Cara Mengerjakan Sholat Subuh Dengan Qunut Dan Niatnya

Saturday, April 9th 2016. | Sholat
Advertisement

Cara Mengerjakan Sholat Subuh Dengan Qunut Dan Niatnya – Yakni sholat fardhu atau sholat wajib yang berjumlah dua rakaat dan dikerjakan sesudah terbitnya fajar (fajr) pukul 04.30 untuk wilayah Purwokerto, Jawa Tengah hingga menjelang terbitnya matahari. Ada yang mengerjakan sholat subuh dengan dan tanpa doa qunut, perbedaan pada sholat subuh ini bukan masalah, kalian dapat memilih yang kalian yakini atau yang kalian anggap mudah. Disini team tuntunansholat membahas cara mengerjakan sholat subuh dengan qunut dan niat sholat subuh yang benar. Masih banyak orang yang belum hafal ataupun sering lupa akan doa qunut saat akan sholat subuh. Niat sholat subuh ini dibaca di dalam hati dengan tulus dan karena Allah SWT semata (lillahi ta’aala). Jangan lupa wudhu sebelum mengerjakan shalat subuh. Shalat subuh dapat kalian kerjakan sendiri di rumah, berjamaah di rumah ataupun berjamaah di masjid, tetapi lebih afdol jika kalian mengerjakan sholat subuh berjamaah di masjid karena akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Sholat subuh dipercaya memiliki banyak keutamaan seperti mendapatkan rezeki, shalat subuh setara dengan sholat malam, shalat subuh penyelamat dari neraka dan salah satu jaminan masuk surga, bagi yang mengerjakan shalat subuh ini menunjukan ia orang mukmin bukan orang munafik, mendapat perlindungan dari Allah SWT, sholat subuh merupakan kunci kemenangan, disaksikan oleh para malaikat, menurut Hadits Riwayat Muslim menjelaskan Rasulullah bersadba “Dua rakaat itu lebih aku sukai daripada dunia dan seisinya”. Itulah keutamaan dari shalat subuh yang sangat luar biasa. Cara mengerjakan shalat subuh yang akan kami bahas ini urut dan lengkap dengan doa qunut. Kami mengemasnya dengan sederhana namun padat materi sehingga kalian bisa mengerti dan memahami inti sari dari artikel ini. Mulai dari niat hingga salam akan dibahas secara detail oleh tuntunansholat. Simak terus materi sholat subuh ini hingga selesai ya.

Sholat Subuh

Cara mengerjakan sholat subuh :

1. Wudhu, mensucikan diri dari hadats kecil.

Advertisement

2. Menutup aurat, untuk perempuan mengenakan mukena dan untuk laki-laki mengenakan bawahan sarung atau celana panjang dan baju koko atau baju kaos biasa.

3. Berdiri tegak, mengucap niat dalam hati.
Niat sholat subuh :

sholat subuh

sholat subuh

adversitemens

4. Takbiratul Ihram yakni berdiri tegak dan mengucap kalimat takbir “Allahu Akbar”.

5. Selanjutnya, membaca doa iftitah. dilanjutkan dengan surat Al-Fatihah dan suratan pendek yang kalian hafal.

6. Melafadzkan kalimat takbir “Allahu Akbar” dan melakukan rukuk. Kemudian membaca doa rukuk.

7. Iktidal lalu membaca doa setelah iktidal.

8. Selanjutnya kita sujud pertama lalu duduk diantara dua sujud kemudian kembali sujud. Rakaat pertama selesai berikutnya mengucap lafadz “Allahu Akbar” sambil berdiri dan bersedekap membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan suratan pendek yang kalian ingat.

9. Dengan tulus melantunkan “Allahu Akbar ” lalu rukuk, iktidal dan setelah itu membaca doa sesudah iktidal.

10. Kemudian melantunkan doa qunut masih pada posisi berdiri iktidal.

Doa qunut dan artinya :

sholat subuh

sholat subuh

sholat subuh

11. Sujud pertama, lalu duduk diantara dua sujud kemudian sujud kembali.

12. Duduk tahiyat akhir dengan posisi duduk yang sedikit menyamping ke kiri dan melantunkan tahiyat akhir.

13. Terakhir adalah salam.

Demikian tadi ulasan sederhana nan padat materi tentang cara mengerjakan sholat subuh dengan qunut dan niatnya. Semoga bacaan mengenai shalat subuh ini bermanfaat dan dapat langsung kalian terapkan dikehidupan nyata, serta jangan lupa membagi ilmu bermanfaat ini ke sanak saudara dan kerabat terdekat kalian. Tidak hanya menjalankan sholat subuh tetapi sholat fardhu lainnya seperti sholat dhuhur, sholat ashar, sholat mahgrib dan sholat ‘isya, serta bila kalian sanggup kalian bisa menjalankan sholat sunnah maka kalian akan mendapatkan kehidupan dunia akhirat yang nikmat dan barokah, Masya Allah sungguh nikmat karunia yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-Mu ini asalkan kita taat. Simak Dalil Yang Mewajibkan Sholat dari tuntunansholat, sehingga kalian bisa menggali lebih dalam lagi ilmu agama. Ikuti bacaan-bacaan menarik lainnya hanya di tuntunansholat. Jangan sampai kalian ketinggalan informasi menarik yang sangat bermanfaat ya.

Advertisement
tags: , , , ,