Pengertian Dan Arti Bulan DzulHijjah

Sunday, July 24th 2016. | DzulHijjah
Advertisement

Pengertian Dan Arti Bulan DzulHijjah – Merupakan bulan terakhir dalam penanggalan Islam atau hijriyah yang bertepatan bulan keduabelas. Hari ini kita akan membahas Pengertian dan Arti Bulan DzulHijjah, sebelumnya kita buka artikel Islam hari ini dengan melafadzkan kalimat basmallah bersama-sama “Bismillahirrohmanirrohiim”. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW sebagai wujud bahwa kita beriman kepada-Nya. Pada kesempatan yang langka ini kami akan membahas lebih dalam lagi tentang Bulan Dzul Hijjah jadi kalian dapat mempelajarinya hanya dengan duduk manis lalu membaca artikel Arti Dan Pengertian Bulan DzulHijjah ini hingga selesai. Pantengin terus tuntunansholat karena akan banyak ilmu yang kalian peroleh disini.

Bulan DzulHijjah

Pengertian Bulan DzulHijjah sendiri sudah kami jelaskan di awal, namun akan kami bahas lebih dalam lagi mengenai pengertian dari Bulan DzulHijjah. Bulan Dzul Hijjah berasal dari dua kata Bahasa Arab yakni Dzul dan Hijjah. Dzul berarti pemilik, sedangkan Hijjah adalah haji. Dikatakan Bulan DzulHijjah karena sejak jaman jahiliyah kebanyakan orang Arab melakukan ibadah haji pada bulan tersebut sebagai wujud pelestarian akan ajaran Nabi Ibrahim as. Demikian pengertian Bulan Dzul Hijjah, jadi pada dasarnya arti Bulan Dzul Hijjah ialah bulan dimana umat Islam melaksanakan suatu kegiatan ibadah yang disebut dengan ibadah haji selama sebulan penuh. Dengan kata lain Bulan DzulHijjah bisa dikatakan sebagai Bulan Haji.

Advertisement

Bulan DzulHijjah ini terdapat beberapa perbedaan dalam menentukan awal Bulan Dzul Hijjah, jadi ada sebagian umat Muslim yang menggunakan rukyah, ataupun mengikuti penetapan awal Bulan DzulHijjah dari Arab Saudi maupun menggunakan cara hisab.

Adapun kegiatan-kegiatan yang memiliki arti pada Bulan DzulHijjah seperti :

 

  1. Para Muslim menunaikan kegiatan ibadah haji maka pada tanggal 8 hingga 12 DzulHijjah di Tanah Suci Mekkah.
  2. Jamaat haji melakukan ibadah wukuf di padang Arafah pada tanggal 9 DzulHijjah.
  3. Sementara yang sedang beribadah haji menjalankan wukuf, maka yang tidak melaksanakan ibadah tersebut disunnahkan untuk melakukan ibadah puasa di Arafah.
  4. Umat Muslim memperingati Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 DzulHijjah, di Negara Indonesia Hari Raya Idul Adha ini biasa disebut sebagai Hari Raya Qurban.

 

Jadi inti sari dari Bulan Dzul Hijjah ialah tiga kegiatan yakni ibadah haji, berpuasa Arafah dan melaksanakan Hari Raya Idul Adha atau Qurban. Pada Bulan Dzul Hijjah inilah kita menunaikan rukun Islam yang terakhir yaitu Haji bila mampu. Mampu disini bukan hanya dari segi ekonomi saja tetapi juga dari segi kesehatan, jika ingin melaksanakan ibadah Haji ini tubuh kita haruslah sehat jasmani serta rohani agar bisa mengerjakan serangkaian kegiatan di Tanah Suci Mekkah dengan khusyuk.

adversitemens

Setelah mempelajari pengertian dan arti daripada Bulan DzulHijjah tentu kita semakin bersemangat untuk menabung naik haji. Bulan Dzul Hijjah sungguh bulan yang baik serta mulia untuk menuntaskan rukun Islam terakhir ini sebagai umat Muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Kami rasa cukup sekian artikel Islami tentang Bulan Dzul Hijjah, semoga bermanfaat. Simak artikel kami lainnya yang sudah mengupas tuntas materi tentang Keutamaan Bulan Dzulqa’idah, keterangan lebih lanjut silahkan baca dengan seksama. Terima kasih sudah berkenan dan percaya untuk mencari ilmu pengetahuan Islam di tuntunan sholat, atas partisipasi pembaca sekalian yang merupakan apresiasi terbesar sehingga kami dapat memperbaiki lagi artikel-artikel yang akan datang agar lebih baik lagi dan jauh dari kesalahan. Mari kita akhiri bacaan Islami tentang Bulan Dzulhijjah dengan membaca lafadz hamdallah secara bersama-sama “Alhamdulillahirobbil’alamiin”.

Advertisement
tags: , , , ,