Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud dan Doanya

Saturday, March 26th 2016. | Sholat Sunnah
Advertisement

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yg kita kerjakan pada waktu malam hari setelah kita terbangun dari tidur, sholat sunnah ini termasuk kedalam jenis sunnah mu’akad atau sunnah yang diperkuat oleh syara’. Untuk jumlahnya sendiri, sholat ini dapat dikerjakan dengan jumlah paling sedikit ialah dua rakaat, dan untuk jumlah maksimalnya tidak terbatas. Perintah sholat sunnah ini juga telah dijelaskan didalam Al-Qur’an surat Al Isra 17:79, didalam surat tersebut dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW diserukan utk mengerjakan sholat dimalam hari sebagai ibadah tambahan bagi diri-Nya.
cara dan niat sholat tahajud
Meskipun didalam Al-Qur’an tersebut diperintahkan secara khusus utk Nabi Muhammad SAW, namun hal tersebut juga dapat mengacu kepada semua umat muslim. Hal tersebut dikarenakan Nabi Muhammad SAW merupakan contoh yang sempurna dan juga panduan bagi seluruh umat muslim dalam berbagai macam hal. Dan untuk orang-orang yang mengerjakan sholat sunnah ini secara teratur, maka orang tersebut akan mendapatkan sebuah karunia dan juga memurahan dari Allah SWT. Sebagai mana hal tersebut telah dijelaskan didalam sebuah firman Allah surat Al Furqan 25:64.

Dan untuk waktu yang baik mengerjakan sholat sunnah tahajud ini ialah pada waktu sepertiga akhir malam setelah kita terbangun dari tidur. Karena salah satu syarat dari sholat sunnah ini ialah kita harus tidur terlebih dulu, lalu terbangun pada waktu sepertiga malam tersebut dan kemudian baru mengerjakan sholat tersebut. Dan untuk anda yg mungkin ingin mengerjakan sholat sunnah tersebut namun anda belum mengetahui caranya, maka ada baiknya jika anda langsung saja melihat tata cara dari sholat sunnah ini yg akan kami sajikan dengan lengkap dibawah ini bersama-sama.

Tata Cara Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud

niat sholat tahajud
Selepas membaca niat sholatnya, maka dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Selanjutnya dapat dilanjutkan dengan membaca Surat An Nas, lalu ruku, i’tidal, sujud, dan dilanjutkan dengan mengerjakan rakaat yang ke dua dengan membaca kembali surat Al Fatihah dan bacaan surat pendek. Untuk bacaan surat pendek kedua yang dapat anda baca ialah surat Al Falaq, dan dilanjutkan dengan ruku hingga salam seperti kita mengerjakan sholat pada umumnya. Dan setelah selesai mengerjakan sholat sunnah tersebut, ada baiknya jika anda melanjutkan dengan membaca doa sholat tahajud seperti yang ada dibawah ini.

Advertisement

Doa Setelah Sholat Tahajud

doa setelah sholat tahajud
Kiranya untuk Tata Cara dan Niat Sholat tahajud yang dapat kami berikan untuk hari ini hanya itu saja, bagi anda yang kiranya ingin mengerjakan sholat tahajud namun belum mengetahui cara dan niatnya, ada baiknya jika anda menghafalkan tata cara dan niatnya yang telah kami berikan kepada anda tadi diatas. Dan untuk anda yg mungkin ingin kembali melihat-lihat beberapa bacaan doa lainnya yang mungkin ingin anda ketahui pada bacaan doa yang pada kesempatan sebelumnya itu telah kami berikan, siapa tahu saja anda akan dapat menemukan bacaan doa yg pas pada bacaan doa yg pada kesempatan sebelumnya sudah pernah kami berikan.

Atau untuk anda yg mungkin belum juga dapat menemukan bacaan doa yang sesuai dengan yang sedang anda cari, maka ada baiknya apabila anda mencoba untuk menunggu udpate bacaan doa lainnya yang akan coba terus kami sajikan untuk setiap harinya kepada anda. Barang kali saja anda akan dapat menemukan bacaan doa yg tepat pada update bacaan doa yg akan coba terus kami sajikan kepada anda pada kesempatan yang akan mendatang. Jadi tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali mengunjungi situs kami lain waktu.

adversitemens

Advertisement
tags: , ,