Doa Dan Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri Serta Idul Adha

Friday, May 13th 2016. | Doa
Advertisement

Doa Dan Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri Serta Idul Adha – Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri serta Idul Adha tentu kita harus mengetahui dan melafadzkan bacaan Takbir Hari Raya. Insya Allah pada kesempatan ini Allah SWT mengizinkan team tuntunansholat untuk membagi informasi Islami yang kami ketahui seputar Takbir Hari Raya. Takbir Hari Raya dibaca berulang-ulang hingga waktu adzan Sholat Ied berkumandang dengan megahnya. Melantunkan Takbir Hari Raya menurut syari’at Islam adalah sunnah dibacanya Takbir Hari Raya dimalam hari serta sebelum dimulainya Sholat Hari Raya. Disunnahkan setiap pria dan wanita membaca kalimat takbir, saat di rumah, dalam perjalanan ke Masjid, dan dimana saja mulai dari terbenamnya surya malam Idul Fitri hingga Imam melakukan Sholat Ied menurut Kitab Fathul Qarib. Baiklah masih banyak lagi informasi dan fakta-fakta menarik seputar Takbir Hari Raya hanya di tuntunansholat, saksikan terus hingga akhir artikel karena di akhir akan ada kesimpulan dari artikel Takbir Hari Raya ini.

Takbir Hari Raya

Berikut Bacaan Takbir Hari Raya :

Takbir Hari Raya

Advertisement

Latin :

Takbir Hari Raya

Artinya :

Takbir Hari Raya

adversitemens

Jadi dengan kata lain, Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri itu mengandung makna akan kalimat pujian terhadap Sang Pencipta dengan menyebutkan nama-nama baik Al-Khaliq dan pengakuan bahwa kita sebagai hamba yang mengikuti agama-Nya. Bagi mereka-mereka atau kaum Muslim yang senantiasa melantunkan bacaan Takbir saat Hari Raya ini dimana saja sebelum melaksanakan Sholat Ied maka Subhanallah kalian akan mendapatkan manfaat dari membaca Takbir pada Hari Raya ini yakni : mampu meleburkan dosa-dosa di masa lampau baik yang disengaja ataupun dosa yang tidak disengaja kita perbuat. Manfaat atau lebih tepatnya keutamaan dari Takbir saat Hari Raya¬† seperti kalimat berikut Perbanyaklah membaca Takbir pada malam Hari raya karena dapat meleburkan dosa. Diperbanyaklah mengingat Allah SWT maka kita akan menjadi hamba yang selalu mengingat akan hal-hal baik, melakukan hal baik serta jauh dari hal-hal jahat ataupun buruk bagi kita. Semoga kita semua dapat memaknai kandungan dari sepenggal kalimat tersebut yang telah disampaikan oleh Rasul agar kita dapat selamat dunia Akhirat. Dan jika kita tidak mengikuti anjuran Rasul maka sungguh tersesatlah kita dalam dunia ini, na’udzubillahi min dzaliq.

Kesimpulan dari artikel Takbir Hari Raya ialah usahakan bibir kita yang telah dikaruniai oleh Allah SWT ini untuk mengucap hal-hal yang baik seperti Bacaan Takbir Hari Raya, karena apabila kita mengikuti anjuran dari Rasul maka hidup kita akan bahagia, damai dan tentram dunia Akhirat. tentunya semua umat Muslim mendambakannya bukan, yuk kita lantunkan Takbir Hari Raya ketika waktu Hari Raya akan tiba pada saatnya nanti. Tetapi khusus pada sebelum Hari Raya Idul Adha atau lebih tepatnya tanggal 9 Dzulhijah atau hari Arafah dimulai ketika waktu subuh dapat dilantunkan Takbir saat lebaran juga setiap selesai melaksanakan Sholat Fardhu pada hari Arafah tersebut. kami rasa demikian sudah yang dapat kami sampaikan mengenai Takbir pada Hari Raya kepada pembaca tuntunansholat, semoga ilmu seputar Takbir di Hari Raya bermanfaat bagi pembaca sekalian dan selalu usahakan dengan sepenuh hati kalian untuk mengamalkannya dengan sebaik-baiknya agar mencapai Surga-Nya, amiin. Simak juga artikel sebelumnya yang membahas mengenai Cara Membayar Zakat Fitrah, sehingga kalian mengetahui tata cara membayar Zakat Fitrah yang sesuai dengan syari’at. Hanya di tuntunansholat pastinya penuh bacaan baik, menarik serta mengajak kita untuk menggapai Surga-Nya. Esok hari akan tayang artikel terbaru kami jadi jangan bingung apabila kalian ingin mengulik memperdalam serta menambah wawasan Islami kalian.

Advertisement
tags: , , ,