Syarat Dan Rukun Islam Beserta Pengertiannya

Monday, April 25th 2016. | Sholat
Advertisement

Syarat Dan Rukun Islam Beserta Pengertiannya – merupakan pilar-pilar agama yang berasal dari kata Arkan Al-Islam dan Arkan Ad-Din terdiri dari lima tindakan dasar pada Islam dijadikan pondasi wajib bagi mukmin serta dasar inti kehidupan kaum muslim yang karus dipenuhi. Hari ini kita akan membahas tentang Syarat dan Rukun Islam yang kami kemas dengan begitu ringkas namun berbobot sehingga kalian dapat memahami serta memaknai Syarat dan Rukun Islam dengan baik. Sebenarnya kalian pasti sudah tau bukan apa itu Rukun Islam dan terdiri dari apa saja Rukun Islam tersebut, nah kali ini kita akan bahas kembali sehingga kalian dapat mengingat dengan jelas materi seputar Rukun Islam. Team tuntunansholat akan membahas materi Rukun Islam dengan lengkap dan jelas, semoga kalian membaca hingga selesai dan mampu mengamalkannya sebagai bentuk nyata beriman kepada Allah SWT. Tuntunansholat akan mengupas tuntas isi Rukun Islam di bawah ini, jadi jangan kemana-mana dan lanjut membaca artikel ini hingga selesai ya. Rukun Islam ini juga dikatakan sebagai syarat dan kegiatan yang wajib dijalankan jika kita masuk Islam atau kita beragama Islam. Rukun Islam yang terdiri dari lima rukun ini, ketika kita menjalankan tentu ada makna yang terkandung. Di bawah nanti akan banyak pembahasan yang akan kita bahas, “So don’t go anywhere”.

Rukun Islam

Syarat Dan Rukun Islam

Syarat Islam

yang harus dipenuhi sebelum mengerjakan suatu ibadah dalam Islam. Jika tidak terpenuhi maka ibadahnyapun batal. Berikut penjelasan lengkapnya :

Advertisement
  • Sah, dikatakan sah jika semua syarat terpenuhi maka ibadahpun diterima oleh Allah SWT dan kita mendapatkan imbalan berupa pahala.
  • Batal, dikatakan batal apabila syarat rukunnya tidak benar dijalankan atau kurang memenuhi kriteria dari syarat rukunnya.

Rukun Islam :

  • Pertama yakni mengucapkan dua kalimat syahadat, dua kalimat syahadat itu sendiri memiliki makna yakni kalimat yang menunjukkan kesaksian hamba bahwa Allah SWT Maha Esa dan Nabi Muhammad SAW merupakan utusan-Nya. Dua kalimat syahadat ini jika kalian mengucapkan maka kalian sah masuk agama Islam dan pada jalan yang benar. Bukan hanya diucapkan melalui lisan saja, tetapi dimantapkan di dalam hati dan mengamalkannya dengan berbuat kebajikan serta beramal sholeh sesuai syariat. Berikut dua kalimat syahadat lengkap dengan artinya :
    Rukun Islam
    Rukun Islam
  • Kedua yaitu sholat, kalian menjalankan sholat fardhu atau sholat lima waktu makan kalian menjalankan rukun Islam sebagai wujud nyata kalian bertaqwa kepada Allah SWT.
  • Ketiga adalah puasa, lebih tepatnya menjalankan ibadah puasa ketika bulan Ramadhan tiba. Berpuasa dengan maksud menahan segala hawa nafsu baik itu nafsu makan ataupun nafsu syahwat namun tetap ikhlas dan tegar menghadapi aktifitas keseharian. Pada Rukun Islam yang ketiga ini kita diajarkan untuk merasakan apa yang saudara kita rasakan diluar sana yang memiliki keadaan fakir miskin yang kekurangan dan tidak bisa makan. Bukan hanya itu, tetapi kita juga diajarkan untuk selalu bersyukur apapun nikmat dan rezeki yang kita terima, karena sesungguhnya masih banyak yang kurang beruntung dan bahkan sangat kurang dibandingkan kita. Jadi selalu lihat kebawah, jangan sombong dan lihat terlalu atas.
  • Rukun Islam yang keempat ialah zakat. Karena sesungguhnya rezeki yang kita terima 2,5 % adalah bagian dari orang-orang yang membutuhkan atau orang fakir. Allah telah memerintah kita untuk berbagi saat harta yang kita miliki sudah mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat setiap tahunnya. Biasanya kita berzakat hanya pada saat Bulan Ramadhan yakni zakat fitrah. Namun sesungguhnya setiap bulannya jika kita menerima rezeki, sudah seharusnya kita memberi 2,5 % dari rezeki yang kita terima itu kepada orang yang lebih membutuhkan bisa ke orang yang fakir, orang miskin, atau yatim piatu. Maka nikmat atau rezeki yang kita terima akan bertambah jika kita ikhlas dalam berzakat dan berbagi dengan sesama umat Islam di muka Bumi ini.
  • Rukun Islam yang terakhir adalah Haji. Haji atau ziarah ke Baitullah Mekkah atau Rumah Allah SWT di Mekkah dapat kalian jalankan sekali seumur hidup bagi yang mampu. Haji merupakan bentuk ibadah ke Tanah Suci dimana kita berdoa dan bersembahYang serta melakukan bentuk ibadah lainnya yang memiliki pahala yang lebih, dan disana kita akan mendapatkan balasan selama kita hidup, jika selama ini kita berbuat baik maka ibadah kalian di Mekkah akan lancar tetapi jika sikap sifat kita selama ini kurang baik maka perjalanan ibadah selama di Mekkah kurang lancar atau menerima hambatan.

Demikian materi Rukun Islam yang dapat kami sampaikan kepada kalian. Materi Rukun Islam ini telah dikemas sebegitu ringkas tetapi berbobot dan langsung pada inti materi sehingga diharapkan kalian nyaman dalam membaca artikel kami tadi mengenai Rukun Islam. Jadi kesimpulannya, Rukun Islam terdiri atas lima yakni membaca dua kalimat syahadat, menjalankan sholat lima waktu, berpuasa, zakat dan haji. Jika kalian telah melaksanakan kelimanya maka ibadah kalian selama hidup ini afdol dan lengkap. Silahkan baca artikel kami sebelumnya dengan materi Pengertian Hukum Islam yang Insya Allah akan membuat kalian makin memahami Islam dan mencintai agama Islam sepenuh hati. Semoga bacaan-bacaan yang telah kami sampaikan kepada pembaca di rumah bermanfaat dan mampu kalian serap inti materinya dengan baik, jika ada kesalahan kami team tuntunansholat mohon maaf namun jika ada kelebihkan itu datangnya hanya dari Allah semata. Baca terus artikel dari tuntunansholat lainnya ya, terimakasih.

Advertisement
tags: , , , ,