Tata Cara Sholat Ashar Dan Niatnya

Wednesday, April 13th 2016. | Sholat
Advertisement

Tata Cara Sholat Ashar Dan Niatnya – Assalammu’alaiikum muslim yang dirahmati Allah SWT, sekarang perkenankan kami untuk membahas salah satu dari lima sholat fardhu dengan jumlah empat rakaat yang memiliki hukum wajib dikerjakan bagi umat muslim yakni sholat ashar, jika meninggalkan sholat ashar ini maka akan berdosa. Kita dapat mengerjakan sholat ashar ini pada waktu panjang bayang-bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri menurut mazhab Syafi’i, Maliki serta mazhab Hambali namun berbeda dengan mazhab yang satu ini yaitu mazhab Imam Hanafi yang menganut waktu sholat ashar saat panjang bayang-bayang benda dua kali melebihi panjang benda tersebut. Lebih tepatnya sholat ashar saat jam menunjukkan pukul 15.00 WIB dan ditandai dengan adzan merdu yang berkumandang tanda waktu masuk sholat ashar bisa dikerjakan. Dan akhir dari waktu sholat ashar ialah ketika matahari tenggelam. Kita haruslah benar dalam menjalani sholat ashar ini maka dari itu kami team tuntunansholat hadir menyajikan bacaan bermanfaat ini sebagai petunjuk dan pedoman ataupun referensi tata cara shalat ashar yang kami sertai dengan niat sholat asar. Simak terus materi seputar shalat ashar ini hingga selesai ya. Karena bukan hanya tata cara sholat ashar dan niatnya saja yang akan kita bahas, tetapi ada keutamaan dari shalat ashar dan masih banyak informasi menarik lainnya yang rugi jika kalian para muslim lewatkan.

Sholat Ashar

Keutamaan dari sholat asar yakni akan masuk kedalam surga dan apabila kita meninggalkan shalat ashar maka akan dihapus semua amalan-amalan kita, keutamaan ini bersumber dari Hadist Riwayat Bukhari. Kalau kita mengerjakan shalat ashar maka kita akan memperoleh pahala yang berlimpah apalagi jika kita mengerjakan secara berjamaah dan dilaksanakan di masjid Masya Allah akan berlipat-lipat pahala yang kita peroleh. Maka dari itu yuk kita dirikan sholat asar secara berjamaah di masjid terdekat rumah kita dan kita rasakan nikmat-Nya. Jangan hanya shalat ashar saja yang kita kerjakan sesuai dengan tata cara yang benar tetapi sholat fardhu lainnya. Jadi saat kita sudah menjalani sholat tepat lima waktu maka insya Allah kita akan memperoleh nikmat dan ridho-Nya. Setelah panjang lebar kita bahas sholat asar, yuk kita perdalam lagi materi kita hari ini dengan tata cara sholat ashar dan niatnya di bawah ini, terus scroll sampai selesai ya.

Advertisement

Tata Cara Sholat Ashar Dan Niatnya

  1. Wudhu terlebih dahulu, kemudian tutupi auratmu.
  2. Menghadap kiblat dan baca niat di dalam hati.

    Niat sholat ashar :

    Sholat Ashar
    Latin:
    Sholat Ashar
    Artinya:
    Sholat Ashar
    Niat ketika menjadi imam :
    Sholat Ashar
    Latin:
    Sholat Ashar
    Artinya:
    Sholat Ashar
    Niat ketika menjadi ma’mum :
    Sholat Ashar
    Latin:
    Sholat Ashar
    Artinya:
    Arti Niat Sholat Ashar Menjadi Mamum

  3. Setelah itu takbiratul ihram, dilanjut membaca doa iftitah. Kemudian melantunkan surat Al-Fatihah serta satu surat pendek yang kalian hafal dengan baik. Selanjutnya mengucapkan Allahu Akbar dan melakukan rukuk. Iktidal dilanjutkan dengan gerakan sujud. Setelah sujud yakni duduk diantara dua sujud lalu sujud kembali. Ini adalah rangkaian shalat ashar rakaat pertama.
  4. Bacaan tahiyat awal dibaca saat rakaat kedua di akhir setelah sujud kedua dan bacaan tahiyat akhir dibaca setelah sujud kedua pada rakaat keempat.
  5. Mengucap salam lalu berdoa dan berdzikir, atau jika ingin mendapat pahala yang lebih setelah selesai sholat ashar kalian dapat membaca Al-Qur’an hingga adzan mahgrib tiba.

Demikian informasi yang dapat team tuntunansholat sampaikan kepada para muslimin dan muslimat yang dirahmati Allah, semoga dengan adanya bacaan baik ini mampu membangun serta membuka sisi baik kalian sehingga mampu melawan rasa malas untuk menjalankan ibadah sholat lima waktu. Ayo dirikan sholat tepat lima waktu untuk kebaikan dunia dan akhirat. Silahkan baca artikel kami sebelumnya yang kaya akan informasi berguna dan patut kalian baca yaitu niat dan tata cara sholat dzuhur. Semoga bacaan-bacaan yang kami hadirkan khusus untuk muslim ini mampu membawa keberkahan bagi kita semua, amin amin ya robbal’alamiin. Kurang lebihnya kami mohon maaf, Billahitofik wal hidayah wassalammu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh.

Advertisement
tags: , , ,