Tuntunan Shalat Rawatib Dalam Ajaran Islam

Tuesday, June 14th 2016. | Sholat Sunnah
Advertisement

Tuntunan Shalat Rawatib Dalam Ajaran Islam – Bismillahirrohmanirrohiim, Assalammu’alaikum hamba Allah yang sedang haus akan ilmu Islami. Pada kesempatan yang indah ini kami selalu mengucap syukur atas semua rahmat yang sudah Allah SWT berikan kepada kami sehingga tuntunan sholat bisa hadir dihadapan teman-teman membawa artikel terbaru kami yang mengusung tema Shalat Rawatib dalam ajaran Islam lengkap dengan tuntunan shalatnya. Tak pernah letih kami senantiasa mencurahkan shalawat dan salam hanya untuk Nabi Muhammad SAW berserta kerabat terdekat Rasul, semoga kita semua dapat meneladani sikap sifat Rasul dari kisah-kisah hebat yang dimiliki Rasul, amiin. Sebelum membahas tuntunan Sholat Rawatib dalam ajaran Islam, sebelumnya kami jelaskan terlebih dahulu mengenai shalat. Shalat ialah tiang agama Islam, apabila seorang rajin mengerjakan ibadah shalat maka Insha Allah ia seorang muslim yang sholeh ataupun sholeha. Karena dalam shalat kita mendapatkan banyak manfaat bagi jasmani dan rohani, untuk jasmani sangat jelas dijabarkan bahwasanya shalat dapat membuat tubuh manusia menjadi sehat dan manfaat rohaninya yakni dengan mendirikan shalat secara rutin mampu memberikan ketenangan hati dan jiwa, melatih kesabaran, serta melatih rasa tanggung jawab atas kewajiban kita untuk menjalankan ibadah shalat.

Shalat Rawatib

Tuntunan Shalat Rawatib Dalam Ajaran Islam

Shalat Rawatib merupakan shalat sunnah yang dikerjakan sebelum ataupun seusai mengerjakan shalat fardhu lima waktu. Sholat Rawatib yang dilaksanakan sebelum melaksanakan shalat fardhu sering disebut juga dengan dengan Sholat Rawatib Qabliyah, sedangkan Sholat Rawatib Ba’diyah ialah Sholat Rawatib yang dilakukan seusai shalat fardhu. Adapun menurut sifat kemuliaannya Shalat Rawatib ini terbagi menjadi dua yakni Sholat Rawatib Muakkad yang berarti memiliki kemuliaan yang amat besar dengan dijanjikannya memperoleh pahala yang besar pula dan Ghairu-Muakkad memiliki potensi kemuliaan yang terdapat selisih jika dibandingkan dengan Shalat Rawatib Muakkad. Jumlah rakaat dari Sholat Rawatibpun berbeda-beda menurut shalat mana yang diiringi dan waktu pelaksanaan Shalat Rawatib baik itu Qabliyah atau Ba’diyah, maka dari itu informasi lebih lanjut dapat kalian liat tabel di bawah ini :

Advertisement

Shalat Sunnah Rawatib Muakad

Shalat Rawatib

Shalat Sunnah Rawatib Ghoiru Muakad

Shalat Rawatib

Ada beberapa hadits yang menyebutkan jumlah rakaat Shalat Rawatib dan juga keutamaan dari Sholat Rawatib, diantaranya sebagai berikut :

Hadist Shalat Rawatib Muakad

adversitemens

Baru kami sampaikan setengah materi artikel kita hari ini kalian sudah mendapatkan 3 point penting. Tiga point penting itu adalah yang pertama pengertian dari Shalat Rawatib, yang kedua jumlah rakaat dari Shalat Rawatib dan ketiga yaitu sumber hadits Sholat Rawatib. Simak lebih lanjut lagi ilmu Islami di bawah ini, karena masih banyak informasi yang perlu kalian baca dan semoga dapat kalian terapkan ya.

Dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim menyebutkan yang diambil dari Ibnu Umar ra mengakatakn bahwa Rasulullah SAW berkata “Lakukanlah di rumah-rumah kalian dengan menja sholat kalian disana dan jangan jadikan rumah kalian seperti halnya kuburan“. Jadi kalian dapat mengerjakan Sholat Rawatib ini di rumah, namun apabila kalian mengerjakan di masjid itu tidak masalah hanya saja sebaiknya jika ingin melaksanakan Shalat Rawatib lakukan saja di dalam rumah, agar rumah kita terasa lebih nyaman. Sholat Rawatib ini dapat digabungkan dengan sholat takhiyatul masjid, shalat dhuha, shalat sunnah wudhu maupun shalat istikharah dengan membaca niat Shalat Rawatib ditambah dengan shalat yang ingin digabungkan. Sungguh mudah melaksanakan Shalat Rawatib, jadi bagi para Muslim yang ingin menunaikan ibadah Sholat Rawatib maka lakukanlah karena terdapat kemuliaan dan pahala yang besar.

Demikianlah materi Shalat Rawatib yang dapat kami sampaikan, mohon maaf apabila artikel ini tidak sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Semoga bacaan tadi bermanfaat dan simak artikel kami sebelumnya yang membahas Niat Dan Cara Mengerjakan Shalat Hajat yang mampu mendatangkan apa yang sudah kalian impikan. Terimakasih untuk tetap setia menyaksikan kumpulan tuntunan sholat dan artikel-artikel Islami dari kami, terus nantikan informasi ter-update dari kami ya. Wabilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Advertisement
tags: , , , ,