Lafadz Niat Shalat Tarawih Beserta Doanya

Thursday, April 28th 2016. | Sholat
Advertisement

Lafadz Niat Shalat Tarawih Beserta Doanya – Ketika Bulan Ramadhan tiba maka kita akan mengawalinya dengan sholat sunnah tarawih kemudian keesokannya menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Shalat tarawih dalam bahasa arab bentuk jama’ dari tarwiih yang memiliki makna waktu sejenak untuk istirahat. Mengapa disebut sebagai waktu sejenak untuk istirahat? karena terdapat jeda atau istirahat setelah menjalankan 4 rakaat Shalat Tarawih. Shalat Tarawih ini dilaksanakan seusai sholat ‘isya khusus dikerjakan ketika Bulan Ramadhan. Pelaksanaan Shalat Tarawih ialah dengan berjamaah di Masjid atau Rumah Allah. Kebanyakan orang menyebut Sholat Tarawih dengan Sholat Taraweh atau Sholat Traweh namun pada dasarnya Sholat Tarawih disebut sebagai sholat malam karena dikerjakan seusai sholat ‘isya. Hukum Sholat Tarawih ialah mu’akkad yakni sangat dianjurkan untuk umat muslim baik itu adam maupun hawa. Sholat Tarawih ini berbeda dengan sholat sunnah lainnya, berbeda dalam jumlah rakaat dan setelah selesai Sholat Tarawih kita harus melanjutkan Sholat Sunnah Witir. Ada yang mengerjakan Sholat Tarawih dengan 8 rakaat dan adapula yang 20 rakaat, menurut Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim menyebutkan Sholat Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam di malam hari 13 rakaat. Tetapi sebagian ulama mengatakan 11 rakaat, 2 rakaat sholat pembuka Sholat Tarawih, 8 rakaat Sholat Tarawih dan 1 Sholat Witir. Sahabat Nabi, Umar Bin Khattab pernah menjalankan Sholat Tarawih dengan jumlah 20 rakaat. Jadi pilihlah jumlah rakaat yang memudahkan kalian dan yang kalian yakini saja.

Shalat Tarawih

Sholat Tarawih memiliki berbagai keutamaan diantaranya: bagi kalian yang melaksanakan Sholat Tarawih dengan khusyuk dan mengharap ridho serta mencari pahala Allah maka dosa kecil kalian sebelumnya akan gugur, Sholat Tarawih merupakan seutama-utamanya sholat jikalau menjalankan Shalat Tarawih secara berjamaah maka selayaknya sholat malam penuh karena Sholat Tarawih hampir serupa dengan Sholat lima waktu tetapi Sholat Tarawih bukan termasuk sholat wajib, hanya sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan karena apabila kita mengerjakan Sholat Tarawih apalagi secara berjamaah, masya Allah nikmat pahala dan ridho Allah SWT pasti akan beriringan menyertai langkah kita dalam kehidupan.

Advertisement

Seperti sholat lainnya, Sholat Tarawih juga didahulukan dengan Bacaan Niat Shalat Tarawih yang dilafadzkan dengan tulus dari lubuk hati terdalam mengharap ridho Allah ta’aala. Pada kesempatan yang epik ini kami team tuntunansholat akan membawakan niat Shalat Tarawih beserta doa yang dilengkapi dengan latin dan arti dari niat Shalat Tarawih. Semoga kalian dapat mengamalkan niat Shalat Tarawih setelah membaca artikel tuntunansholat ini, amiin.

Lafadz Niat Shalat Tarawih :

Sholat Tarawih

Sholat Tarawih

Bacaan Doa Shalat Tarawih :

Sholat Tarawih

adversitemens

Masya Allah kandungan yang terdapat dalam doa niat Shalat Tarawih ini sangat menyentuh karena ikhlas mengharap pahala dan ridho-Nya bukan perilaku riya dan sebagainya. Dari kami cukup sekian yang dapat team tuntunansholat sampaikan untuk pembaca setia tuntunansholat. Silahkan baca artikel lafadz Doa Ketika Berbuka Puasa dari kami yang Insya Allah menambah atau mengingatkan kalian akan doa tersebut, serta terdapat kandungan yang perlu kalian perhatikan. Tunggu selalu artikel terbaru dari tuntunansholat yang Insya Allah lebih informatif dan mampu menampilkan informasi yang lebih baik lagi seputar doa keseharian, wudhu, sholat dan hal lainnya yang menyangkut Agama Islam. Semoga bacaan tadi berguna dan dapat kalian gunakan pada saat kalian menjalankan Sholat Tarawih. Dan juga janganlah bersikap riya, jika kalian bersikap riya maka amal ibadah Sholat Tarawih yang sudah kalian jalani akan sia-sia serta dosa kalianpun bertambah bukannya gugur. Selalu berbuat kebajikan dan selalu berada di jalan-Nya sehingga kalian akan memperoleh kehidupan yang damai dan bahagia dunia akhirat kelak.

Advertisement
tags: , , ,