWT, namun jika kalian menemui kekurangan serta kesalahan maka itu datangnya dari sifat manusia yang mendasar dan melekat dalam tubuh penulis. Kami mohon maaf atas kesalahan, dan ijinkan kami untuk memperbaikinya dilain waktu. Simak terus artikel terbaru dari kami, bilahi taufik walhidayah Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Advertisement
tags: , , , ,