Berbagai Keajaiban Dibalik Shodaqoh

Wednesday, June 15th 2016. | Uncategorized
Advertisement

Berbagai Keajaiban Dibalik Shodaqoh – Alhamdulillah kali ini kami dapat berjumpa dengan anda kmbali dalam tuntunan Sholat, dan pada perjumpaan kali ini kami akan membahas soal Keajaiban Shodaqoh. Tentunya kalian sudah tahu tentang sodakon, namun untuk lebih detailnya kali ini kami akan coba menjelaskan kembali tentang keajaiban di balik melakukan Shodaqoh. Rosululloh SAW  orang yang suka Shodaqoh dan paling banyhak shodakoh beliau tidak pernah meminta lebih dan tidak pernah memandang sedikit yang telah diberikan oleh Allah, kemudian tidak takut miskin terhadap harta ataupun tindakan yang telah dishodakohkan kepada orang lain.

Shodaqoh

Berbagai Keajaiban Dibalik Shodaqoh

Bentuk pemberian dan Shodaqoh yang Rosululloh lakukan terkadang berbentuk hibah, hadiah, memberi pakaian, memberi makanan atau memberi apa saja yang beliau miliki.

Advertisement

Banyak orang beranggapan bahwa shodakoh adalah pemberian yang berkaitan dengan harta saja melainkan mencakup amal soleh berupa perkataan yang baik, wajah yang berseri-seri, membantu orang lain, menyambung silaturahmi, membantu orang yang sangat membutuhkan, memeritah berbuat kebaikan, menahan diri dari berbuat jahat,  berlaku adil, menyingkirkan duri di jalan,  amar ma’ruh nahi mungkar dan sejenisnya.

Rosululloh bersabda “setiap kebaikan itu bernilai Shodakoh diantara hal yang termasuk kebaikan adalah  engkau menemui saudaramu dengan wajah yang berseri-seri dan engkau tuangkan air dari embermu ke bejana saudaramu”.

Para ulama mengatakan shodakoh itu bisa memberi pengaruh yang luar biasa untuk menolak bencana
baik yang akan menimpa kepada orang soleh maupun yang akan menimpa orang zholom atau orang kafir sekalipun karena Alloh akan melenyapkan segala macam bencana berdasarkan shodakoh yang diberikan kepada orang lain. Selain itu shodakoh bisa melapangkan dada diantaranya berbuat baik kepada orang lain, membantu orang lain sesuai dengan kemampuan baik berupa harta benda, pelayanan dan berbagai macam kebaikan lainya karena  orang dermawan dan suka berbuat baik adalah orang yang paling baik jiwanya. Shodaqoh bisa sebagai penyakit hati dan rohani diantaranya kemantapan hati, penyandaran diri kepada Alloh, bertawakal kepadaNya, berlindung diri kepadaNya, bersimpuh dihadapanNya, merendahkan diri kepadaNya, bershodakoh, berdoa, bertaubat, beristighwar, berbuat baik kepada orang lain, menolong orang teraniaya, membebaskan orang yang kena musibah. Itulah perbuatan baik yang pelaksanaanya dianggap sebagai Shodaqoh dan bisa sebagai obat yang nilainya lebih besar dari ujud harta benda.

Pengaruh baik dibalik shodakoh antara lain bisa membersihkan hati pemberi Shodakoh maupun penerima Shodakoh serta pengaruh baik terhadap harta yang dimiliki pemberi Shodakoh.Shodaqoh bisa membersihkan hati  pemberi Shodakoh dari sifat kikir, keras hati, bahil, tidak memiliki rasa kasih sayang, namun sebaliknya dengan Shodaqoh orang jadi mau berkorban, jadi berjiwa dermawan dan ramah kepada orang lain. Shodaqoh bisa membersihkan hati orang yang menerima Shodakoh dari rasa dengki, dendam dan segala akibat buruk yang ditimbulkanya. Sedangkan pengaruh baik terhadap harta yang dimiliki dapat membersihkanya dengan mengembangkan sehingga hartanya bertambah banyak .

adversitemens

Rosululloh bersabda harta itu tidak akan berkurang karena dishodakohkan, Alloh tidak akan melebih-lebihkan hambanya yang suka memaafkan kecuali kemuliaan dan tidaklah seorang itu berlaku tawadhuk kepadaNYA, kecuali Allah akan memberikan drajat yang tinggi.

Demikian uraian pengaruh dibalik Shodaqoh mudah-mudahan bisa sebagai introspeksi diri dan membawa manfaat. Amin. Dan bagi anda yang ingin mengetahui sholat rawatib bisa langsung kunjungi di artikel sebelumnya tentang Tuntunan Shalat Rawatib Dalam Ajaran Islam, semoga dapat membantu dalam meningkatkan kegiatan ibadah kalian. cukup sekian untuk kali ini dan sampai jumpa.

Advertisement
tags: , , , , ,