Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah 10 Hari Pertama

Wednesday, July 27th 2016. | DzulHijjah, Puasa
Advertisement

Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah 10 Hari Pertama – Dengan mengucap nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, maka kita mulai artikel pada hari ini. Segala rahmat, kesehatan serta kesempatan yang telah Allah SWT berikan kepada team tuntunansholat sehingga dapat terus berbagi informasi kepada pembaca sekalian yang masih melanjutkan tema sebelumnya tentang 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah. Tak lupa shalawat dan salam yang sudah semestinya kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, semoga kita dapat mencontoh Rasul bahkan tak hanya Rasul tetapi keluarga Rasul dan juga kerabat terdekat Rasul yang telah berjasa. Jenis ibadah yang kali ini akan kami bahas seputar Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah, karena kami yakin masih ada segelintir manusia yang belum mengetahui apa itu Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah. Apakah Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah perlu dijalankan pada 10 Hari Pertama? nanti kita akan bahas satu persatu. Jadi tuntunansholat membahasnya secara detail agar kalian dapat mempelajari Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah 10 Hari Pertama dengan baik sehingga kalian dapat menjalankan ibadah Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah selama 10 hari pertama pada Bulan Dzulhijjah ini.

Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah

Puasa Idul Adha merupakan puasa sunnah yang dikerjakan untuk memperingati Hari Raya Idul Adha mulai malam atau siang hari sebelum masuk Shalat Dhuhur atau tergelincirnya matahari, namun niat Puasa Idul Adha ini berbeda maka dari itu akan kita bahas di bawah nanti. Tetap bersama kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah. Puasa Idul Adha disebut juga dengan Puasa Dzulhijjah. Puasa Dzulhijjah ini merupakan puasa sunnah yang dijalankan pada saat 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah, waktu pelaksanaan dari Puasa Dzulhijjah ini dari tanggal 1 Dzulhijjah hingga 9 Dzulhijjah. Akan tetapi Puasa Dzulhijjah yang paling utama bertepatan pada tanggal 8 Dzulhijjah dan 9 Dzulhijjah. Puasa sunnah yang kita kerjakan pada tanggal 8 Dzulhijjah ini disebut dengan Puasa Tarwiyah, sedangkan puasa sunnah pada tanggal 9 Dzulhijjah ini dinamakan Puasa Arafah.

Advertisement

Adapun Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjahnya sebagai berikut ini :

Pertama, pada tanggal 1 Dzulhijjah hingga 7 Dzulhijjah kita menjalankan Puasa Sunnah yakni Puasa Idul Adha atau Puasa Dzulhijjah, di bawah ini merupakan niatnya :

Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah

 

Kedua, pada tanggal 8 Dzulhijjah kita menjalani Puasa Tarwiyah, niatnya seperti yang tertera di bawah ini :

adversitemens

Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah

 

Terakhir, tepat tanggal 9 Dzulhijjah Puasa Arafah dikerjakan dengan niat sebagai berikut :

Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah

 

Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah merupakan salah satu amalan yang dapat kita jalankan ketika 10 hari pertama pada Bulan Dzulhijjah, agar kita mendapatkan manfaat bagi diri kita dan juga kehidupan kita dengan membiasakan diri untuk selalu beribadah sebagai wujud kita taat kepada-Nya. Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah ini patut kita pelajari dan hafalkan, agar saat Bulan Dzulhijjah datang kita bisa menjalani Puasa Idul Adha yang Insya Allah tidak ada halangan apapun, bilapun ada halangan sebagai seorang Muslim yang beriman kepada Allah SWT pastinya terdapat jalan keluar.

Demikianlah materi tentang Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah yang dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian, semoga bermanfaat. Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah sangatlah penting untuk kita pelajari, karena jika kita menjalankan ibadah Puasa Idul Adha ini maka Subhanallah pahala yang kita dapatkanpun berlipat ganda serta ridho Allah SWT akan mengiringi setiap langkah kaki kita berjalan. Simak selalu artikel-artikel Islam dari tuntunansholat yang akan membahas mengenai tuntunan dalam shalat, doa keseharian juga syariat-syariat yang berlaku dalam Islam dan masih banyak lagi informasi yang ingin kami sampaikan kepada kalian semua, jadi jangan sampai kalian melewatkan kesempatan untuk mendapatkan ilmu berguna ini. Lihat dan bacalah artikel kami sebelumnya yang ada kaitannya dengan artikel ini yakni 10 Keutamaan Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Amalannya. Jadi Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah hanyalah salah satu dari 10 amalan, keterangan lebih lanjut bisa kalian baca pada artikel sebelumnya. Alhamdulillah kita telah sampai pada akhir artikel Puasa Idul Adha Dan Niat Puasa Dzulhijjah, terima kasih telah membaca artikel Islami dari kami.

Advertisement
tags: , , , ,