Cara Niat Qurban Sesuai Dengan Syariat Islam

Wednesday, August 10th 2016. | Doa, Qurban
Advertisement

Niat Qurban – Bismillahirrohmanirrohiim, Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillahirobbil’aalamiin washolatu wasalamu ‘aala asrofil ambiyai walmursalin wa’ala alihi washohbihi ajma’in ama ba’du. Pertama kita awali dengan ucapan puji syukur atas segala karunia dan nikmat yang telah kita peroleh hari ini sehingga kami selaku team tuntunansholat masih dapat bertegur sapa dan berbagi informasi melalui artikel Cara Niat Qurban sesuai dengan syariat Islam. Kami harap pembaca sekalian juga bersyukur atas apa yang selalu kita peroleh dari Allah SWT. Shalawat dan salam tentu tak lupa yang setiap detik tercurahkan kepada Rasulullah SAW, semoga dengan bershalawat kita bisa mendapatkan syafa’at pada Hari Akhir, Allahumma amiin ya rabbal’aalamiin. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas Doa dan Niat Berqurban yang lengkap dengan pengertiannya, jika kalian belum membaca maka silahkan baca jika ada waktu serta jika ingin menambah ilmu pengetahuan seputar ibadah Qurban. Sementara itu pada kesempatan ini tuntunansholat masih akan membahas Qurban namun lebih spesifik lagi yakni Niat menjalankan Qurban yang sesuai dengan syariat Islam. Masih ada begitu banyak ilmu dalam artikel Cara Niat Qurban ini, jadi simak baik-baik hingga akhir artikel agar tak ada satu informasipun yang kalian lewatkan.

Niat Qurban

Berqurban ialah salah satu rangkaian ibadah terakhir pada Hari raya Idul Adha tepat di Bulan Dzulhijjah yakni dengan membeli binatang qurban, lalu disembelih kemudian dibagikanlah daging sembelihan dengan bobot samma rata kepada sesama umat Muslim. Hukum dari berqurban ialah wajib bagi umat Muslim yang mampu. Sedangkan pada saat akan menyembelih binatang qurban tersebut, dianjurkan untuk membaca Niat Qurban Idul Adha. Niat Qurban adalah hal yang penting selayaknya ibadah lain dalam syariat Islam.

Advertisement

Berikut ini adalah Cara Niat Qurban yang sesuai dengan syariat Islam :

1. Melafadzkan Niat Qurban adalah salah satu syarat sah dari berqurban. Dalam Al-Majmu’Syarh Muhadzah 8/380 bahwa An-Nawawi menyebutkan bahwa :

Niat Qurban

2. Niat Qurban ini bacaannya tidak perlu dihafalkan sesuai keseakatan para ulama, karena kebanyakan umat Muslim melafadzkan niat namun tidak mengerti arti dari yang telah diucapkan jadi terasa sia-sia. Niat Qurban ini datangnya dari hati, jadi jika kita sudah berniat dalam lubuk hati terdalam akan menyembelih binatang qurban maka sudah dianggap suatu niat yang sah.

3. Lafadz Allahumma hadza minka wa laka annii yang diucapkan saat menyembelih binatang qurban ini bukanlah niat tetapi hanyalah suatu pengabaran atau i’lan yang maksudnya bentuk penjabaran dari isi hati. Diterangkan dalam Majmu Fatawa Ibnu Utsaimin, 22/20 di bawah ini :

adversitemens

niat qurban

4. Cara Niat Qurban tidak harus dilafadzkan bersamaan ketika menyembelih binatang qurban atau bisa juga niat tersebut dibaca sebelumnya sebagaimana ibadah zakat dan puasa, pernyataan ini disebutkan An-Nawawi dalam Al-Majmu’ berikut ini :

4

5. Cara Niat Qurban selanjutnya adalah apabila orang itu membeli dan menyembelih binatang qurban sendiri maka ia melafadzkan sendiri, namun jika ia membeli dan meminta tolong orang lain untuk mewakilkannya menyembelih binatang qurban tersebut atau yang sering disebut penjagal maka yang melafadzkan niat bukan orang yang diwakilkan tetapi tetap pemilik binatang qurban tersebut. Sementara orang yang mewakilkan atau penjagal tadi melafadzkan Allahumma hadza ‘an Fulan yang artinya Ya Allah, ini dari Fulan. Jika sang penjagal tadi lupa dilafadzkan kalimat tadi itu tidak jadi masalah dan qurbanpun tetap sah.

Kesimpulannya Cara Niat Qurban yang sesuai dengan syariat Islam ada lima, seperti yang sudah kami jelaskan di atas tadi. Semoga artikel Niat Melaksanakan Qurban ini bermanfaat bagi kalian yang kurang mengetahui seputar Qurban Idul Adha dan yang ingin memperdalam lagi informasi tentang Niat Menjalankan Qurban. Artikel Niat Melaksanakan Qurban diambil dari narasumber terpercaya, namun jika ada kesalahan itu datang dari kami dan semoga pembaca sekalian memakluminya, Insha Allah pada kesempatan berikutnya kami dapat memperbaiki artikel Niat Qurban dengan benar, amiin. Sedangkan jika ada kebenaran dalam artikel Niat MelaksanakanĀ  Qurban ini maka hal tersebut datang atas kehendak Allah SWT.

Terima kasih telah membaca Cara Niat Qurban yang sesuai syariat Islam ini hingga akhir. Semoga kalian terkesan dan dapat memperbaiki Cara Niat Qurban sesuai yang telah kami tunjukkan tadi, karena kami menjelaskan Cara Niat Qurban secara lengkap yang sesuai dengan syariat Islam. Tunggu artikel-artikel Islami terbaru dari tuntunansholat yang akan menghadirkan informasi berguna lainnya untuk memperbaiki cara beribadah kalian. Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Advertisement
tags: , , , , ,