Syarat Sah Hewan Qurban Yang Baik

Thursday, August 25th 2016. | Qurban
Advertisement

Syarat Sah Hewan Qurban – Assalammu’alaikum pembaca sekalian, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membuka tuntunansholat guna mencari pengetahuan yang ingin kalian ketahui. Puji syukur atas segala rahmat yang sudah Allah SWT berikan kepada setiap umat-Nya, sehingga pada hari ini kami selaku team tuntunansholat dapat menyelesaikan artikel Syarat Sah Hewan Qurban dan membagikan informasi seputar Syarat Sah Hewan Qurban kepada pembaca setia sekalian. Semoga shalawat dan salam tak lupa berkumandang tertuju kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah berjuang menyiarkan Islam hingga kepenghujung negeri, dengan adanya bershalawat dan mengucap salam niscaya kita akan mendapatkan syafa’at di Hari Akhir serta harapan utamanya kita dapat bercermin sikap dengan meniru seluruh sikap sifat baik yang Rasulullah SAW miliki. Masih mengulas lengkap seputar Ibadah Qurban yang lebih rinci lagi dengan membahas Syarat Sah Hewan Qurban. Terdapat Syarat Sah Hewan Qurban yang baik dalam Syariat Islam yang perlu kalian ketahui sebagai bentuk bahwa kita beriman kepada Allah SWT.

Syarat Sah Hewan Qurban

Mari kita perhatikan lagi tentang Ibadah Qurban, mulai dari pengertian dari qurban yang artinya menyisihkan sebagian rezeki untuk membeli hewan qurban, menyembelih hewan qurban tersebut kemudian dibagikan daging tersebut kepada sesama yang membutuhkan atau kurang mampu dalam segi perekonomian. Ibadah qurban di Hari Raya Idul Adha guna berbagi kebahagian kepada sesama, agar seluruh umat Islam dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan makan makanan yang enak nan bergizi seperti daging qurban tadi. Ibadah qurban ini termasuk dalam kategori ibadah sunnah muakkad dan merupakan salah satu ibadah atau kegiatan yang paling dicintai oleh Allah SWT. Tercantum dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda bahwa “Tidak ada perbuatan manusia yang paling dicintai oleh Allah Ta’aala pada hari qurban kecuali mengucurkan darah hewan qurban karena sesungguhnya hewan tersebut akan datang pada hari kiamat dengan bentuk seutuhnya (tanduk, kuku dan kulitnya) dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai disisi Allah SWT sebelum sampai ke Bumi”.

Advertisement

Syarat Sah Hewan Qurban Yang Baik

Simak dengan seksama Syarat Sah Hewan Qurban yang baik di bawah ini :

1. Syarat Sah Hewan Qurban yang pertama ialah telah memenuhi umur untuk hewan qurban yang baik. Adapun hewan qurbannya sebagai berikut :

  • Domba atau Biri-biri umur minimal enam bulan, namun sebaiknya umur minimal satu tahun, jika sulit mendapatkan yang berumur satu tahun maka diperbolehkan untuk membeli hewan qurban jenis Domba ataupun Biri-biri yang berumur enam bulan.
  • Kambing, misal Kambing Jawa dan bukan jenis Domba atau Biri-biri minimal berumur satu tahun dan telah masuk tahun kedua.
  • Sapi, misal Sapi Jawa atau Sapi Madura maupun Sapi Bali minimal berumur dua tahun dan telah masuk tahun ketiga.
  • Unta yang minimal berumur lima tahun serta telah masuk tahun keenam.

2. Berikutnya dalam Syarat Sah Hewan Qurban adalah dengan memilih dan membeli hewan qurban yang memiliki kondisi fisik yang prima alias sehat. Adapun ciri-ciri dari hewan qurban yang sehat sebagai berikut :

  • Mata jernih dan tidak buta menandakan sehat.
  • Kaki tidak pincang.
  • Kondisi tubuh tidak ada luka.
  • Badan haruslah gemuk sehingga penuh dengan lemak dan sumsum.
  • Serta, tidak tengah mengandung anak maupun pasca melahirkan anak.

3. Syarat Sah Hewan Qurban yang terakhir ialah waktu penyembelihan yang tepat. Awal waktu untuk menyembelih hewan qurban yaitu seusai sholat Idul Adha, sedangkan batas akhir penyembelihan terdapat dua pendapat yang berbeda. Batas akhir menurut pendapat pertama jatuh pada tanggal 12 Dzulhijjah tepat matahari terbenam, sementara pendapat lainnya mengatakan bahwa batas akhir dari waktu penyembelihan hewan qurban ini adalah pada tanggal 13 Dzulhijjah saat matahari terbenam. Silahkan yakini yang menurut kalian benar.

adversitemens

Demikian tadi Syarat Sah Hewan Qurban, dimana terdapat tiga syarat dan ketiga Syarat Sah Hewan Qurban tersebut haruslah kita ketahui serta dipahami agar ketika memilih, membeli, menyembelih hewan qurban dikatakan sah sehingga daging qurbanpun menjadi berkah tersendiri. Setelah menyimak lengkap Syarat Sah Hewan Qurban di atas, maka kami team tuntunansholat tentu telah memberikan informasi penting untuk pembaca sekalian. Simak artikel dari tuntunansholat sebelumnya membahas Cara Memilih Hewan Qurban, semoga bermanfaat ketika kalian hendak membeli hewan qurban untuk acara Hari Raya Idul Adha. Sesaat kalian menemukan kesalahan dalam artikel Syarat Sah Hewan Qurban ini, kami selaku team penulis tuntunansholat meminta maaf dan mengharap kemaklumannya semoga kami berkesempatan untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Cukup sekian artikel hari ini yang membahas Syarat Sah Hewan Qurban, Wassalammu’alaikum pembaca sekalian.

Advertisement
tags: , , , ,