Kumpulan Syarat Dan ketentunan Shalat Qashar Dan Jama

Sunday, April 10th 2016. | Sholat
Advertisement

Kumpulan Syarat Dan ketentunan Shalat Qashar Dan Jama – Asalamu’ alaikum wr.wb, alhamdulillah hirobil alamin tuntunansholat.info kali ini dapat update di hadapan anda tentang Syarat dan ketentuan shalat qashar dan jama’. Ngomong-ngomong ada yang tau apa itu shalat qashar dan shalat jama’?, untuk kalian yang sudah tahu berarti sudah tau tentang pengertiannya, dan untuk yang belum tahu, kami akan coba menjelaskannya sedikii untuk kalian. Jadi Shalat Qashar adalah sebuah shalat yang dilakukan dengan cara meringkas atau mengurangi jumlah raka’at dari suatu shalat yang bersangkutan. Dan Shalat Jama’ adalah sebuah shalat yang dikumpulkan, semisal shalat Ashar, Maghrib dan Isya di jadikan dalam satu waktu yang sama. SholatSholat ini biasanya dilakukan ketika kalian yang sedang berpergian dan tidak sempat melakukan shalat karena susah untuk menjalankannya. Karena itu kami sebagai admin tuntunan sholat ingin memberikan info menarik tentang shalat Qashar Dan Jama’ untuk anda yang sering berpergian, supaya disaat berpergian anda bisa mengganti shalat yang ditinggalkan dengan menjalankan shalat qashar dan Jama’. Untuk lebi detainya kali akan jelaskan mengenai syarat dan ketentuan dalam menjalankan Shalat Qashar dan Jama’ berikut ini.

Shalat Qashar Dan Jama

Syarat Dan Ketentuan Shalat Qashar Dan Jama’

Shalat Qashar

Mungkin kalian sudah mengikuti penjelasan mengenai shalat qashar diatas, namun untuk lebih melengkapi kami bahas lagi disini. Shalat Qashar ialah shalat yang dapat kalian kerjakan ketika berpergian jauh dengan cara menyingkat atau mengurangi jumlah rakaat dari shatal tersebut. Ini merupakan sebuah shalat yang diberikan untuk keringanan kepada mereka yang sedang melakukan perjalanan atau safar. Ada beberapa shalat yang boleh di qashar diantaranya adalah shalat Dzuhur, Ashar, Isya, dimana dimana rakaat solalat tersebut adalah 4, yang jika diringkas menjadi 2 rakaat saja.

Advertisement

Syarat shalat Qashar sebagai berikut:

  1. Jarak perjalanan yang sedang di tempuh minimal dua hari dalam perjalalanan yang ditempuh dengan jalan kakiĀ  atau dua marhalah, yaitu sama dengan 138 km.
  2. Berpergian bukan untuk hal yang Maksiat.
  3. Shalat yang boleh di Qashar merupakan shalat yang memiliki 4 rakaat dan bukan qadha.
  4. Niat mengqashar pada waktu taqbiratul iqram.
  5. Tidak makmum kepada orang yang bukan musaffir.

Itulah tadi syarat dan ketentuan dari shalat Qashar, dan menurut dari Abd. Rahman Al-Jazairi yang terdapat dalam Kitabul Fiqih ala Madzahibil Arba;ah disitu dinyatakan jaraknya mencapai 81 km.Shalat Jama’

Shalat Jama’

Sholat ini merupakan sebuah sholat yang dapat kalian laksanakan dengan cara mengumpulkan dua shalat wajib dan satu waktu, seperti shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya yang dikerjakan dalam satu waktu. Shalat yang bisa di Jama’ atau Jamak adalah shalat Dzuhur dengan Ashar, bisa juga shalat maghrib dengan Isya.

Cara mengerjakan Shalat Jama’

  • Jika sholat dzuhur dan sholat ashar dikerjakan ketika shalat dzuhur, lalu maghrib dan isya dikerjakan pada waktu maghrib, maka jama’ tersebut disebut dengan Jama’Taqdim.
  • Jika sholat dzuhur dan ashar dilakukan pada waktu shalat ashar, lalu shalat Maghrp dan sholat isya bisa kalian kerjakan pada waktu sholat isya. disebut dengan Jama’ Ta’khir.

Shalat Jama’ dibedakan menjadi yaitu diantaranya adalah Jama’ Taqdim dan Jama’Ta’khir. Keduanya akan kami jelaskan pada berikut ini.

1. Jama’Taqdim merupakan sebuah penggabungan dua shalat dalam satu waktu, dengan cara memajukan waktu shalat yang belum masuk waktu ke dalam shalat yang sudah masuk waktu. berikut ini adalah syarat Jama’ taqdim :

adversitemens
  1. Dikerjakan dengan cara yang tertib, sesuai dengan urutan waktu sholat yang benar.
  2. Niat shalat jama’ dilakukan pada waktu shalat pertama
  3. Keudanya berurutan, tidak boleh di selah dengan sholat sunah ataupun yang lainnya.

2. Jama’ Ta’khir penggabungan shalat yang dilakukan dalam satu waktu, dengan cara mengundurkan shalat yang sudah masuk waktu ke dalam shalat yang berikutnya. Syarat Shalat Jama’ Ta’khir :

  1. Niat shalat Jama’ Ta’khir dilakukan ketika shalat yang pertama.
  2. Waktunya masih dalam perjalanan tepat datangnya waktu yang kedua.

Itulah tadi Syarat dan ketentuan Shalat Qashar dan jama’ yang dapat kami berikan untuk anda semua yang ingin menambah pengetahuan tentang sholat. Kami harap dengan adanya update kali ini dapat memberikan hal yang positif dalam kegiatan beragama kalian. Oia kami juga telah memberikan Cara Mengerjakan Sholat Subuh Dengan Qunut yang kami berikan pada artikel sebelumnya, barangkali diantara kalian ada yang ingin membacanya. terimakasih dan wasalamu’alaikum wr.wb.

Advertisement
tags: , , ,