Niat Dan Tata Cara Mengerjakan Sholat Dzuhur

Tuesday, April 12th 2016. | Sholat
Advertisement

Niat Dan Tata Cara Mengerjakan Sholat Dzuhur – Salah satu sholat dari sholat wajib atau sholat fardhu yang harus dikerjakan umat islam setiap harinya, untuk sholat dzuhur dikerjakan pada saat setelah waktu istiwa (ketika matahari berada dititik tertinggi) atau setelah tengah hari lebih tepatnya waktu kita mengerjakan sholat dzuhur ialah saat matahari sudah condong ke barat atau biasanya pada pukul 11.56 WIB. Sholat dzuhur terdiri atas empat rakaat, dengan tahiyat awal pada rakaat kedua dan tahiyat akhir pada rakaat keempat atau terakhir juga. Sholat dzuhur dapat kita kerjakan sendiri di rumah atau berjamaah di masjid karena kita akan mendapatkan pahala yang berlipat jika mengerjakan sholat dzuhur secara berjamaah apalagi melaksanakan ibadah sholat dzuhur di masjid (rumah Allah) Masya Allah akan berlipat ganda pahala yang kita peroleh dalam sekali melaksanakan ibadah sholat dzuhur. Jika kita mengerjakan sholat lima waktu berjamaah di masjid maka pahala yang kita dapatkan lebih banyak lagi. Sholat dzuhur memiliki keutamaan “bahwa saat sholat dzuhur pintu langit sedang dibuka sehingga Nabi Muhammad SAW lebih senang untuk melaksanakan amalan-amalan saleh terutama pada waktu dzuhur” menurut sabda Rasulullah kita yaitu Nabi Muhammad SAW. Contoh kecil amalan yang dapat kita kerjakan ialah sholat sunnah sebelum dan setelah melaksanakan sholat dzuhur. Keutamaan lainnya dari sholat dzuhur yakni sholat dzuhur ini sebagai sarana relaksasi untuk mengurangi berbagai aktivitas yang memberi beban pada pikiran kita. Sebelum melaksanakan sholat dzuhur kita berwudhu dengan menggunakan air bersih dan kegiatan wudhu ini memberikan rasa yang lebih segar pada badan dan juga ketenangan. Gerakan sholat duhur yang dilakukan dengan benar sesuai tata cara mengerjakan sholat dzuhur insyAllah akan memberi kebugaran bagi tubuh kita ini. Jangan lupa saat sebelum melaksanakan sholat duhur kita membaca niat yang tulus di dalam hati sehingga ibadah kita diterima oleh-Nya. Setelah basa-basi panjang lebar mari kita bahan lebih dalam lagi tentang niat dan tata cara mengerjakan sholat duhur di bawah ini. Simak terus ya samapi selesai sehingga kalian mendapat inti sari dari artikel niat dan tata cara mengerjakan sholat dzuhur ini. Serta jangan lewatkan informasi berguna ini.

Sholat Dzuhur

Tata cara mengerjakan sholat dzuhur :

Pertama, kalian umat muslim harus dalam keadaan suci atau telah berwudhu.

Advertisement

Lalu menutupi aurat, menghadap kiblat dengan sikap berdiri tegak kemudian membaca niat dalam hati.

Adapun niat sholat dzuhur sebagai berikut :

Sholat dzuhur

Saat kalian menjadi imam :

Sholat dzuhur

Saat kalian menjadi makmum :

Sholat dzuhur

adversitemens

         Setelah membaca niat, angkat kedua tangan, takbiratul ihram dengan melafadzkan “Allahu Akbar” dengan suara yang tenang dan khusyu’.

Berikutnya membaca doa iftitah, setelah kalian selesai membaca doa iftitah kalian dapat membaca surat Al-Fatihah. Sesudah melafadzkan surat Al-Fatihah kalian dapat melantunkan suratan pendek yang kalian ketahui dan kalian pahami betul.

Kemudian mengucapkan “Allahu Akbar” (Allah Maha Besar) dan rukuk. Dilanjutkan iktidal lalu membaca doa sesudah iktidal.

Selanjutnya, kalian melakukan sujud dengan benar lalu duduk diantara dua sujud dengan membaca doa duduk diantara dua sujud kemudian kalian sujud kembali. Ini adalah tata cara pada rakaat pertama, nah lakukan hal yang sama pada rakaat kedua hanya saja yang membedakan tentu suratan pendek sebaiknya gunakan surat pendek lainnya dari yang kalian baca pada rakaat pertama tadi dan pada saat setelah sujud kedua kalian melakukan posisi tahiyat lalu membaca doa tahiyat awal.

Kemudian kalian takbiratul ihram dan lakukan rakaat ketiga seperti rakaat pertama dan pada saat rakaat keempat setelah sujud terakhir kalian duduk posisi tahiyat lalu membaca tahiyat akhir.

Terakhir tata cara mengerjakan sholat duhur yakni salam dengan mengucap “Assalamu’alaiikum warrahmatullahi wabarrakatuh” sembari menolehkan kepala ke arah kanan terlebih dahulu lalu menoleh ke sebelah kiri.

Itulah Niat dan tata cara mengerjakan sholat duhur yang dapat team tuntunansholat sajikan untuk umat muslim yang membaca bacaan bermanfaat ini. Terimakasih telah membacanya hingga selesai. Silahkan lihat dan baca artikel kami lainnya yang tak kalah informatif dari artikel ini yaitu  Surat AL-Kaafirun Al-Kautsar Al-Maa’uun semoga kalian dapat mengambil hikmah dari bacaan yang telah kami sajikan khusus untuk umat muslim yang menginginkan kehidupan yang lebih baik untuk kebaikan dunia dan akhirat. Apabila kami membuat kesalahan baik itu yang kami sengaja ataupun yang tidak kami sengaja kami mohon maaf, namun jika terdapat kebaikan atau kelebihan dalam bacaan niat dan tata cara mengerjakan sholat duhur itu datangnya dari Allah SWT. Tunggu dan simak terus artikel terbaru kami yang informatif dan edukatif ini. Setelah kalian mendapatkan ilmu yang berguna ini kalian seharusnya membagikan ke kerabat atau saudara kalian, satu kali menyebarkan informasi ini maka kalian akan mendapatkan pahala, dan bayangkan jika kalian banyak menyebarkan informasi menarik ini tentu kalian mendapat berkah yang tak terduga dari Allah SWT karena sudah mau berbagi (sharing) ilmu pengetahuan seputar sholat dzuhur ke umat muslim. Terimakasih telah menjadi pembaca setia tuntunansholat, jangan lewatkan bacaan kami lainnya ya.

Advertisement
tags: , , ,