Kumpulan Niat Sholat Istikharah Dan Doanya

Sunday, June 12th 2016. | Sholat Sunnah
Advertisement

Kumpulan Niat Sholat Istikharah Dan Doanya – Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh berjumpa kembali dengan tuntunansholat yang berisi kumpulan doa tuntunan sholat dan juga artikel Islam, pertama-tama marilah kita awali artikel Islami pada hari ini dengan mengucap lafadz basmallah bersama “Bismillahir rohmanir rohiim”, puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah mengasihi kita dengan segala nikmat baik itu kesehatan dan kebahagiaan maupun rezeki yang dimudahkan. Shalawat dan salam tercurahkan hanya untuk Rasulullah SAW keluarga beserta sahabat Rasul yang selalu berada di jalan-Nya, semoga kita dapat meneladani sifat dan sikap Rasulullah SAW, Allahumma amiin. Di hari yang indah ini ijinkan kami untuk melengkapi hari kalian dengan suatu ilmu Islami yang dapat kalian terapkan sehingga kalian semakin dekat dengan Allah SWT, ilmu tersebut mengenai Sholat Istikharah. Jadi kita akan membahas pengertian singkat dari Istikharah, niat Sholat Istikharah dan doanya. Mengapa kita perlu mengetahui pengertian Sholat Istikharah? Karena kita menjalankan suatu sholat harus mengetahui maksud dan tujuannya bukan? Oleh karena itu kita wajib mempelajari Istikharah. Nah, tuntunansholat hadir dihadapan kalian untuk menyampaikan Kumpulan Niat Sholat Istikharah dan Doanya, sehingga diharapkan kalian dapat mempelajari Sholat Istikharah dengan cara yang baik supaya dapat mengerjakan Sholat Istikharah yang sesuai dengan syariat Islam. Simak kelanjutan materi Istikharah yang akan kami rangkum secara menarik seperti bacaan di bawah ini.

Sholat Istikharah

Kumpulan Niat Sholat Istikharah Dan Doanya

Pengertian singkat seputar Sholat Istikharah yakni suatu sholat sunnah yang dikerjakan malam hari atau sepertiga malam sebanyak dua rakaat dengan tujuan meminta petunjuk dari Allah SWT atas kebimbangan yang tengah dialami atas dua hal yang berkaitan dengan hajat atau keinginan Karena hanya Dia-lah Dzat Yang Maha Mengetahui mana yang baik bagi hambanya. Jadi apabila kalian tengah ragu dalam dua pilihan, Islam menganjurkan kalian untuk berwudhu dan segera mendirikan Sholat Istikharah. Rasulullah SAW mengatakan bahwasanya apabila umatnya mengalami suatu keraguan dalam sebuah keputusan yang terbaik maka disunnahkan untuk melakukan Sholat Istikharah. Setelah menyucikan diri, menutup aurat dilanjut menghadap ke arah kiblat maka kita melafadzkan niat Istikharah. Niat Sholat Istikharah ini sebagaimana halnya dengan sholat lainnya yang niatnya cukup diucap dalam hati, niat yang utama dengan hati yang tulus ikhlas dan hanya mengharap ridho-Nya. Berikut bacaan niat Istikharah yang kami lengkapi dengan artinya :

Advertisement

Sholat Istikharah

Nah, itulah niat dari Sholat Istikharah dan lakukan Sholat Istikharah seperti sholat sunnah pada umumnya. Kemudian seusai salam gunakanlah waktumu untuk berdzikir memuji nama Allah SWT dan beristikharah atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan memohon petunjuk kepada Allah SWT. Menurut Hadits Riwayat Al Bukhari, dari jabi ra mengemukakan sebuah doa seusai Sholat Istikharah, seperti yang tercantum di bawah ini :

Sholat Istikharah

Dalam doa seusai Istikharah ini terkandung makna pujian atas kuasa-Nya serta memohon petunjuk diberikan segala sesuatu yang terbaik bagi kehidupan. Serta meminta keberkahan hidup, semoga dengan kita mendirikan Sholat Istikharah ini Allah SWT mengabulkan kita serta menuntaskan segala keraguan yang ada baik dalam hati maupun pikiran kita. Karena sesungguhnya jika kita meminta kepada Allah SWT dengan hati yang tulus serta secara terus menerus maka Allah SWT akan mengabulkan. Artinya jangan hanya berdoa sekali saja, namun berkali-kali atau bahkan secara rutin kita berdoa. Dan setelah mendapatkan yang terbaik kita tak boleh berhenti untuk berdoa kepada-Nya. Jadi berdoalah setiap saat agar lebih dekat dengan-Nya.

adversitemens

Jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang berurusan dengan duniawi maka hendaklah dekati yang memiliki dunia ini yakni Allah SWT. Jangan sungkan ataupun ragu untuk berdoa memohon segala suatu kepada-Nya, sebab hanya Allah SWT yang dapat mengabulkannya. Itu karena Allah SWT memiliki nama Ar-Rahman yang berarti Allah Maha Pengasih, Al-Wahhaab yang artinya Dia-lah Yang Maha Pemberi, Al-Kariim yang memiliki kandungan bahwa Allah Maha Pemurah, As-Shamad ialah Dzat tempat memohon dan mengadu hambanya dan Allah memiliki nama Al Mujiib yaitu Dia-lah Dzat yang menerima doa hambanya.

Demikian tadi uraian singkat nan berbobot mengenai Istikharah. Semoga kalian menangkap maksud dari artikel ini dengan baik. Jika terdapat kelebihan dalam artikel Sholat Istikharah itu datangnya atas kehendak Allah SWT, namun apabila ada kekurangan kami mohon maaf karena kami hanya penulis dan manusia yang sering melakukan kesalahan baik yang dilakukan secara sengaja maupun yang tidak di sengaja. Terimakasih kepada pembaca setia tuntunansholat yang tidak pernah letih bersabar menunggu artikel Islam terbaru dari kami. Simak artikel sebelumnya yang membahas Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh kalian setiap harinya. Akhir kata Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. Jumpa esok hari dengan artikel terbaru dari tuntunansholat.

Advertisement
tags: , , ,