Pengertian Syarat Dan Rukun Shalat

Friday, April 1st 2016. | Sholat
Advertisement

Syarat Dan Rukun Shalat – Syarat shalat merupakan suatu hal yang harus dipenuhi sebelum mengerjakan shalat, beda dengan rukun shalat yang memiliki penjelasan sebagai tata cara atau urut-urutan yang benar saat mengerjakan shalat. Banyak orang yang masih keliru antara syarat dan rukun shalat. Keduanya sangatlah penting dan perlu kita perhatikan sehingga ibadah kita bisa diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan pahala. Team tuntunansholat akan membahas tentang syarat dan rukun shalat agar kalian dapat mengerti apa saja yang harus dipenuhi serta dikerjakan dalam syarat dan rukun shalat. Apabila syarat dan rukun shalat kalian penuhi maka kalian akan merasakan nikmat yang tak terduga dari-Nya. Syarat shalat dibagi menjadi dua yakni syarat wajib dan syarat sah sholat. Jadi simak terus artikel dari kami yang mengulas syarat dan rukun shalat secara detail atau mendalam. Yang pastinya dapat menambah wawasan kalian. Berikut syarat dan rukun shalat yang kami sajikan dengan begitu rapi dan menarik untuk dipelajari.

Syarat Dan Rukun Shalat

Syarat Dan Rukun Shalat

Syarat wajib sholat :

– Beragama Islam, setiap muslim diwajibkan untuk sholat, selain muslim tidak diwajibkan mnjalankan sholat. Sesuai dengan hadits berikut :

Advertisement

dalil sholat penebus dosa

– Baligh atau dewasa, ada yang mengatakan bahwa laki-laki dikatakan baligh saat berumur 15 tahun dan perempuan disebut baligh atau dewasa saat berusia 9 tahun. Namun lebih tepatnya laki-laki bisa dibilang masuk baligh saat telah mengeluarkan sperma atau telah mimpi basah dan perempuan ketika telah haidh atau menstruasi.

dalil perintah sholat

– Berakal, memiliki akal yang sehat atau tidak gila.

adversitemens

– Telah mengetahhui dakwah tentang sholat.

– Tidak dalam keadaan haidh atau nifas. Haidh ialah darah kotor yang keluar dari rahim wanita, keluarnya darah tersebut yakni sunnatullah yang ditetapkan Allah SWT kepada seorang wanita. Jadi haidh merupakan suatu yang normal bagi wanita yang sudah masuk baligh atau dewasa. Kalau nifas merupakan darah yang keluar karena persalinan, baik saat proses persalinan maupun sebelum dan sesudah persalinan yang disertai dengan rasa sakit mendalam.

Syarat sah sholat :

– Suci badan, pakaian dan tempat untuk beribadah sholat dari berbagai macam najis. Suci badan berarti bersih dari hadas kecil dan besar. Pakaian yang kita kenakanpun haruslah bersih saat kita bersembahYang serta tempat beribadah yang bersih sehingga nyaman kita dalam mengerjakan sholat.

– Menghadap kiblat artinya kita mengerjakan ibadah sholat baik sholat wajib maupun sholat sunnah itu menghadap jihadnya yaitu ka’bah.

– Menutup aurat, berasal dari kata al-aurat yang memiliki makna segala perkara yang dirasa malu. Aurat bagi wanita yaitu seluruh badannya kecuali kedua telapak tangannya dan  wajah. Namun berbeda dengan aurat laki-laki yakni antara pusar dengan lutut.

  • Sudah masuk jam sholat.

Sedangkan rukun sholat, sebagai berikut :

  • Pertama niat sholat
  • Lalu takbiratul ihram
  • Berdiri bagi orang yang mampu
  • Selanjutnya membaca QS Al-Fatihah.
  • Rukuk dan tuma’ninah.
  • Berikutnya yaitu i’tidal.
  • Kemudian sujud dan tuma’ninah.
  • Duduk diantara dua sujud, lalu sujud kembali dengan tidak tergesa-gesa atau tuma’ninah.
  • Tasyahud akhir.
  • Duduk setelah tasyahud, bershalawat lalu salam.
  • Tertib.

Sekian ulasan tentang syarat dan rukun shalat yang wajib kita ketahui dan kita amalkan. Semoga artikel syarat dan rukun shalat ini bermanfaat bagi para muslimin dan muslimat sekalian yang membacanya. syarat dan rukun shalat ini kami ambil dari sumber dan hadits yang shahih, jadi kalian tidak perlu khawatir lagi akan kebenaran dari syarat dan rukun shalat yang telah kami post ini. Semoga kalian dapat mengamalkan dan membagi informasi penting syarat dan rukun shalat kepada sesama umat muslim sehingga kita mendapatkan pahala yang berlipat. Sebelumnya kami telah mem-posting Bacaan Rukuk I’tidal Sujud Dan Duduk Antara Dua Sujud, silahkan lihat bacaan rukuk i’tidal sujud dan duduk antara dua sujud untuk menambah pengetahuan agama kalian. Tunggu update-an terbaru dari kami seputar doa-doa sholat, doa keseharian, tentang sholat, wudhu dan masih banyak lagi informasi menarik lainnya yang sayang sekali jika kalian lewatkan.

Advertisement
tags: , , ,