Kumpulan Syarat Dan Ketentuan Sholat Jama’ah

Saturday, April 30th 2016. | Sholat
Advertisement

Kumpulan Syarat Dan Ketentuan Sholat Jama’ah – Takkan ada hentinya kami selaku team tuntunansholat bersyukur atas nikmat karunia-Nya sehingga pada hari ini kami masih sanggup untuk berbagi ilmu Islami dengan pembaca setia sekalian. Pada kesempatan yang indah ini ijinkan kami untuk memberitahukan informasi yang sangat penting untuk kehidupan kita dalam hal beribadah tentunya, yakni Syarat dan Ketentuan Sholat Jama’ah. Masih banyak kalangan baik itu kalangan muda maupun kalangan dewasa yang bingung bagaimana syarat dan ketentuan dalam melaksanakan Sholat Jama’ah, maka dari itu kami memiliki ide untuk menghadirkan materi syarat dan ketentuan dalam Sholat Jama’ah yang mampu menjawab semua pertanyaan dan rasa ingin tahu kalian akan Sholat Jama’ah. Pertama kita bahas terlebih dahulu penjabaran akan Sholat Jama’ah, Sholat Jama’ah itu sendiri merupakan ibadah sholat yang dikerjakan secara bersama-sama yang sekurang-kurangnya terdiri atas dua orang, yakni seorang imam dan seorang ma’mum namun makin banyak ma’mum maka makin baik dan pahalapun semakin bertambah. Hukum melaksanakan ibadah Sholat Jama’ah merupakan sunnah, sunnah yang berarti jika kita kerjakan Sholat Jama’ah maka kita akan mendapatkan pahala, tetapi jika tidak mengerjakan Sholat Jama’ah maka tidak berdosa. Nah terus ikuti wacana yang satu ini karena terdapat ilmu Islami yang patut kita terapkan pada kehidupan kita.

Sholat Jama’ah

Kumpulan Syarat Dan Ketentuan Sholat Jama’ah

Berikut merupakan Sholat yang disunnahkan untuk dikerjakan secara Jama’ah :

  1. Sholat fardhu atau sholat lima waktu yang terdiri dari : sholat subuh, sholat dhuhur, sholat ashar, sholat mahgrib dan sholat ‘isya.
  2. Sholat Ied atau sholat dua hari raya yakni Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.
  3. Sholat Tarawih dan Sholat Witir ketika Bulan Ramadhan.
  4. Sholat Mayit atau Sholat Jenazah.
  5. Sholat Gerhana, baik gerhana bulan dan juga gerhana matahari.
  6. Sholat Istisqa atau sholat minta hujan turun.

Syarat dan ketentuan Sholat Jama’ah :

  • Posisi Imam di depan, dan posisi ma’mum dibelakang imam, jika ma’mum itu kaum adam maka posisi tepat dibelakang sebelah kanan imam, namun jika ma’mum itu kaum hawa maka posisinya ialah dibelakang sebelah kiri imam dengan dibatasi kain.
  • Membaca niat sesuai dengan posisi apakah kalian menjadi imam atau ma’mum, serta usahakan melafadzkan niat sesuai dengan sholat yang akan dikerjakan.
  • Ma’mum mengetahui serta mengikuti gerakan imam.
  • Tidak boleh mendahului imam pada saat takbir, ataupun mendahului gerakan lainnya dalam sholat.
  • Janganlah terkemuka tempat dari imam.
  • Jarak antara posisi imam dengan ma’mum tidak lebih dari 300 hasta.

Kami rasa hanya ini ilmu Islami yang dapat kami sampaikan hari ini kepada pembaca setia sekalian. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menghadirkan wacana yang kaya akan ilmu Islami, informatif serta akurat dari sumber yang shahih. Tetapi pepatah mengatakan tak ada gading yang tak retak, maka maafkanlah team tuntunansholat apabila terdapat kesalahan dalam penulisan. Semoga wacana Sholat Jama’ah ini bermanfaat untuk pembaca sekalian dan mampu kalian implementasikan pada kehidupan real kalian. Usahakan kalian tak hanya mengamalkan ilmu Islami seputar Sholat Jamaah ini tetapi mampu berbagi kepada sesama umat Muslim sehingga ilmu Islami ini tak pernah terhenti dan terputuskan hanya pada kalian. Terimakasih telah membaca wacana kami yang satu ini, silahkan coba kalian baca juga materi bacaan kami lainnya yaitu Surat Yasin dan Ayat Kursi untuk memperkaya ilmu kalian tentunya demi memperlancar ibadah kalian sehingga lebih optimal dan kalian juga mengetahui mana yang benar dan salah. Tunggu artikel, bacaan, dan wacana dari tuntunansholat lainnya, ingin mempelajari ilmu Islami tentu hanya di tuntunansholat.

Advertisement

Advertisement
tags: , , ,