Bacaan Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan

Wednesday, May 25th 2016. | Puasa
Advertisement

Bacaan Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan – Puji syukur atas karunia-Nya lah kami team redaktur tuntunansholat dapat menyapa kalian dan selalu menghadirkan artikel Islami yang bermanfaat bagi kebaikan dunia dan akhirat. Sebentar lagi mendekati Bulan Suci Ramadhan bukan? jadi persiapkanlah diri kita untuk menjalankan puasa dan segenap ibadah lainnya yang wajib kita kerjakan serta semoga bila ada kesempatan apalagi kemauan untuk turut melaksanakan ibadah-ibadah yang sunah. Begitu banyak materi seputar Puasa Ramadhan yang kami ulik dan bahas sebelumnya, kali kami memfokuskan diri untuk mengulik materi Islami seputar Sahur Puasa Ramadhan. Nah namun sebelum kita menjalankan ibadah puasa, kita dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan sahur untuk menyiapkan kondisi badan yang akan berpuasa. Sahur adalah aktivitas makan dan minum secukupnya dengan menu makanan dan minuman yang sesuai sehingga mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan energi untuk menjalankan ibadah puasa selama sehari. Waktu daripada sahur sekitar pukul 02.00 atau 03.00 WIB hingga masuk waktu imsak. Waktu imsak yakni waktu dimana sebelum adzan sholat subuh berkumandang atau yang lebih tepatnya lagi imsak merupakan waktu dimana sebelum terbitnya sang fajar. Setelah waktu imsak maka kita sudah memasuki area atau zona waktu berpuasa hingga waktu berbuka tiba nanti sekitar pukul 18.00 atau dapat berubah sesuai waktu Islami, namun kurang lebihnya sesaat hingga matahari terbenam kita baru dapat membatalkan puasa atau berbuka puasa.

Niat Sahur Puasa Ramadhan

Tak hanya sahur kita juga diharuskan untuk membaca Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan, agar puasanya lancar dan memperoleh keberkahan. Niat Sahur Puasa  pada umumnya dilantunkan setelah usai sholat sunnah tarawih. Hukum menjalankan sahur sebelum berpuasa ini sunnah tetapi apabila kita meninggalkan sahur maka sebetulnya kita menjadi manusia yang rugi, karena saat kita menjalankan kegiatan sahur tersebut terdapat keberkahan didalamnya selain pahala yang sunnah tetapi terdapat pahala lainnya. Dan juga apabila kita meninggalkan sahur tak banyak umat Muslim yang sanggup bertahan hingga waktu berbuka tiba, maka dari itu jangan sampai kalian lewatkan waktu sahur dan membaca doa Niat Sahur Puasa serta doa hendak makan. Niat Sahur Puasa ini memiliki maksud mengutarakan tujuan dari sahur tersebut.

Advertisement

Bacaan Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan

Awali Doa Niat Sahur Puasa ini dengan mengucapkan lafadz Basmallah atau yang seperti kita ketahui yakni Bismillahir-rohmanir-rohiim dan memiliki makna Dengan menyebutkan asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dilanjutkan dengan bacaan Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan, sebagai berikut :

Niat Sahur Puasa

Kemudian setelah kalian melafadzkan doa Niat Sahur Puasa Ramadhan, maka jangan tertinggal untuk melantunkan pula Doa Hendak Makan, seperti yang berikut ini :

Niat Sahur Puasa

adversitemens

 

Dengan demikian Niat Sahur Puasa Ramadhan terdapat tiga bagian yakni basmallah, kemudian doa Niat Sahur Puasa Ramadhan lalu doa hendak makan. Setelah usai menyantap hidangan sahur jangan lupa untuk melafadzkan doa seusai makan sehingga makanan yang telah kita santappun bermakna dan menjadi suatu kebaikan bagi tubuh kita. Semoga terdapat keberkahan, karunia dan ridho dari Allah SWT seusai kalian melafadzkan doa Niat Sahur Puasa Ramadhan seperti yang tertera di atas tadi. Yang kami harapkan pula semoga artikel Islami seputar Niat Sahur Puasa Ramadhan ini mampu mengajarkan kalian suatu hal yang baik dan patut untuk kalian tiru. Karena di dalam materi Niat Sahur Puasa tadi terdapat banyak pembelajaran Islam yang menarik dan juga sangat logis untuk ita teladani bersama. Simak juga artikel sebelumnya yang membahas tentang Cara Berbuka dan Sahur Sesuai Sunah Rasulullah SAW yang layak sebagai bahan bacaan untuk kita baca, bacaan tersebut sangat direkomendasikan untuk seluruh Muslim sehingga tidak salah lagi dalam etika berbuka dan sahur. Usahakan setelah usai melaksanakan kegiatan sahur ini kalian jangan langsung istirahat atau tidur karena tidak baik bagi kesehatan kalian. Simak artikel-artikel selanjutnya yang akan kami upload setiap harinya jika tidak ada halangan dan kendala apapun, mencari informasi Islami ya hanya di tuntunansholat sumber kumpulan tuntunan sholat dan juga artikel Islami yang sangat direkomendasikan untuk dibaca serta dimaknai dengan baik.

Advertisement
tags: , , ,