Tata Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha

Friday, August 5th 2016. | Hari Raya Idul Fitri/Idul Adha, Sholat
Advertisement

Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha – Bismillahirrohmanirrohiim, alhamdulillah atas segala pemberian yang sudah hamba terima sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini kami selaku team tuntunansholat masih dapat menuntaskan artikel ini secara baik menurut versi kami. Semoga kalian menikmati artikel Tata Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha ini dengan enjoy. Shalawat serta salam tercurah kepada junjungan kita Rasulullah SAW, keluarga Rasul dan juga kerabat Rasul yang senantiasa setia kepada Rasul hingga akhir hayat. Masih di Bulan Dzulhijjah, yang kali ini akan membahas secara lengkap mengenai Tata Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha. Bagi kalian yang sudah mengetahui Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha maka dapat membaca artikel ini untuk lebih memperdalam hal-hal yang menyangkut Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha sementara untuk kalian yang sama sekali belum mengetahui Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha amat sangat disarankan agar membaca artikel ini hingga selesai.

Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha ialah salah satu sholat Ied yang dikerjakan pada Hari Raya sebagai ungkapan rasa syukur atas kemenangan dan keberkahan yang telah dicapai. Sholat Idul Adha ini dikerjakan pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Islam. Sholat Idul Adha ini dilakukan seusai kita mengerjakan Sholat Subuh, biasanya seusai Sholat Subuh kalimat takbirpun sudah berkumandang dengan begitu merdunya membuat hati senang dan tenang. Sholat Idul Adha ini dijalankan sebanyak dua rakaat, dapat dilakukan secara sendirian dan dapat secara berjamaah. Namun alangkah lebih baiknya jika Sholat Idul Adha tersebut dikerjakan secara berjamaah di Masjid ataupun tanah lapang sehingga mendapatkan pahala yang lebih besar. Sunnah muakkad ialah hukum dari Sholat idul Adha bagi seluruh umat Muslim baik kaum Adam, Hawa, yang sudah baligh, serta para musafir.

Advertisement

Dalam Bulan Dzulhijjah ini tepat pada Hari Raya Idul Adha itu identik sekali dengan kegiatan menyembelih binatang kurban seperti sunnah Nabi Ibrahim as, namun dalam syariat Islam ini bahwasanya membeli binatang kurban serta menyembelihnya diwajibkan bagi umat Muslim yang mampu. Binatang kurban yang diperkenankan disembelih pada Hari Raya Idul Adha ini diantaranya Kambing, Sapi, dan Kerbau.

Adapun Tata Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha sesuai syariat Islam sebagai berikut :

Pertama, pastikanlah kalian dalam keadaan suci, apabila belum maka kalian bisa berwudhu jika ada air namun jika tidak ada air maka dapat bertayamum.

Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha ialah tutupi aurat kalian, sebagaimana syariat Islam. Setelah itu, menghadap ke kiblat.

Lalu Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha yang dilanjutkan dengan melafadzkan Niat Sholat Idul Adha dalam hati dengan tenang dan pelan atau tumakninah. Inilah bacaan niat Sholat Idul Adha :

adversitemens

Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha

Seusai membaca niat, seterusnya adalah melakukan takbiratul ihram sembari mengucap kalimat takbir sebanyak tujuh kali mengiuti Imam. Kemudian, melantunkan QS Al-Fatihah. Berikut QS Al-Fatihah beserta artinya :

Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha

Tata Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha selanjutnya membaca QS Al A’la pada rakaat pertama, bacaannyapun seperti ini :

Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha

Langkah selanjutnya dalam Mengerjakan Sholat Idul Adha ini seperti sholat pada umumnya, yakni usai Surah Al- A’la tadi maka takbiratul ihram dan melakukan rukuk, lalu melafadzkan doa setelah rukuk dilanjut sujud, duduk diantara dua sujud dan sujud kembali. Kemudian bangun untuk meneruskan ke rakaat kedua. Nah pada rakaat kedua seperti Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha diatas hanya saja seusai melantunakan QS Al-Fatihah maka dilanjutkan Doa Sholat Hari Raya Idul Adha yang tercantum dalam Surah Al Ghasyiyah seperti yang tertera di bawah ini :

Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha

Lakukan gerakan serta bacaan sholat seperti biasa hingga salam. Setelah salam kalian bisa lanjutkan dengan membaca Doa Setelah Sholat Idul ADha yang akan dibaca oleh Imam serta berdzikir.

Kami rasa demikianlah artikel Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha yang dapat kami sampaikan. Semoga Tata Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha ini benar-benar membantu kalian untuk lebih mengetahui Cara Sholat Idul Adha. Terima kasih yang teramat dalam kami sampaikan kepada pembaca sekalian, telah membacanya hingga selesai jikalau menemui sebuah kejanggalan atau kesalahan dalam artikel Islami ini kami selaku team tuntunansholat yang bertanggung jawab mengucapkan mohon maaf, kami harap pembaca sekalian dapat memakluminya karena kami hanya sebatas manusia biasa. Ketika mendapat kesempatan dan waktu lebih kami akan memperbaikinya. Simak kumpulan tuntunan sholat dan artikel Islam lainnya yang telah kami posting sebelumnya seperti Lafadz Bacaan Takbir Hari Raya Idul Adha yang dilakukan sebelum kita melaksanakan Sholat Idul Adha. Alhamdulillah tiba saatnya pada akhir artikel hari ini, jumpa lagi dengan tuntunansholat pada artikel selanjutnya.

Advertisement
tags: , , , , ,