Tuntunan Sholat Tarawih 20 Rakaat Di Bulan Ramadhan

Saturday, May 28th 2016. | Sholat Tarawih
Advertisement

Tuntunan Sholat Tarawih 20 Rakaat Di Bulan Ramadhan – Assalammu’alaikum wahai umat Muslim yang mencintai Allah SWT dan semoga selalu berada dalam jalan-Nya serta lindungan-Nya. Puji Syukur atas segala anugerah Allah Yang Maha Kuasa sehingga mengizinkan team redaktur tuntunansholat menyapa pembaca setia dan tak lupa hadir bersama dengan artikel Islami yang pastinya selalu ditunggu-tunggu oleh para pembaca sekalian. Pada hari ini yang begitu indah dan insya Allah penuh keberkahan, kami bersama dengan artikel Sholat Tarawih 20 Rakaat, yang akan membahas secara rinci akan Sholat Tarawih 20 Rakaat. Sholat Tarawih sendiri memiliki pengertian, yakni suatu sholat sunnah muakkad yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Muslim baik dia laki-laki ataupun perempuan pada Bulan Suci Ramadhan. Waktu melaksanakan Sholat Tarawih 20 Rakaat ini pada malam hari seusai kita menjalankan ibadah Sholat ‘Isya, namun secara detail penjabaran akan waktu mengerjakan Sholat Tarawih 20 Rakaat ini yakni ketika malam hari setelah mengerjakan Sholat ‘Isya sampai sebelum terbitnya fajar atau masuk waktu imsyak selama 30 hari penuh pada Bulan Suci Ramadhan. Disebut sebagai Bulan Suci karena pada Bulan Ramadhan semua kebaikan yang kita perbuat akan berlipat ganda pahala yang diperoleh, serta bertepatan pada Bulan penuh berkah ini Pintu Neraka pun tertutup rapat, sedangkan Pintu Surga dan Pintu Taubat selalu terbuka untuk kalian yang ingin selalu mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Jadi jangan sampai alian melewatkan kesempatan ini, karena Sholat Tarawih 20 Rakaat memiliki keutamaan tersendiri.

Sholat Tarawih 20 Rakaat

Adapun keutamaan dari Sholat Tarawih yaitu pahala yang kita dapat setara dengan pahala melaksanakan sholat fardhu lima waktu, jadi jangan lewatkan Sholat sunnah yang satu ini ya. Apalagi jika kita mengerjakan Sholat Tarawih, pasti pahalanyapun bertambah, tetapi semua pahala itu didapat hanya jika kita menjalankan Sholat Tarawih 20 Rakaat dengan khusyuk dan penuh rasa ikhlas. Bahkan bukan hanya memperoleh pahala semata tetapi dosa-dosa kecil yang telah kita perbuat di masa kelampun akan diampuni oleh Allah Yang Maha Pengasih. Seperti yang tertera dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim yang berisi bahwa Abu Hurairah menjelaskan Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai berikut : “Barang siapa setiap Muslim yang menunaikan atau mengerjakan Sholat Tarawih Ramadhan karena iman dan mencari pahala maka dosa-dosa mereka yang lampau akan diampuni oleh Allah SWT”. Jadi percayalah apabila kita beribadah atas dasar taqwa kepada Allah dengan khusyuk dan hati yang ikhlas mengharap ridho Allah semata maka berjuta nikmat yang akan datang dalam kehidupan kita semua. Mari kita simak dengan seksama materi Sholat Tarawih ini agar kita dapat ilmu Islami yang utuh dan pesan dari artikel Sholat Tarawih 20 Rakaat ini tersampaikan dengan baik serta mampu kita aplikasikan saat Bulan Ramadhan nanti.

Advertisement

Jumlah rakaat Sholat Tarawih ada yang 8 rakaat dan 20 rakaat, namun para mazhabpun menganut Sholat Tarawih 20 Rakaat seperti Mazhab Maliki, Mazhab hambali, Mazhab Syafi’i dan Mazhab Hanafi dengan mengerjakan Sholat Tarawih 20 rakaat ditambah 1 atau 3 rakaat Sholat Witir. Seperti yang dilakukan Umar Bin Khatab sahabat Nabi Muhammad SAW pada Zaman Khalifah. Sehingga sampai saat ini banyak yang mengerjakan Sholat Tarawih 20 Rakaat, walaupun ada yang mengerjakan 8 rakaat Sholat Tarawih dan 3 rakaat Sholat Witir namun tidak menyalahkan tata cara Sholat Tarawih 20 Rakaat. Sebenarnya Rasul mengerjakan sholat malam atau Sholat Tarawih ini 8 rakaat selama empat hari tetapi berhenti karena takut banyak yang beranggapan Sholat Tarawih ini sholat yang wajib kita kerjakan, padahal pada dasarnya Sholat Tarawih ini sunnah muakkad. Sholat Tarawih 20 Rakaat ini dikerjakan 2 rakaat dengan satu salam. Jadi terdapat 10 salam dalam Sholat Tarawih 20 Rakaat. Serta adapun tata Cara Mengerjakan Sholat Tarawih yang sebelumnya kita bahas secara mendalam, dapat kalian simak dan pelajari baik-baik agar Sholat Tarawih kalianpun afdol. Sebelum mengerjakan Sholat Tarawih tentunya kita melafadzkan niat Sholat Tarawih. Sholat Tarawih 20 Rakaat niatnya mengerjakan Sholat Tarawih dua rakaat yang dibaca tiap kita Sholat Tarawih berarti kita mengucapkannya sebanyak 10 kali.

Berikut Niat Sholat Tarawih 20 Rakaat, baik menjadi imam maupun ma’mum :

Sholat Tarawih 20 Rakaat

 

Sholat Tarawih 20 Rakaat

adversitemens

Demikianlah artikel Sholat Tarawih 20 Rakaat yang dapat kami berikan untuk kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu membuka mata kalian dengan wawasan Islami sehingga kalian mampu mengerjakan Sholat Tarawihdengan benar. Terimakasih telah menyimak bacaan Sholat Tarawih 20 Rakaat hingga tuntas dan saksikan artikel berikutnya yang juga terdapat manfaat dan kumpulan tuntunan sholat yang direkomendasikan untuk dibaca serta diterapkan. Jika ada kekurangan pada artikel kami ucapkan kata maaf, namun apabila terdapat banyak kelebihan itu datangnya atas seizin Allah SWT Yang Maha Kuasa, Billahi taufik walhidayah wassalammu’alaikum wr wb.

Advertisement
tags: , , ,