Pengertian Puasa Ayyamul Bidh Lengkap Dengan Dalil

Monday, June 27th 2016. | Puasa Sunnah
Advertisement

Pengertian Puasa Ayyamul Bidh Lengkap Dengan Dalil – Alhamdulillah Hirobil alamin, kali ini kami akan hadirkan sebuah pembahasan terbaru di tuntunan sholat yaitu tentang Pengertian Puasa Ayyamul Bidh yang kami hadirkan lengkap dengan dalilnya. Sebelum kami menjelaskannya lebih jauh kami akan coba menjelaskan tentang pengertian Puasa Sunnah yang merupakan sebuah amalan yang dapat anda kerjakan untuk melengkapi kekurangan dalam menjalankan amalan wajib. Selain itu puasa sunnah juga dapat meningkatkan derajat seseorang menjadi wali Allah yang terdepan atau bisa disebut dengan as saabiqin al muqorrobun. Dengan melalui amalan sunnah inilah seseorang akan mudah mendapatkan cinta Allah SWT. seperti yang telah disampaikan di dalam hadist qudsi yang mempunyai makna berikut ini. Hamba-hambaKu senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku dengan menjalankan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika aku telah mencintainya, maka Aku akan memberikan petunjuk kepada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberikan petunjuk dalam penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, Memberi petunjuk tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberikan petunjuk kepada kakinya yang digunakan untuk berjalan. Jika memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku akan mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan memberikan perlindungan. Begitulah bunyi dari Hadist Qudsi.

Puasa Ayyamul Bidh

Pengertian Puasa Ayyamul Bidh Lengkap Dalil.

Bagi kalian yang belum tahu, pasti sangat awam mendengar tentang Puasa Ayyamul Bidh. Puasa sunnah ini tentunya memiliki makna yang diambil dari kata Ayyaam yang merupakan jamak dari Al-yaum yang memiliki arti hari, serta bidh yang artinya putih. Jadi Ayyamul Bidh artinya adalah hari-hari putih, bisa juga disebut cemerlang ataupun purnama. Islam telah mensunahkan pada tanggal ke 13, 14 dan 15 dalam penanggalan Hijriyah untuk melakukan puasa 3 hari. Tidak diterangkan apa alasan puasa hari-hari tersebut, tetapi sesuai menurut sebuah penelitian, Dalam tengah bulan qomariyah biasanya diterangi oleh sinar bulan yang penuh. Puncak fenomena terjadinya pasang surut air laut yang terjadi di tanggal-tanggal tersebut, seiring dengan pasang surutnya kewajiban manusia, seperti yang diungkapkan oleh Arnold Lieber, 1970-an. Dan biasanya orang lebih cenderung berbuat banyak keburukan pada bulan purnama.

Advertisement

Ini memang bukan suatu kebetulan bahwa ajaran yang telah disampaikan hampir 1500 tahun yang lalu sebelum dilakukan penelitian oleh Rasulullah SAW telah. Ternyata memiliki arti sebagai pengendalian diri yang snagat luar biasa. Rosulullah telah memahami bahwa hari-hari dimana terjadinya bulan purnama merupakan sebuah hari-hari kelebihan dari emosi manusia dan untuk mengatasi hal tersebut, Rasulullah SAW telah menganjurkan umatnya untuk berpuasa dalam hari-hari tersebut sebagai bentuk penyeimbang dan menetralisir gejolak potensi manusia berbuat hal yang tidak baik. Ini adalah Sunnah Rasulullah SAW untuk Ayyamul Bidh pada tanggal atau hari ke 13, 14, dan 15 dalam penanggalan hijriyyah untuk memberikan makna dan hikmah besar bagi para manusia.

Hadist najuran Puasa 3 Hari setiap bulan

adapun beberapa hadis yang telah menganjurkan untuk berpuasa sunnah 3 hari setiap bulan berikut ini:

Dari Abu Hurairah r.a, yang berkata :

Puasa Ayyamul Bidh

Dari Abdullah bin Amr bin Al Ash, yang mengungkapkan bahwa Rasulullah bersabda:

Puasa Ayyamul Bidh

adversitemens

Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW telah bersabda kepadanya:

Puasa Ayyamul Bidh

Dari Ibnu Milhan Al Qoisiy dari ayahnya ia berkata:

Puasa Ayyamul Bidh

Dari Ibnu Abbas r.a Beliau berkata :

Puasa Ayyamul Bidh

Itulah tadi Penjelasan dan Dalil dari Puasa Ayyamul Bidh. Semoga dengan artikel yang kami berikan pada kesempatan kali ini Puasa Ayyamul Bidh bisa memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kalian untuk meningkatkan ibadah kalian kepada Allah SWT. Selain itu kami juga memiliki sebuah informasi menarik tentang Doa Saat Merasakan Sedih Atau Duka yang telah kami berikan pad aartikel sebelumnya, barangkali dari anda ada yang tertarik untuk membacanya. Mungkin cukup sekian dari Tuntunan sholat kali ini tentang Puasa Ayyamul Bidh ini. Kami mohon maaf jika ada yang kurang dalam penyampaian kami, mohon bimbinganya agar kami dapat memberikan informasi yang sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Islam. terimakasih atas perhatiannya dan sampai jumpa pada artikel kami berikutnya.

Advertisement
tags: , , ,